8 Film Dokumenter Paling Mengerikan yang Pernah di Produksi

loading...
8 Film Dokumenter Paling Mengerikan yang Pernah di Produksi -  Film dokumenter merupakan sebuah film yang dibuat dengan guna mendokumentasikan sebuah kejadian yang sebenarnya. Banyak sekali film yang dibuat secara dokumenter, contohnya bisa kita temukan di internet misalnya adalah film dokumenter Home atau rekaman yang menceritakan tentang binatang atau tumbuh tumbuhan.

Sebagai media visual, film dokumenter sering kali mengungkapkan banyak hal secara lebih baik dibandingkan media cetak ataupun sebuah artikel panjang. Film dokumenter digunakan para pembuat film untuk menggabungkan penelitian mendalam dengan cara visualisasi yang menarik.

Rentang bahasannya pun bisa sangat beragam mulai dari pelecehan anak sampai betapa mengerikannya dampak dari teknologi nuklir, beberapa film dokumenter yang telah masuk dalam daftar film-film yang mengungkap kisah mengerikan.

8 Film Dokumenter Paling Mengerikan yang Pernah di Produksi:


INTERVIEW WITH THE CANNIBAL


 INTERVIEW WITH THE CANNIBAL

Motivasi apa yang membuat seorang pria memakan daging seorang wanita yang tak berdosa? Di ruang tamunya pula...

Dalam sebuah wawancara bersama seorang kanibal berikut, Issei Sagawa, penonton dapat mendengar sendiri bagaimana seorang pria biasa dapat memutuskan untuk berbuat kejam dan mengerikan seperti itu. Ia akan memaparkan semuanya dengan jelas.

THE KILLING OF AMERICA


 THE KILLING OF AMERICA

Film ini secara konsisten menunjukkan gambaran nyata tentang kriminalitas yang terjadi di Amerika. Mulai dari penjarahan hingga pembunuhan yang digambarkan secara lugas tanpa tedeng aling-aling.

Film ini secara tak langsung mengungkap fakta bahwa Amerika Serikat merupakan negara dengan tingkat kekerasan paling tinggi. Walau tahun pembuatannya sudah lama, tetapi hingga saat ini fakta ini masih belum berubah. Bila kita menyaksikannya pada masa sekarang ini, maka film ini akan menggambarkan sejarah kelam Amerika Serikat di masa lalu.

CONSPIRACY OF SILENCE


 CONSPIRACY OF SILENCE

Film ini memiliki kualitas gambar yang tidak baik saat dirilis, tetapi karena mengandung isi yang sangat "keras" membuat banyak sekali pihak yang ingin menghilangkan film ini dari peredaran. Film ini mengisahkan tentang penyalahgunaan kekuasaan yang terjadi di masyarakat Amerika. Film ini menggambarkan bagaimana uang berbicara dalam ranah hukum dan kriminal. Hal ini bisa juga terjadi di lingkungan sekitar anda.

ATOMIC WOUNDS (2006)


 ATOMIC WOUNDS (2006)

Senjata nuklir bukanlah sesuatu yang asing di telinga kita, kita sudah sering mendengar beritanya di berbagai media, bahkan telah banyak film yang mengisahkan tentang senjata yang sangat mematikan ini. Tetapi dampak buruk dari ledakan tersebut belum banyak di sebarkan kepada masyarakat. Dalam dokumenter satu ini penonton bisa melihat gambaran mengerikan bahwa senjata nuklir bukan hanya menghancurkan mereka dalam radius dekat namun juga meracuni mereka yang ada di radius jauh.

Mereka yang kurang beruntung dapat mengalami penyakit aneh dalam hitungan bulan, tahun, atau beberapa tahun berikutnya. Melalui film ini, penonton dibawa mengunjungi secara personal korban nuklir di Nagasaki dan Hiroshima. Lewat film ini kamu bisa melihat betapa efek nuklir ini bisa sangat mengerikan meski pada awalnya tidak membunuhmu. Nuklir membunuhmu perlahan-lahan.

NUIT ET BROUILLARD (1955)


 NUIT ET BROUILLARD (1955)

Beberapa film yang membahas tentang pembataian Holocaust dengan polesan artistik hingga memberikan kesan yang tidak terlalu mengerikan, tapi tidak dengan film garapan tahun 1955 garapan Prancis ini. Dalam versi Inggrisnya film ini diartikan NIGHT AND FOG.

Film ini menyorot tentang kamp konsentrasi di Auschwitz dan Majdanek. Penonton akan dibawa ke petualang mengerikan melihat apa yang sebenarnya terjadi di dalam kamp tersebut termasuk para tahanan di dalamnya. Film ini menampilkan banyak gambar yang bisa membuatmu merasakan berbagai emosi mulai dari kaget, menangis, sampai tak bisa tidur.

THE ICEMAN TAPE (1992)


 THE ICEMAN TAPE (1992)

Seorang pembunuh berantai yang sangat kejam, kasar, tanpa ampun, terganggu dan keji merupakan beberapa julukan yang diberikan kepada Richard “The Iceman” Kuklinski. Film THE ICEMAN TAPES lantas mencoba untuk masuk ke dalam pemikiran "rusak" dari sang pembunuh tentang motivasinya membunuh banyak orang secara acak dan tanpa alasan jelas.

Baca juga:
Bayi ini dipaksa berjalan oleh seorang dukun
Wanita ini melahirkan di warnet karena kecanduan internet
Pria ini jatuh cinta pada sebuah boneka cantik
Melihat sang pembunuh menggambarkan dengan detil pembunuhannya jelas bukan jadi film menyenangkan yang bisa ditonton bersama kekasih. Sang pembunuh menggambarkan dirinya sebagai "mimpi buruk manusia".

AOKIGAHARA / SUICIDE FOREST (2012)


 AOKIGAHARA / SUICIDE FOREST (2012)

Berlokasi di bawah Gunung Fuji, hutan Aokigahara Forest sudah lama dikenal sebagai sebuah hutan 'favorit' para orang yang berniat bunuh diri. Dokumenter ini akan mengikuti perjalanan seorang ahli geologi dalam menelusuri sampai ke dalam hutan. Sang geologis mengharapkan bisa menemukan seseorang yang tertangkap basah akan melakukan bunuh diri di hutan ini.

Saat tahu ada mobil yang terparkir di pintu masuk hutan, kamera lantas merekam perjalanan dari pintu masuk sampai ke tempat di mana ada mayat orang yang gantung diri, baru saja terjadi. Makin menelusur ke dalam, pemandangan yang didapat semakin menyeramkan.

HIGH ON CRACK STREET (1995)


 HIGH ON CRACK STREET (1995)

Film ini mendokumentasikan tiga orang pecandu n@rk0ba. Film ini juga akan menuntun penonton masuk lebih jauh ke dalam kehidupan keseharian para pencandu yang berjuang keras melawan ketergantungan mereka.

Dari para PSK sampai wanita yang hamil di luar nikah, para penonton akan dibawa menyaksikan sisi gelap efek narkoba untuk kesehatan dan juga kejiwaan mu. Dijamin adegan-adegan yang ada di film ini tidak akan kamu temukan di video penyuluhan mana pun. Dan lagi film ini dengan gamblang memaparkan ending yang menyedihkan bagi para tokoh-tokohnya - pecandu narkoba.

Demikianlah film-film dokumenter paling mengerikan yang pernah di buat. Film dokumenter memang sedikit berbeda dengan film-film pada kebanyakan, dalam tahap produksinya pun film dokumenter lebih rumit dibandingkan dengan film biasa. Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk anda, jadi film dokumenter mana yang paling anda suka?
loading...

0 Response to "8 Film Dokumenter Paling Mengerikan yang Pernah di Produksi"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.