Cara Tepat Berolahraga Agar Tambah Sehat

loading...
Cara Tepat Berolahraga Agar Tambah Sehat - Semua orang tentunya sudah tahu kalau olahraga yang dilakukan pagi sangatlah bermanfaat untuk kesehatan. Tetapi tidak sedikit orang yang tak tahu cara melakukan olahraga di pagi hari secara benar. Orang-orang hanya melakukan olahraga tanpa melakukan persiapan, akibatnya setelah melakukan olahraga badan terasa pegal-pegal dan kondisi fisik malah jadi menurun.

Cara Tepat Berolahraga Agar Tambah Sehat

Penting untuk mengetahui cara olahraga yang benar supaya olahraga yang kita lakukan bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan juga tubuh kita. Melakukan olahraga yang benar dapat memberikan kesan badan yang sehat, segar, dan kebugaran tubuh meningkat. Hal ini tentunya sudah terbukti dan sudah menjadi fakta bukan mitos yang mengada-ada.

Selain memberi manfaat guna menjaga kesehatan, manfaat lain melakukan olahraga pagi adalah terhindar dari berbagai jenis penyakit. Mulai dari penyakit ringan seperti flu, demam, juga batuk. Bahkan hingga penyakit ganas seperti serangan jantung, stroke, maupun gangguan pernapasan bisa bisa kita hindari asalkan rajin olahraga.

Semua kebaikan serta manfaat olahraga bisa diperoleh siapa saja, tidak terkecuali Anda. Yang terpenting adalah Anda tahu teknik yang tepat seperti pemanasan, pemilihan waktu, dan jenis olahraga yang sekiranya sangat cocok untuk tubuh Anda. Penting sekali memilih jenis olahraga yang cocok untuk anda, karena setiap orang memiliki kondisi serta kemampuan fisik berbeda. Jadi, jangan disamaratakan.

Berikut ini adalah Cara Tepat Berolahraga Agar Tambah Sehat yang bisa anda coba lakukan:


1.Minum Air Sebelum Berolahraga


Sangat dianjurkan untuk minum air sebelum melakukan olah raga. Biasakanlah untuk meminum air putih atau air mineral sebelum pergi berolahraga. Lebih baik lagi bila Anda sering minum air putih setelah bangun tidur. Air putih memiliki manfaat baik bagi tubuh, kalau kita minum air putih setelah bangun pagi semua racun dalam tubuh akan dikeluarkan.

Sebelum pergi olahraga, biasakan diri Anda untuk minum dua sampai 3 gelas air putih supaya tubuh tidak kekuarangan cairan (dehidarasi) sekaligus untuk menjaga daya konsentrasi otak saat berolahraga.

2.Jam 6 pagi adalah waktu terbaik untuk memulai olahraga


Guna mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya Anda memulai olahraga di pagi hari tepatnya pada pukul 6 pagi. Kenapa demikian? Karena pada waktu tersebut udara pagi masih terasa sejuk, tidak terlalu dingin dan tidak panas, kondisi udara pada jam 6 akan memberikan manfaat sehat bagi organ paru-paru.
Manfaatnya Anda akan terhindar dari gangguan pernafasan.

3.Lakukan Pemanasan Sebelum Olahrahga


Melakukan pemanasan sebelum olahraga pagi hukumnya wajib! Coba saja Anda bayangkan : setelah semalam penuh otot tubuh beristirahat, tiba-tiba anda langsung memaksanya untuk lari keliling komplek. Otot-otot anda akan kaget dan sangat beresiko terkena kram atau bahkan pusing-pusing sakit kepala.  Pemanasan atau stretching bisa dilakukan sekitar 5 – 10 menit saja dengan gerakan yang sederhana seperti yang pernah diajarkan dulu di sekolah.

4.Lanjutkan dengan joging ringan


Setelah anda melakukan pemanasan otot melalui peregangan, selanjutnya adalah joging (lari-lari kecil) mengelilingi komplek atau cukup sekitar rumah saja.

5.Lakukan Olahraga sesuai dengan Hobi


Selain memberikan dampak kesehatan bagi tubuh manfaat lainnya yang juga penting dari berolahraga di pagi hari adalah kondisi jiwa dan mental yang sehat. Percuma jika anda melakukan olahraga tanpa perasaan suka cita.  Oleh sebab itulah, pilih jenis olahraga yang anda sukai dan sesuai dengan hobi masing-masing. Bisa bersepeda, bulu tangkis, bola basket atau sekedar lari beberapa kali putaran.

Bonus :

Selain melakukan 5 hal diatas sebelum melakukan olahraga pagi. Ada baiknya bila Anda juga bisa memilih dan memilah jenis makanan-makanan yang sehat dan baik sebelum dan sesudah melakukan olahraga pagi.

Baca Juga:
Ini dia Manfaat makan dengan alas daun pisang
Benarkah makanan manis sebabkan gigi berlubang
Makanan ini bisa turunkan suhu tubuh setelah olah raga
Salah satu makanan yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga adalah pisang. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari pisang ini. Pisang dapat dicerna secara cepat untuk kemudian diolah menjadi energi. Satu buah pisang menyediakan magnesium, karbohidrat, serta kalium yang bermanfaat bagi anda.

Apabila anda berencana melakukan kegiatan olahraga yang memakan waktu lama, sebaiknya menyempatkan waktu untuk sarapan. Jika memungkinkan, pilihlah Oatmeal karena kandungan karbohidrat dan protein yang terbilang tinggi. Hindari makan makanan yang banyak mengandung serat dan lemak.

Dari hasil penjelasan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa, Cara Tepat Berolahraga Agar Tambah Sehat. Diawali dengan konsumsi air putih, melakukan pemanasan dan yang tidak kalah pentingnya adalah memilih jenis olahraga yang anda sukai agar bisa kita dapatkan manfaat yang lengkap sehat jasmani juga rohani.
loading...

0 Response to "Cara Tepat Berolahraga Agar Tambah Sehat"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.