6 Dampak Dari Kurang Minum Bagi Kesehatan, Anda Wajib Tahu

loading...
6 Dampak Dari Kurang Minum Bagi Kesehatan, Anda Wajib Tahu - Makanan dan minuman adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Sebagai makhluk hidup manusia tidak akan bisa pernah lepas dari kebutuhan makan dan minum. Makan dan minum adalah kebutuhan utama yang harus selalu terpenuhi setiap harinya. Tanpa makanan dan minuman manusia tidak akan bisa bertahan lama hidup di dunia ini.

6 Dampak Dari Kurang Minum Bagi Kesehatan, Anda Wajib Tahu

Makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat memberikan tenaga dan membantu proses metabolisme tubuh. Asupan makanan sangat lah penting bagi tubuh kita dan itu tak terbantahkan lagi. Tetapi sekarang ini banyak orang mulai mengabaikan 'kewajiban' tersebut.

Seperti yang rutin terjadi setiap harinya, saat hendak berangkat kerja atau berangkat sekolah, terkadang orang akan lupa sarapan pagi. Banyak alasan yang diungkapkan yang pada akhirnya lupa tidak memberikan asupan pada tubuh. Hal ini sepertinya kini telah jadi kebiasaan untuk banyak orang, mulai melupakan sarapan di pagi hari. Padahal sesungguhnya sarapan di pagi hari sangatlah baik bagi tubuh kita.

Baca Juga:
Ini dia Manfaat makan dengan alas daun pisang
Begini cara olahraga yang benar dan menyehatkan
Makanan ini bisa turunkan suhu tubuh setelah olah raga
Apalagi minuman, bila seseorang kekurangan cairan tubuh, dapat dipastikan tubuhnya tidak akan bekerja dengan baik. Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan dehidrasi yang berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya tubuh cepat lemas dan capek serta fungsi beberapa organ pada tubuh akan terganggu.

Berikut ini beberapa efek berbahaya kekurangan minum yang wajib anda tahu:


1.Berat badan jadi naik tak terkendali

Saat mengalami dehidrasi, tubuh tidak mampu menghilangkan racun yang ada dalam tubuh secara efektif hingga akan tersimpan di dalam sel-sel lemak. Hingga kemudian, tubuh juga tidak akan mampu melepaskan lemak dan membuang racun-racun tersebut kecuali apabila kebutuhan cairan telah terpenuhi.

2.Sembelit (Susah Buang Air Besar)

Saat tubuh kekurangan air, usus besar merupakan salah satu organ tubuh yang menarik air guna memberikan cairan untuk fungsi tubuh yang vital lainnya. Tanpa asupan air yang cukup dalam jangka waktu lama, sisa-sisa makanan yang bergerak melalui usus besar juga akan jadi lebih lambat atau terkadang bahkan sampai tidak bisa bergerak sama sekali hingga akibatkan sembelit.

3.Masalah kandung kemih atau ginjal

Pada saat tubuh sedang mengalami dehidrasi, penumpukan racun dan limbah asam akan menciptakan lingkungan di mana bakteri berkembang lebih banyak. Efek buruknya kandung kemih dan ginjal jadi lebih rentan terhadap infeksi, peradangan dan nyeri.

4.Kolesterol tinggi


Kekurangan air dalam tubuh dapat berakibat sangat fatal, selain dapat timbulkan dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan akan secara alami menghasilkan lebih banyak kolesterol guna mencegah kadar air di dalam sel-sel semakin menurun.

5.Asma dan alergi


Saat dehidrasi, tubuh secara alami membatasi keluar masuknya udara sebagai sarana untuk 'menghemat' air. Bukan itu saja, tingkat histamin yang diproduksi oleh tubuh juga akan meningkat secara eksponensial sebagai efek dari kadar air yang terus-menerus turun.

6.Tubuh akan cepat lelah dan lemas


Tidak dapat di pungkiri, air adalah sumber energi 'wajib' dan penting dalam tubuh manusia. Kekurangan cairan didalam tubuh dapat timbulkan dehidarasi yang menyebabkan aktivitas enzimatik dalam tubuh menjadi sangat lambat. Hal ini sangat buruk bagi tubuh. Tubuh akan cepat merasa lelah dan bahkan pusing ketika kekurangan cairan. Untuk mengatasinya alangkah baiknya kita memberi asupan cairan kepada tubuh setiap satu jam sekali. Seperti disaat sedang bekerja, walaupun tidak sedang haus, asupan cairan pada tubuh tak boleh ditinggalkan.

So, tidak ada alasan bagi anda untuk tidak mencukupi kebutuhan minum harian, minum dan makan itu wajib kita lakukan. Untuk urusan minum walaupun kita sedang sibuk bekerja maupun belajar, kita harus tetap minum setidaknya setiap satu jam sekali, walaupun kita tidak merasakan haus.
loading...

0 Response to "6 Dampak Dari Kurang Minum Bagi Kesehatan, Anda Wajib Tahu"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.