Jaga Kesehatan Mulut dengan 9 Makanan Ini

loading...
Jaga Kesehatan Mulut dengan 9 Makanan Ini - Memelihara kesehatan mulut bukan cuma sekedar membersihkan area gigi dan sekitarnya. Walaupun memang dengan mengosok gigi kita bisa mengendalikan jumlah bakteri di mulut dan menjaga kesehatannya, tetapi bukan itu saja upaya yang dapat anda lakukan lho...

Hal yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan tubuh anda secara keseluruhan agar dapat membuat tubuh Anda sanggup mendukung kesehatan dan kebersihan mulut dalam jangka waktu panjang.

Itu artinya, anda dapat menjaga asupan nutrisi untuk tubuh anda agar badan anda sehat tak terkecuali mulut anda. Ada beberapa makanan yang dapat melakukan semua tugas tersebut, dan anda bisa memasukkannya kedalam menu harian anda. Misalnya 9 jenis makanan dibawah ini yang bukan hanya menyehatkan mulut tetapi juga tubuh anda secara keseluruhan.

Jaga Kesehatan Mulut dengan 9 Makanan Ini

9 Makanan Untuk Menyehatkan Mulut:


#1.Bawang Putih


Selain sering di gunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan, bawang putih juga merupakan makanan yang super karena banyak mengandung manfaat hebat. Untuk kesehatan mulut, bawang putih merupan sebuah anti bakteri yang berarti mampu membasmi bakteri di dalam mulut.

Baca juga:
Manfaat cabai hijau untuk kesehatan tubuh anda
Kisah orang-orang yang sukses melakukan transplantasi organ
Bayi ini lahir dengan 12 jari di tangan dan kaki
Yang lebih mengagumkan lagi,  walaupun bawang putih dikenal dengan aromanya yang menyengat, apalagi bila dimakan langsung, rutin konsumsi bawang putih dalam jangka panjang memiliki efek baik bagi kesegaran nafas Anda!

#2.Wortel


Seperti halnya kentang manis juga sayuran lainnya yang memiliki kandungan kaya vitamin A. Vitamin ini bermanfaat untuk pembentukan enamel gigi dan memperkuat gusi.

#3.Kismis


Kismis juga mampu menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri di mulut. Kismis secara khusus mengandung fitokimia seperti asam oleanolic yang berfungsi melakukan tugas tersebut.

#4.Teh Hijau


Teh Hijau manyimpan banyak manfaat unik dan itulah mengapa saat ini teh hijau begitu digemari. Diantara teh hijau sangat baik dalam membantu meningkatkan kesehatan mulut karena kandungan catechin yang berfungsi membunuh bakteri penyebab plak serta bau mulut.

#5.Seledri


Seledri  sangat renyah di mulut dan mempunyai kandungan air dalam jumlah besar yang baik untuk merangsang produksi saliva sekaligus memijat dan membersihkan mulut saat anda mengunyah.

#6.Minyak Kelapa


Minyak Kelapa mempunyai banyak kebaikan, dan bermanfaat untuk menyetahatkan mulut adalah salah satunya. Cara paling baik untuk menggunakan minyak kelapa bagi kesehatan mulut bukanlah dengan meminumnya. Melainkan dengan berkumur atau membilas isi mulut anda dengan minyak kelapa.

Hal ini didasarkan pada pengalaman mereka yang telah memanfaatkan minyak kelapa untuk membersihkan mulut dan menghilangkan bakteri di dalamnya. Belum ada penelitian resmi yang membenarkan hal ini, tetapi banyak orang yang telah membuktikan khasiatnya.

Namun, hal yang membuatnya susah dilakukan semua orang adalah anda harus bertahan selama 10 menit dengan mulut berisi minyak kelapa yang dikumur-kumur!

#7.Buah Nanas


Nanas memiliki kandungan substansi yang disebut bromelain , yang menyimpan se gudang manfaat untuk tubuh. Bromelain merupakan anti peradangan alami dan substansi pembersih. Lebih dari itu, bromelain memiliki fungsi sebagai pembersih dan pemutih gigi, yang juga ditemukan dalam berbagai pasta gigi.

#8. Buah Apel


Apel memiliki sifat asam dan kandungan kadar gula tinggi.  Zat tersebut memang kurang baik untuk gigi. Tetapi demikian, apel masih termasuk makanan yang memiliki manfaat baik untuk mulut anda, pasalnya apel memiliki kandungan serat tinggi, yang memperkuat dan membersihkan gigi saat anda mengunyahnya.

Juga ada kandungan lainnya yaitu asam malat, asam baik yang membantu meningkatkan produksi saliva (liur), yaitu cairan alami tubuh di dalam mulut yang berfungsi membunuh bakteri dan memutihkan gigi. Asam malah dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pasta pemutih gigi. Siapa kira apel dan pasta gigi memiliki kandungan yang sama?

#9.Keju


Keju merupakan produk olahan susu, mempunyai banyak kandungan fosfat dan kalsium yang tinggi. Ini artinya keju memiliki manfaat besar untuk menguatkan tulang dan gigi. Selain itu, keju juga baik untuk menyeimbangkan PH yang bermanfaat untuk menjauhkan anda dari penyakit mulut.

Demikianlah 9 jenis makanan yang baik bagi kesehatan mulut Anda, makanan yang paling baik diatas adalah makan yang dapat anda konsumsi setiap hari, supaya tubuh dan juga mulut Anda terjaga akan kesehatannya, dan tetap segar setiap saatnya.
loading...

0 Response to "Jaga Kesehatan Mulut dengan 9 Makanan Ini"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.