Makanan Manis Sebabkan Gigi Berlubang, Benarkah?

loading...
Makanan Manis Sebabkan Gigi Berlubang, Benarkah? - Gigi berlubang adalah masalah gigi yang dapat diderita oleh siapa saja mulai dari anak-anak, remaja bahkan orang tua. Gigi berlubang sering menjadi penyebab dari sakit gigi, apalagi gigi berlubang yang tidak dirawat dan dibiarkan hingga lubangnya semakin besar.

Makanan Manis Sebabkan Gigi Berlubang, Benarkah?

Masih ingatkah anda waktu kecil dulu orang tua sering menasihatkan agar tidak terlalu banyak makan makanan manis karena bisa sebabkan gigi berlubang? Atau mungkin anda baru saja memberikan nasihat pada anak anak agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis.

Tetapi, benarkah makanan manis bisa sebabkan gigi berlubang dan kropos? Berikut ini adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Tufts University School of Dental Medicine (TUSDM), di kota Boston, Massachusetts, Amerika Serikat yang di kutip dari laman HuffingtonPost.

Ternyata mitos tersebut tidaklah sepenuhnya benar, memang gula bisa menyebabkan gigi berlubang bila menempel pada gigi dalam waktu yang cukup lama. Tetapi kecil kemungkinannya untuk itu bisa terjadi, karena mulut melakukan aktivitas secara terus menerus.

Tetapi memang mengkonsumsi makanan manis terlalu banyak bisa memberikan efek buruk pada kesehatan tubuh anda. Jadi, boleh boleh saja mengkonsumsi makanan manis selama tidak berlebihan.

Gula adalah satu satunya yang menjadi penyebab gigi berlubang.

Pernyataan diatas tidak sepenuhnya benar, karena ada beberapa faktor lain yang dapat memicu terbentuknya lubang pada gigi, seperti osteoporosis atau pengapuran tulang di dalam tubuh yang biasanya terjadi pada lansia.

Baca juga: Haruskah Gigi Berlubang di Cabut
Walau begitu menjaga kebersihan gigi dan mulut tetap tidak boleh kita abaikan. Apapun jenis makanan yang anda makan setiap hari, usahakan untuk minimal menyikat gigi dua kali sehari, yaitu pada waktu pagi dan malam hari sebelum tidur.

Demikianlah, Makanan Manis Sebabkan Gigi Berlubang, Benarkah? Semoga bermanfaat, jangan lupa share ya...
loading...

0 Response to "Makanan Manis Sebabkan Gigi Berlubang, Benarkah?"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.