Tingkatkan Kinerja Otak Dengan Bermain Game Action

loading...
Tingkatkan Kinerja Otak Dengan Bermain Game Action -  Saat kita merasa bosan dan tidak memiliki pekerjaan untuk dilakukan, bermain game adalah mungkin hal yang langsung kita lakukan, entah itu di komputer atau pun bermain game di Smartphone kesayangan. Bermain game terutama video game memang menjadi salah satu aktivitas yang sangat menghibur juga menyenangkan bagi banyak orang dari anak anak hingga dewasa.

Tingkatkan Kinerja Otak Dengan Bermain Game Action

Alur cerita, rintangan dan tantangan yang ada di video game seakan memberikan sebuah kesenangan tersendiri bagi para gamers. Tetapi siapa yang menyangka bila permainan (Video game) yang memiliki genre action ternyata sangat bermanfaat bagi perkembangan dan kinerja otak.

Penelitian terbaru yang dilakukan sekelompok peneliti dari Tiongkok yang menemukan sebuah fakta menarik, bila dampak intens video game tampak pada wilayah tertentu pada otak. Para peneliti melihat bahwa para pemain (gamer) memiliki suatu bagian yang disebut sebagai 'grey matter' lebih banyak, dimana 'grey matter' tersebut dapat berfungsi meningkatkan konektivitas di subregional tertentu pada otak.

Penelitian tersebut pula lah yang menyebutkan bila mereka yang memiliki hobi memainkan video game dengan genre action dikenal memiliki keterampilan perhatian dan koordinasi yang sangat baik. Baik itu keterampilan yang diperlihatkan mata ataupun tangan. Sehingga mereka juga (gamer) memiliki fungsi kognitif dan daya ingat yang lebih baik.

Dalam penelitian ini, tim ilmuwan melakukan pemeriksaan scan otak terhadap 27 peserta sudah sering bermain game action, yang kemudian hasilnya dibandingkan dengan 30 peserta yang masih pemula. Kesimpulannya adalah bahwa mereka yang hobi bermain video game jenis action memiliki peningkatan neuroplastisitas, yakni kemampuan otak terkait memori dan fungsi kognitif.

Gong D yang menjadi salah satu peneliti dalam studi tersebut kepada Daily mail mengungkapkan bila bermain video game sangat berkaitan dengan ketebalan tertentu pada daerah otak. Sehingga fungsi otak disini sangatlah maksimal.

Disisi lain, psikolog sosial Christopher Engerlhardt, menyatakan bahwa efek dari video game mungkin kecil, tetapi efek yang kecil tersebut dapat berperan penting.

"Efek dari video game mungkin kecil. Tetapi efek yang kecil tersebut dapat berperan penting karena jumlah orang yang bermain video game," jelasnya.

Bagaimana sobat, baik dan buruknya bermain game itu tetap saja ada. Bila kita hanya menghabiskan waktu untuk bermain game saja, pastinya efek samping negatif akan menghampiri kita, Tetapi bila kita bisa bermain secara bijaksana maka manfaat positif dari bermain game bisa kita dapatkan.

Baca Juga:
Video Wanita ini Gegerkan YouTube
7 Tipe wanita suka belanja, kamu tipe yang mana?
Wanita Buruk Rupa yang Memberi Inpirasi Kepada Dunia
Sejatinya baik dan buruk pengaruh game terhadap seseorang adalah kembali lagi ke bagaimana orang tersebut memanfaatkan game yang ada. Selamat bermain game buat kamu para gamers, tetap jaga waktu bermain jangan sampai berlebihan karena hidup ini lebih dari sekedar hanya bermain game.
loading...

0 Response to "Tingkatkan Kinerja Otak Dengan Bermain Game Action"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.