Laptop, Notebook dan Netbook, Apa sih Bedanya?

loading...
Laptop, Notebook dan Netbook, Apa sih Bedanya? - Bagi orang yang awam akan menganggap laptop, notebook dan netbook adalah sama, perbedaannya hanya bisa dilihat bila dibandingkan dengan komputer biasa. Karena jelas – jelas dari segi bentuk komputer atau PC atau dekstop komputer sudah berbeda.

Baik laptop, notebook, netbook dan komputer pada dasarnya memiliki fungsi dan kegunaan yang sama. Kesemuanya bisa digunakan untuk menjalankan program aplikasi atau software, multimedia, mengakses internet (browsing) dan lain sebagainya.

Laptop, Notebook dan Netbook, Apa sih Bedanya?

Perbedaan Laptop Dengan Notebook dan Netbook Apa Sih?


Nah berikut ini adalah perbedaan dari laptop, notebook dan netbook yang perlu teman – teman ketahui:

#Netbook


Netbook sebenarnya secara fungsi sama seperti komputer meskipun sebenarnya ada keterbatasan pada beberapa fungsi atau komponen. Netbook lebih ditujukan ke penggunaan ringan seperti browsing, email dan lain sebagainya. Meskipun pada prakteknya ada juga yang mengunakan Netbook untuk bermain game berat.

Netbook memiliki spesifikasi komponen (seperti CPU dan GPU) yang lebih rendah, karena memang Netbook lebih ditujukan kepada penggunaan komputasi ringan. Secara fisik Netbook memiliki ukuran layar di bawah 13 inci, tidak memiliki DVD room (tempat masukkin DVD/VCD) serta tombol keyboard yang lebih dibatasi / sedikit.

#Laptop dan Notebook


Sebenarnya perbedaan keduanya nyaris tidak ada, sekarang ini juga sudah lumrah seseorang menyebut komputer jinjing dengan laptop atau notebook. Secara ukuran, beberapa sumber mengatakan bahwa notebook memiliki ukuran layar 13,1 hingga 18 inci, sedangkan laptop lebih dari 18 inci. Namun jika di kutip dari Wikipedia English, laptop dan notebook itu sama saja.

Keduanya memiliki spesifikasi komponen yang lebih tinggi dari Netbook, fungsi mereka bisa beragam dan sudah bisa digunakan untuk semua keperluan komputasi. Mulai dari internet browsing, programing, email, desain grafis, gaming dan lain sebagainya.

Baca juga:
Cara mengatasi laptop tidak bisa tethering ke smartphone
Cara mengatasi sinyal lemah di ponsel
Perbedaan Processor ULV dan Non ULV
Beginilah Performa Processor ULV

Tinggal penggunanya saja yang menyesuaikan spesifikasi laptop atau notebook dengan kebutuhan penggunaan. Baik laptop maupun notebook sudah memiliki DVD room, fungsinya lebih kompleks ketimbang Netbook.


# Ultrabook, Macbook dan Chromebook


Sementara itu ada beberapa sebutan dan penamaan lain dari laptop atau notebook ini diantaranya:

-Ultrabook adalah sebutan untuk laptop dengan desain tipis dan ringan
-Macbook adalah sebutan laptop buatan Apple dengan sistem operasi MacOS
-Chromebook adalah sejenis perangkat komputer komputer ringan dengan sistem operasi Google Chrome

Hmm,,, ternyata banyak sekali sebutan untuk sebuah perangkat yang biasa kita sebut laptop ya.. Oleh karena perbedaannya sangat sedikit dan lebih banyak kesamaanya makanya kita sering mengira bahwa mereka itu sama. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
loading...

0 Response to "Laptop, Notebook dan Netbook, Apa sih Bedanya?"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.