10 Fobia Aneh dan Unik yang Pernah Ada

loading...
10 Fobia Aneh dan Unik yang Pernah Ada - Fobia merupakan perasaan ketakutan yang sangat kuat dan berlebihan pada benda, situasi, atau mungkin kejadian tertentu, para penderitanya biasanya akan menunjukkan tanda-tanda ingin selalu menjauhi sebuah ketakutan yang mereka alami.

Fobia terjadi dikarenakan oleh beberapa faktor, misalnya pernah mengalami ketakutan yang hebat atau pengalaman pribadi yang disertai perasaan malu atau bersalah yang semuanya hal tersebut kemudian ditekan kedalam alam bawah sadar.

Peristiwa traumatis pada masa kecil sering dianggap sebagai salah satu pemicu kemungkinan terjadinya suatu phobia. Tetapi kita juga perlu mengetahui bahwa phobia bisa juga disebabkan akibat keturunan, lingkungan ataupun suatu budaya tertentu.

Maka dari itu tidak heran bila seorang mengalami ketakutan yang sangat terhadap sesuatu. Misalnya orang tua kita phobia pada kecoak atau ulat, kita sebagai anaknya pun akan dijauhkan dengan sesuatu yang membuat orang tua kita phobia, maka secara tidak sadar kita pun akan takut atau memiliki phobia yang sama dengan orang tua kita. Tetapi bagaimana bila rasa takut itu muncul pada sesuatu yang umum seperti sayur atau keju?

10 Fobia Aneh dan Unik yang Pernah Ada

Berikut kami telah rangkum 10 jenis Fobia paling aneh dan unik yang telah ditemukan dan diderita oleh beberapa orang, mulai dari takut jatuh cinta hingga phobia pada wanita cantik. Mungkin anda akan tertawa saat mengetahui berbagai phobia untuk dan aneh yang ada di dunia.

Tetapi ternyata faktanya, beberapa phobia ini telah membuat para penderitanya menderita, langsung saja kita simak, dan jangan lupa bagikan sama teman kamu juga ya...

10 Phobia Unik dan Aneh yang Ada Di Dunia:


Takut tinggal di rumah: Domatophobia


Rumah merupakan tempat yang paling nyaman untuk banyak orang, rumah adalah tempat kita bernaung dan berkumpul bersama keluarga tercinta. Semua manusia pasti membutuhkan rumah untuk kelangsungan hidupnya. Tetapi ternyata rumah dapat jadi tempat yang sangat mengerikan untuk orang-orang yang menderita Domatphobia. Penderita fobia ini biasanya mengisolasi diri dari lingkungan sekitarnya. Ia merasa takut jika harus tinggal dalam rumah. Ia hanya mau tinggal di dalam gua atau tempat alami. Memang terdengar sangat konyol, tetapi bagi para penderita phobia ini rumah adalah tempat yang paling mengerikan.

Takut kepada ikan: Ichhthyphobia


Kita sudah tahu bahwa ikan adalah salah satu sumber protein yang sangat baik untuk kesehatan, tetapi hal itu berbeda untuk orang yang menderita Ichhthyphobia, ikan merupakan hewan yang sangat menakutkan bagi mereka. Orang dengan phobia ini akan merasa ketakutan saat melihat mata ikan yang besar dan tubuh ikan yang berlendir. Para penderita phobia ini akan sebisa mungkin menghindari laut ataupun makanan dengan menu ikan.

Takut pada cermin: Catoptrophobia


Mereka yang menderita Catoptrophobia akan sebisa mungkin menghindari yang namanya cermin. Biasanya ketakutan yang dialami dihubungkan dengan sebuah kepercayaan tertentu. Seseorang akan merasa takut saat bercermin, mereka takut pada nasib buruk yang akan menimpa setelah bercermin. Bahkan penderitanya merasa akan terhisap kedalam cermin dan terkurung didalamnya.

Takut kepada ibu mertua: Pentheraphobia


Walau terdengar mengelikan, tetapi untuk mereka yang mengalami phobia ini, ini sama sekali bukan lelucon. Penderita Pentheraphobia akan alami rasa takut yang berlebihan saat harus berhadapan dengan ibu mertua. Ketika harus bertemu dengan ibu mertua biasanya penderita phobia ini akan merasa cemat, takut dan mual karena merasa ia khawatir dirinya akan melakukan hal-hal yang memalukan.

Takut Wanita Cantik: Venustraphobia


Bila anda seorang laki-laki maka pada dasarnya anda kan merasa senang dan sangat menyukai wanita cantik. Tetapi ternyata tidak begitu untuk laki-laki yang menderita venustraphobia yang malah mengalami perasaan sebaliknya sangat takut sekali kepada wanita cantik. Penderita phobia ini akan merasa takut bila bertemu dengan wanita cantik. Biasanya fobia ini muncul karena trauma atau kejadian buruk yang pernah melibatkan wanita cantik.

Takut mandi: Ablutophobia


Perasaan takut yang berlebihan saat akan mencuci atau mandi disebut sebagai ablutofobia. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi diduga perasaan takut berlebih ini akibat dari trauma masa kecil yang dialami, emosi yang tidak stabil atau ada pengalaman menyedihkan.

Takut keju: Tuorfobia


Untuk beberapa orang, keju adalah salah satu jenis kudapan yang difavoritkan karena rasanya yang gurih dan juga manfaatnya yang besar untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi. Tetapi tidak untuk sebagian orang lainnya, keju justru menjadi hal yang sangat menakutkan.

Baca juga:
Ritual bayi paling kejam di dunia
Mobil artis Indonesia yang berpelat bodong
Pria ini menyamar jadi wanita untuk ngintip di toilet
Yap, untuk mereka yang memiliki ketakutan berlebihan pada keju, atau yang sering dikatakan sebagai turofobia, kudapan ini justru membuatnya merasa takut bukan main.

Sebagian pengidap turofobia takut pada beberapa jenis keju saja, namun sebagian lainnya takut pada semua jenis keju.

Takut jatuh cinta: Philophobia


Bila banyak orang saling berlomba untuk jatuh cinta dan menemukan pasang hidup mereka, tetapi yang sebaliknya yang terjadi pada pengidap filofobia yang justru enggan melakukannya. Menurut istilah medis, pengidap Philofobia justru mengalami takut berlebihan terhadap jatuh cinta dan membuat komitmen. Biasanya kondisi ini muncul sebagai akibat dari trauma di masa lalu yang membuatnya kapok untuk jatuh cinta.

Takut pada sayur-sayuran: Lachanophobia


Sebuah perasaan takut terhadap sayur-sayuran yang disebut sebagai lachanophobia adalah salah satu contoh fobia unik. Bagaimana tidak unik, seperti yang kita tahu sayuran adalah sumber serat yang baik untuk tubuh, dan memiliki manfaat yang banyak, selain itu sayuran juga mudah ditemukan.

Walau demikian, bagi mereka yang menderita lachanophobia justru merasa ketakutan setengah mati saat harus melihat sayuran.

Salah satu yang mengalaminya adalah Vicki Larrieux (27). Gadis asal Portsmouth ini didiagnosis dengan lachanophobia. Rasa panik dan tegang selalu muncul seketika jika dirinya melihat sayuran. Selama hidupnya, Larrieux hanya makan daging, kentang, sereal atau apel. Ia menolak jika diberi makan sayur, terutama wortel.

Takut bekerja: Ergophobia


Keadaan ini sering disebut sebagai ergofobia ini adalah perasaan takut tidak wajar pada pekerjaan atau sebuah lingkungan kerja. Jenis fobia ini umumnya berupa kombinasi dari rasa takut akan beberapa hal, termasuk di antaranya takut gagal mengerjakan tugas, takut berbicara di depan umum, takut bersosialisasi dan takut mengalami tekanan mental akibat situasi di lingkungan kerja.

Itulah setidaknya 10 phobia yang aneh tetapi ternyata memang benar-benar ada orang-orang yang mengalami phobia semacam itu. Semua orang di dunia ini tidak ada yang sempurna, sekaya apapun mereka pasti mereka memiliki rasa takut. Lalu, apa yang membuat anda takut?
loading...

0 Response to "10 Fobia Aneh dan Unik yang Pernah Ada"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.