10 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Anda

loading...
10 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Anda -  Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga badan agar tetap sehat, salah satunya dengan berjalan kaki. Aktivitas berjalan kaki memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, baik yang dilakukan di pagi hari maupun di sore hari sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Bukan hanya bisa membuat badan tetap sehat, faktanya dengan rajin berjalan kaki, daya tahan tubuh Anda pun akan ikut meningkat.

Kita dapat membandingkan dan melihat perbedaan antara orang yang sering berjalan kaki dan juga orang yang lebih banyak menggunakan kendaraan saat berpergian. Orang yang biasa berjalan kaki entah itu saat berangkat kerja maupun pergi sekolah, mereka akan memiliki semangat yang berbeda dengan orang yang berangkat dengan naik kendaraan.

10 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Anda

Setiap langkah yang kita tempuh ternyata bisa memberikan berjuta manfaat bagi tubuh kita. Badan menjadi sehat dan kaki semakin kuat. Jadi berjalan kaki sangat disarankan untuk dilakukan setiap hari. Berjalan kaki tidak seperti bersepeda atau berenang, olahraga murah dan mudah ini tidak membutuhkan waktu dan peralatan khusus untuk melakukannya.

Inilah Manfaat berjalan kaki untuk kesehatan tubuh:


1.Memperbaiki Mood (suasana hati)


Olahraga ringan contohnya berjalan kaki akan memberikan efek baik sebagai anti-depresi yang mampu memperbaiki mood, mengurangi stres dan kecemasan. Ternyata, selain berguna bagi kesehatan tubuh juga berdampak langsung pada kesehatan mental.

2.Memberikan tubuh energi tambahan


Mungkin terdengar asing tetapi, jalan cepat merupakan salah satu sumber energi alami terbaik di sekitar kita. Berjalan kaki akan meningkatkan sirkulasi dan suplai oksigen ke seluruh sel tubuh, menjaga kewaspadaan tetap terjaga serta meredakan ketegangan otot.

3.Meningkatkan jumlah vitamin D dalam tubuh


Manfaat berjalan kaki di pagi hari adalah mampu meningkatkan kadar vitamin D alami yang ada dalam tubuh manusia. Vitamin ini sangat jarang terdapat pada bahan makanan namun tubuh bisa memproduksinya berkat sinar matahari pagi.

4.Membuat tangan Anda menjadi lebih kuat


Tahukah anda, kecepatan berjalan dipengaruhi oleh ayunan tangan? Semakin cepat tangan berayun maka semakin cepat pula anda berjalan. Dan hebatnya, berjalan kaki juga bermanfaat untuk membuat lengan, bahu serta punggung lebih kencang secara alami.

5.Membentuk tubuh lebih proporsional


Jika anda ingin memiliki bentuk tubuh ideal, jalan kaki dapat membantu mengangkat otot pantat, paha dan betis. Jangan lupakan juga, kualitas tidur akan meningkat jika sebelumnya anda sudah berjalan kaki.

6.Menjauhkan Anda Dari Osteoporosis


Berjalan kaki merupakan kegiatan menahan beban yang bisa meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Terutama bagi seorang perempuan. Olahraga ini juga membantu menjaga sendi tetap sehat sehingga mencegah terkena gangguan radang sendi.

7.Mencegah pikun di usia senja


Menurut wikipedia, pikun menjadi gejala umum demensia yaitu menurunnya kinerja otak sehingga tidak dapat berfungsi secara optimal. Dari data statistik, satu dari 14 orang berusia 65 tahun ke atas beresiko tinggi terserang demensia. Manfaat olahraga jalan kaki bagi kesehatan otak adalah mengurangi resiko pikun hingga 40 persen dan mempertajam daya ingat otak.

8.Cara cepat menurunkan berat badan


Ada banyak cara untuk membakar kalori dengan olahraga, salah satunya berjalan kaki. Cara ini mudah, murah serta tidak membutuhkan peralatan khusus. Dengan bergerak, massa otot akan meningkat, metabolisme makin cepat dan hasilnya banyak kalori terbakar.

9.Mengurangi resiko berbagai jenis penyakit


Sebuah studi di British Medical Journal menunjukkan manfaat berjalan kaki setiap hari dapat membantu mencegah berkembangnya diabetes. Selain itu, olahraga ringan ini dapat memangkas resiko asma, kanker usus besar, kanker payudara serta rahim.

10.Memperkuat jantung secara alami


Aktivitas berjalan kaki selama 30 menit secara teratur terbukti mengurangi resiko stroke hingga 27% dan menjauhkan anda dari penyakit jantung. Manfaat secara langsung yang diperoleh adalah menjaga tekanan darah tetap stabil serta menurunnya kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatnya HDL (kolesterol baik).

Baca juga:
Pria pertama yang melakukan cangkok tenggorokan
Ternyata Bermain Game Action Bisa Tingkatkan Kinerja Otak
Tips Menjaga Kesehatan Mata

Jadi sebaiknya mulai sekarang kita menyediakan sedikit waktu untuk melakukan aktivitas berjalan kaki, ya,,, minimalnya jalan kaki dari rumah ke tempat angkutan umum, atau berjalan kaki mengelilingi komplek rumah di pagi hari, agar kehidupan Anda selalu sehat dan bahagia.
loading...

0 Response to "10 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Anda"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.