Penyebab Penggunaan Facebook Makin Malas Update Status

loading...
Penyebab Penggunaan Facebook Makin Malas Update Status - Walaupun saat ini jejaring sosial buatan Mark Zunckerberg ini memiliki pengguna lebih dari satu miliar. Itu tidak berarti sama sekali tidak ada masalah dengan media sosial paling populer hingga saat ini.

Penyebab Penggunaan Facebook Makin Malas Update Status

Ternyata 'postingan original' dari pengguna Facebook cenderung terus menurun dari waktu ke waktu. Kini pengguna Facebook lebih sering menautkan sharing konten seperti sharing tautan ke situs berita. Dirangkum dari laman The Information, hingga pertengahan 2015 lalu, jumlah sharing secara keseluruhan di Facebook mengalami penurunan 5,5% jika dibanding dengan tahun sebelumnya.

Bila disaring secara lebih khusus lagi, jumlah postingan original mengalami penurunan yang lebih besar yaitu 21%. pada awal tahun ini penurunan posting original kembali terjadi dengan angka sebesar 15% year over year.

Dengan begitu bisa ditarik kesimpulan bahwa pengguna Facebook semakin jarang mengupdate status, upload foto, menulis sesuatu dan juga yang lain sebagainya. Banyaknya like dan komentar sepertinya sudah tidak menggairahkan para pengguna Facebook.

Penyebab Jarangnya Update Status Facebook: Terlalu Ramai


Salah satu penyebab dari semakin menurunnya minat update status pengguna Facebook bisa jadi karena terlalu ramai. Banyaknya teman menjadikan ruang privacy Facebook menjadi berkurang. Hal ini membuat para pengguna Facebook merasa tidak nyaman ketika ingin berbagai konten pribadi.

Ada juga faktor yang disebabkan oleh banyaknya berita bertebaran di News Feed. Kini Facebook sudah berubah menjadi tempat yang sangat ramai dengan aneka informasi yang bertebaran, dan kondisi ini jelas mengganggu untuk sebagian pengguna.

Kemungkinan lain dari semakin menurunnya aktivitas sharing adalah karena mulai bergesernya minat pengguna media sosial ke layanan pesan instant yang menjadi saingan utama Facebook. Misalnya Path berisi teman – teman pilihan dari Snapchat yang mendorong pengguna untuk berbagi video singkat setiap hari.

Upaya yang dilakukan Facebook untuk mengatasinya


Selama ini Facebook telah menggunakan berbagai cara, baik yang kasat mata maupun yang tidak untuk meningkatkan posting dari penggunanya setiap harinya. Misalnya dengan merombak alogoritma News Feed agar lebih menonjolkan postingan original, mengingatkan pengguna pada even besar seperti hari Ayah atau mengambil kembali posting bertahun - tahun silam.

Dengan demikian diharapkan pengguna akan melakukan posting kembali dan memulai percakapan baru kembali dengan sesama pengguna lainnya. Hingga pengguna kembali bergairah untuk memposting apapun yang sesuai dengan minat mereka.

Penurunan posting original pada Facebook memang bukanlah masalah yang besar untuk saat ini. Tetapi bila terus dibiarkan maka lama kelamaan pengguna Facebook akan kehilangan alasan untuk membuka Facebook.
loading...

0 Response to "Penyebab Penggunaan Facebook Makin Malas Update Status"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.