5 Teknik Peregangan yang Bisa Anda Lakukan Di Kantor

loading...
5 Teknik Peregangan yang Bisa Anda Lakukan Di Kantor -  Buat Anda yang bekerja bekerja kantoran, duduk seharian memanglah sudah menjadi kewajiban anda sehari hari. Anda tidak akan jauh-jauh dari yang namanya duduk di kursi, karena memang pekerjaan anda adalah di depan komputer. Duduk seharian di tempat duduk memanglah memiliki efek yang tidak baik untuk kesehatan. Seperti tubuh cepat pegal dan bagian tubuh mulai kram.

Agar dapat menghindari dan mengurangi dampak buruk saat Anda harus duduk seharian di tempat kerja, ada beberapa hal yang terbilang mudah dan praktis untuk dilakukan seperti melakukan gerakan peregangan di beberapa bagian tubuh supaya tubuh Anda tidak mudah pegal dan sakit saat kerja terlalu lama di tempat duduk.

Melakukan gerakan peregangan minimal setiap satu jam sekali,memiliki dampak  baik bagi kesehatan tubuh. Karena saat kita melakukan peregangan, tubuh yang dipaksa duduk seharian rentan mengalami pegal dan kaku-kaku. Akibatnya beberapa bagian tubuh akan mengalami kesakitan seperti leher, punggung dan Bahu.

Supaya tidak tersiksa dengan keluhan-keluhan tersebut, solusinya adalah dengan mengurangi waktu duduk. Sesekali beranjak dari meja, jalan-jalan untuk sekedar ke toilet atau cari makan, itu sudah lebih baik daripada tidak sama sekali. Lebih dari itu, ada beberapa gerakan peregangan yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak buruk terlalu banyak duduk.

5 Teknik Peregangan Untuk Yang Sering Kerja Di Kantor:


Head To Toe Stretch

 Head To Toe Stretch


Peregangan seluruh tubuh bisa dilakukan sambil berdiri. Letakkan tangan jauh di atas kepala sampai terasa ada tarikan, tahan selama 8-10 detik lalu bungkukkan badan hingga tangan menyentuh jari kaki. Tahan 8-10 detik lalu ulangi.

Sholder Roll


 Sholder Roll

Mengetik terlalu lama depan komputer memang selalu membuat pegal pada tangan dan bahu, untuk itu ada baiknya setiap satu jam sekali anda istirahat sejenak minimal 5 menit dan melakukan gerakan Shoulder roll. Caranya putar bahu ke depan dan ke belakang beberapa kali agar tubuh bagian atas merasa rileks. Lakukan sebanyak 2-3 kali, dengan masing-masing 10 pengulangan.

Trunk Rotation


 Trunk Rotation

Melakukan gerakan Trunk rotation memang memang memerlukan ruang yang cukup luas. dan jika tempat kerja Anda memang memadai untuk melakukan gerakan ini tak ada salahnya dilakukan setiap hari. Berbaringlah di lantai dengan lengan dan kaki terbuka. Angkat lutut mendekati dada, lalu jatuhkan perlahan ke samping sementara torso badan tetap lurus menghadap ke atas dan tangan tetap menyentuh lantai. Tahan 10-15 detik lalu ulangi untuk arah sebaliknya.

Hip Release


 Hip Release

Kekakuan otot-otot pinggul adalah keluhan umum pada orang-orang yang terlalu banyak duduk. Berlututlah di lantai dan langkah kan satu kaki ke depan hingga membentuk sudut 90 derajat. Dorong pinggul ke depan sampai pinggul tertarik. Untuk mendapatkan efek yang lebih maksimal, angkat tangan hingga di atas kepala, tahan 10-15 detik.

Chest Opener


 Chest Opener

Chest opener bila dilakukan secara teratur dapat berdampak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Gerakan Chest opener ditujukan untuk meregangkan otot-otot di wilayah dada yang cenderung terhimpit oleh lengan yang sepanjang hari digunakan untuk mengetik depan komputer. Cara melakukan gerakan ini cukup mudah Anda tinggal pertemukan jari-jari tangan di belakang punggung, luruskan lengan dan tarik sejauh mungkin ke belakang. Tahan sekurang-kurangnya 10 detik. Dan nikmati sensasi kenikmatannya.

Baca juga:
Manfaat dari sering berjalan kaki yang wajib anda tahu
Pria ini jadi orang pertama yang menjalani cangkok tenggorokan
Game Action mampu tingkatkan kinerja otak anda
Nah, itulah beberapa teknik peregangan yang dapat anda lakukan saat bekerja di kantor. Anda dapat melakukannya secara rutin setiap hari agar otot tubuh tidak mudah pegal dan gampang lelah yang diakibatkan oleh terlalu lama duduk di tempat kerja.
loading...

0 Response to "5 Teknik Peregangan yang Bisa Anda Lakukan Di Kantor"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.