5 Yang Bakal Bikin Kamu Bangga Jadi Orang Indonesia

loading...
5 Yang Bakal Bikin Kamu Bangga Jadi Orang Indonesia - Kalau berbicara tentang kekayaan yang dimiliki oleh negara kita kita harus berbangga. Indonesia memiliki segalanya, keindahan dan kekayaan Alam mulai dari laut, pantai, gunung, hingga hutan Indonesia punya. Ke elokan alam Indonesia terhampar luas dari ujung Sabang bagian  barat Indonesia hingga ujung Merauke yang ada di bagian timur Indonesia.

Indonesia memang di anugerahi bentang alam yang sungguh indah luar biasa juga budaya yang banyak dan beragam. Indonesia memiliki salah satu puncak tertinggi di dunia yang berada di Papua yang selalu diselimuti salju abadi serta api biru yang sangat Indah di Banyuwangi. Indonesia memiliki segalanya.

Tidak heran bila beberapa tempat paling indah di dunia hanya bisa ditemui di Indonesia. Bahkan sebagian negara tetangga merasa iri karena tidak memiliki bentang alam yang lengkap dan indah seperti yang ada di negeri garuda ini. Berikut adalah 5 hal yang ada di Indonesia dan membuat mu bangga menjadi orang Indonesia.

5 Tempat yang Jadi Kebanggaan Bagi Warga Indonesia:


5.Papua: Puncak Carstensz


Papua: Puncak Carstensz

Tidak cuma di gunung Fuji kita dapat melihat salju abadi di atas puncak gunung. Indonesia juga memiliki salah satu tempat yang amat indah dan selalu di selimuti salju abadi di atasnya puncaknya, Puncak Carstensz menjadi tempat yang indah dan hanya dapat dinikmati di Indonesia saja.

Lokasi puncak Carstensz memang sangat jauh dan sulit untuk di akses, tetapi saat kamu datang ke sana semua pengorbanan yang kamu lakukan akan terbayar lunas dengan keindahan didalamnya. Akses yang hanya bisa dilalui dengan naik pesawat dan sulitnya mendapat informasi, memang membuat para traveler  mengurungkan niatnya untuk datang ke sana. Tapi seperti apa kata musisi Edo Kondoligit tentang Papua, "Tanah Papua tanah yang kaya, surga kecil jatuh ke Bumi".

Baca juga:
Pantai Unik di Tiongkok yang Selalu Berselimut Kabut
Desa-desa ekstrem yang tersebar di seluruh dunia
Agoashima desa ekstrem di tengah kawah gunung berapi
Itu dapat dibuktikan dengan Puncak Carstensz di rangkaian Pegunungan Sudirman yang membelah bagian tengah Papua. dan inilah salah satu puncak tertinggi di dunia yang mendapat predikat Seven Summit alias satu dari tujuh atap dunia. Berdiri di atas puncaknya merupakan sebuah mimpi para pendaki dunia!

Puncak Carstensz mempunyai ketinggian 4.884 mdpl yang juga membuatnya menjadi titik puncak tertinggi di Nusantara. Ketinggiannya, sudah mencapai setengah dari Puncak Everest di Nepal, puncak paling tinggi di dunia. Karena ketinggiannya pula, Puncak Carstensz selalu diselimuti salju abadi. Satu-satunya tempat bersalju di Indonesia. Wow!

Tetapi, untuk mendaki menuju Puncak Carstensz tidaklah mudah. Puncak Carstensz tidak dapat dibandingkan dengan puncak gunung-gunung lainnya di Indonesia. Dikarenakan, adanya angin kencang, badai salju dan juga hujan es. Pendakian ke Puncak Carstensz pun bisa memakan waktu sampai 12 hari lamanya!

4.Sulawesi Selatan: Takabonerate


Sulawesi Selatan: Takabonerate

Bak Maladewa Takabonerate tidak kalah indahnya. Maladewa memang jadi salah satu tempat yang sangat indah dengan berjuta atol di dalamnya. Tetapi Indonesia juga punya yakni Takabonerate yang menempati peringkat ke 3 dunia dengan atol indahnya.

Tepatnya, dapat kita lihat di Taman Nasional Takabonerate, Sulawesi Selatan. Takabonerate memiliki 18 pulau, yang mana hanya 7 saja yang telah berpenghuni. Bila dilihat dari udara, pulau-pulaunya pun memiliki atol yang begitu indah.

Lebih dari itu, keindahan atol di Takabonerate dikatakan sebagai yang terindah ketiga di dunia. Masih di bawah Maladewa di Samudera Hindia dan Kepulauan Marshall di Samudera Pasifik. Buktikan sendiri saat naik pesawat dan hendak melintas di atas Makassar. Kamu bisa melongok ke jendela untuk melihat atolnya. Atau, coba saja bawa drone ke sana untuk melihatnya dari ketinggian.

3.Kalimantan Timur: Danau Kakaban


Kalimantan Timur: Danau Kakaban

Tidak cuma alam dan bangunan kuno yang jadi ciri khas Indonesia, satwa dan fauna pun banyak yang menjadi kebanggaan Indonesia. Tanah Nusantara memiliki aneka ragam satwa yang unik juga endemik. Salah satunya yang hanya ada dua di dunia, adalah ubur-ubur yang tidak menyengat di Danau Kakaban, satu lagi ada di Palau yang berada di Samudera Pasifik.

Danau Kakaban berada di Pulau kakaban, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau Kakaban adalah salah satu dari total 31 pulau yang tergabung dalam Kepulauan Derawan. Pasti kamu sudah tahu tentang Derawan, yang disebut-sebut sebagai surga bawah laut di Kalimantan.

Kembali ke soal ubur-ubur yang tidak menyengat, ada empat jenis ubur-ubur di Danau Kakaban. Keempatnya yakni ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Yang disebut terakhir adalah yang paling unik karena ubur-ubur ini berada di dasar danau dengan tentakel menghadap ke atas. Suatu hal yang aneh dari ubur-ubur ini, pasalnya biasanya ubur-ubur berada di atas dengan tentakel menghadap ke bawah. Unik kan?

Danau Kakaban pun terlihat semakin menawan. Danau ini terbentuk dari akibat karang yang naik di atas permukaan laut dengan ketinggian yang mencapai 50 meter. Lalu, karang ini membuat sejumlah air terperangkap, dan terbentuklah danau. Airnya tentu air payau.

Kita bisa berenang langsung di danaunya sambil bermain-main dengan gerombolan ubur-ubur yang tidak menyengat. Mereka terlihat sangat menggemaskan, saat berenang-renang di sekitar kita. Ingat, dilarang langsung terjun ke danaunya karena bisa melukai ubur-ubur tersebut. Kamu harus turun pelan-pelan lewat tangga yang sudah disediakan.

2.Banyuwangi: Api Biru Kawah Ijen


Banyuwangi: Api Biru Kawah Ijen

Selain memiliki candi Indonesia juga mempunyai keindahan dan fenomena alam yang amat langka dan mungkin hanya ada 2 di dunia. Api biru yang ada di Banyuwangi ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara tetangga. Untuk diketahui saja fenomena api biru hanya ada 2 saja di dunia ini. Yaitu Api biru yang berada di Islandia Eropa, dan di Banyuwangi Indonesia.

Fenomena api biru akan terlihat jelas saat malam hari. Tepatnya saat memasuki dinihari, kita akan dibuat takjub dengan fenomena api yang terlihat biru. Apinya keluar dari celah bebatuan di dasar kawah. sungguh indah sekali.

Fenomena ini ternyata sudah diketahui turis asin sejak tahun 1999-an. Saat itu, ada seorang reporter Prancis bernama Nicolas Hulu. Dia terbang ke atas puncak Gunung Ijen terlebih dulu (setinggi 2.443 mdpl). Hingga akhirnya Dia pun bermalam di sekitar kawah untuk melihat api biru dari dekat. Sekarang, ratusan turis datang ke Kawah Ijen setiap tahunnya untuk melihat pemandangan yang sama.

Bila ditelaah, api biru sebenarnya bukanlah api sesungguhnya. Ternyata itu merupakan gas belerang yang keluar dari celah bebatuan belerang yang terkena oksigen. Wush... Jadilah berbentuk menyurpai api dan warnanya biru. Tapi nama blue fire atau api biru sudah terlanjut melekat di benak turis dan hal ini tidak jadi persoalan. Beneran deh, kamu harus melihatnya dari dekat agar tahu bagaimana keindahannya.

1.Magelang: Candi Borobudur


Magelang: Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi Budha yang paling besar di dunia. Candi ini merupakan salah satu icon yang jadi landmark Indonesia. Candi besar ini berada di Magelang, Jawa Tengah. Banyak sekali wisatawan yang datang setiap harinya untuk menikmati keajaiban dan keindahan Candi Borobudur ini.

Candi Boroburur memang begitu terkenal, bayangkan saja Candi megah ini terdiri dari 2 juta balok batu vulkanik, yang dipahat sedemikian rupa hingga saling mengunci satu dengan yang lainnya. Tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara nenek moyang kita membangun candi yang begitu besar ini, yang pasti Candi Borobudur sudah menjadi warisan bangsa yang telah diakui dunia.

Candi Borobudur memiliki luas 123x123 meter persegi dengan 504 patung Budha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk di dalamnya. Bahkan candi ini memiliki 2672 panel relief yang sangat beragam dan apabila disusun berjajar maka panjangnya akan mencapai 6 km.

Dari relief-relief itu, tersimpan penjelasan tentang bagaimana kehidupan manusia yang terbagi menjadi 4 kelompok dalam ajaran Buddha. Ada Karmawibhanga, Jatakamala, Awadana, Gandawyuha dan Bhadracar. Itu semua menggambarkan riwayat sang Buddha dan suatu kehidupan masyarakat.

Membahas soal sejarahnya, Candi Borobudur didirikan pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824. Alias, pada pertengahan abad ke-9 hingga awal abad ke-11. Bila dibandingkan, Candi Borobudur dibangun 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral-katedral agung di Eropa.

Pihak UNESCO dari PBB pun telah menobatkan Candi Borobudur sebagai World Heritage atau Situs Warisan Dunia. Bentuknya yang besar dan teridiri dari 10 tingkat, membuat siapa saja jatuh cinta pada candi ini. Buktinya, bos Facebook, Mark Zuckerberg sudah datang dan jatuh cinta saat datang ke sana akhir tahun lalu.

Untuk itu sudah selayaknya kita bangga karena Indonesia memiliki tempat yang begitu indah seperti Candi Borobudur.

Sebenarnya, 5 Yang Bakal Bikin Kamu Bangga Jadi Orang Indonesia. Hanya sebagian kecilnya saja, karena Indonesia memiliki sejuta keindahan yang tak terhitung jumlahnya. Tuhan memang telah menganugerahkan begitu banyak karunia keindahan alam untuk negeri ini. Sudah selayaknya kita sebagai bangsa Indonesia senantiasa merasa bangga dan menjaga atas semua karunia-Nya.
loading...

0 Response to "5 Yang Bakal Bikin Kamu Bangga Jadi Orang Indonesia"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.