Rahasia Bhutan Sukses Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

loading...
Rahasia Bhutan Sukses Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia - Menjalani kehidupan yang bahagia, jauh dari kriminalitas, serta lingkungan yang sehat semua orang pastilah mendambakannya. Faktanya sekarang keinginan-keinginan tersebut bukan hanya menjadi angan-angan saja, Kini di dunia ini terdapat sebuah negara yang sesuai dengan kriteria diatas. Dialah Negara Bhutan yang telah diakui sebagai negara paling bahagia di dunia.

Penduduk yang hidup di Bhutan memiliki kehidupan yang bahagia, negara ini jauh dari tindak kriminalitas, lingkungannya sangat sehat hingga menjadikan Bhutan sebagai negara yang sangat bahagia. Lalu apa sih rahasia dari Negara Bhutan bisa jadi negara paling bahagia?

Rahasia Bhutan Sukses Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

Mengutip dari perkataan Eric Weiner seorang traveling yang pernah melakukan beberapa perjalanan ke berbagai negara yang salah satunya ke Bhutan. Nah saat mengunjungi Bhutan ia pun mengalami beberapa hal yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sebagai negara kecil yang terletak di dataran tinggi di Asia selatan membuat cuaca dan pasokan oksigen di negara ini sangatlah sedikit.

Awal pertama Eric datang ke Bhutan ia merasakan sesak nafas. Dikarenakan baru pertama kali datang ke Bhutan Eric belum biasa menyesuaikan diri dengan lingkungan disana. Memiliki ketinggian 2.300 mdpl membuat badan Eric jadi lebih berat disebabkan karena pasokan udara yang amat tipis selain itu angin yang bertiup sangatlah kencang. Karena takut terjadi sesuatu yang buruk pada tubuhnya Eric pun segera pergi ke doker.

Apa yang disampaikan dokter membuat Eric terkejut. Ternyata, dia sehat-sehat saja dan badannya tidak mengalami masalah apapun. Kendati demikian, Eric sempat panik karena badannya yang langsung drop.

Anda sebaiknya harus merenungkan kematian paling tidak lima menit setiap hari. Itu akan menyembuhkan Anda," kata sang dokter.

Eric tidak habis pikir. Kenapa dirinya harus merenungkan tentang kematian, sebuah hal yang paling menyedihkan walau untuk sekedar di bayangkan. Eric makin geleng-geleng kepala, ternyata merenungkan kematian lima kali sehari sudah jadi kebiasaan untuk orang-orang di Bhutan. Padahal, Bhutan punya standar penilaian Gross National Happiness, suatu badan yang mengukur kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakatnya.

Eric kemudian menemukan fakta yang mengejutkan. Dia membaca buku A Field Guide to Happiness: What I Learned in Bhutan About Living, Loving and Waking Up karangan Linda Leaming. Di situlah dia baru sadar, rahasia Bhutan menjadi negara paling bahagia di dunia adalah masyarakatnya yang selalu merenungkan kematian.

"Saya menyadari, berpikir tentang kematian tidaklah membuat orang tertekan. Itu justru membuat saya menikmati setiap momen dan melihat hal-hal yang mungkin tidak biasa saya lihat. Di Negara Barat, kematian adalah sesuatu yang menyedihkan. Sedangkan di Bhutan, itu adalah bagian dari hidup yang pasti kita lalui," tulis Linda Leaming dalam bukunya.

Itu bukan berarti setiap orang di Bhutan berani untuk mati. Mereka tetap merasa takut akan dengan datangnya kematian, tetapi justru dengan tidak memikirkan hal itu bisa menjadi masalah. Bhutan pun memiliki berbagai penawaran kematian dalam banyak cara, seperti jatuh dari jurang, diserang beruang atau makan jamur beracun.

Sebuah penelitian yang di lakukan di University of Kentucky pada tahun 2007, ternyata telah mengungkap hubungan antara mengingat kematian dengan kehidupan yang bahagia. 12 Mahasiswa dibagi dalam dua kelompok, kelompok pertama disuruh berpikir tentang kunjungan ke dokter gigi yang menyakitkan dan satunya lagi disuruh merenungkan tentang kematian.

Dan Hasil menunjukkan, kelompok pertama dipenuhi rasa ketakutan dan sulit menyelesaikan suatu kalimat misalnya 'Jo sedang....'. Berbeda dengan kelompok kedua, mereka malah dengan mudah membangun kata-kata positif dan penuh dengan sukacita.

Baca Juga:
Bocah yang Mendapatkan Ijazah Musik di Usia 11 Tahun
Desa-desa paling ekstrem di dunia
Munculnya Paus Raksasa yang Mengemparkan
Jadi bisa disimpulkan, kematian itu hal yang mungkin terdengar mengerikan. Namun saat orang-orang merenungkan hal itu, otak Anda dengan otomatis akan mencari pikiran atau sesuatu yang bahagia.

Dan mungkin itulah rahasia yang dimiliki Bhutan hingga menjadi negara paling bahagia di dunia. Orang-orang di Bhutan yang setiap hari merenungkan kematian, justru membuat mereka makin menikmati hidup di setiap detiknya.

Bagaimana dengan anda sudah kah merenungkan tentang kematian dan kesementaraan kita hidup di dunia ini? Bila ya, maka sudah tidak ada lagi alasan bagi anda untuk tidak menjalani kehidupan ini dengan bahagia.
loading...

0 Response to "Rahasia Bhutan Sukses Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.