Cara Memelihara Kesehatan Mata Buat Yang Sering Kerja Di Depan Komputer

loading...
Cara Memelihara Kesehatan Mata Buat Yang Sering Kerja Di Depan Komputer - Zaman sekarang kebutuhan akan laptop atau komputer sudah tak bisa terbantahkan lagi. Layar monitor seolah sudah menjadi teman dalam kehidupan kita. Dari pekerja hingga pelajar tidak pernah lepas dari benda elektronik bernama komputer. Belajar atau bekerja di depan komputer seharian rentan membuat mata lelah.

Cara Memelihara Kesehatan Mata Buat Yang Sering Kerja Di Depan Komputer

Mengenai masalah ini para pakar sering mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan dan mengatasi mata lelah yang dikarenakan bekerja di depan komputer yang terlalu lama. Setiap beberapa saat adakalanya mata kita perlu di istirahatkan, jangan terlalu memaksakan untuk bekerja. Karena bila dipaksakan di khwatirkan kesehatan mata akan terganggu, dan berdampak langsung pada kemampuan penglihatan anda.

Dikutip dari perkataan dr Syumarti, SpM(K), MSc, CEH, Kabid Pelayanan Medis RS Mata Cicendo Bandung yang mengatakan "biasanya orang yang bekerja menggunakan komputer selalu memiliki masalah dengan matanya, para pekerja kerap memakai komputer untuk bekerja dengan jarak yang dekat". Semakin dekat dan semakin sering menggunakan komputer, mata akan bekerja lebih keras dan menyebabkan lebih mudah lelah.

Bekerja dengan komputer atau laptop dengan jarak dekat ditambah lagi bila kontras nya tidak diatur akan menyebabkan mata cepat lelah juga perih. Mata yang kelelahan tidak seperti lelah yang dialami oleh organ tubuh lainnya.

dr Syumarti lebih lanjut mengungkapkan terdapat dua cara untuk mengistirahatkan mata yang lelah. Cara paling sederhana adalah dengan memejamkan mata selama 15 menit. Memejamkan mata bertujuan untuk mengurangi ketegangan yang terjadi di mata karena terus menerus melihat komputer.

Yang kedua adalah dengan melihat benda atau objek yang jaraknya jauh, kurang lebih 6 meter selama 10-15 menit. Selain mengurangi ketegangan yang terjadi di mata, melihat benda yang jauh juga mengembalikan fokus mata kembali normal karena sebelumnya terlalu fokus ke layar komputer.

Pijat ringan pada kelopak mata juga merupakan teknik lain yang memberi manfaat besar. Perlu diingat, pastikan tangan Anda bersih. Kemudian tutup mata dan gunakan ujung jari Anda untuk memijat permukaan kelopak mata dengan lembut dan gerakan melingkar. Lakukan selama 1-2 menit hingga terasa lebih rileks.

yang harus diingat untuk melakukan latihan ini secara perlahan dan tidak mengerahkan banyak tekanan, sebab ini justru malah akan merusak mata Anda.

Selain menutup mata dan membiarkan mata istirahat sejenak, cara lain seperti menggunakan tetes mata lubrikan (artificial tears) yang sekarang banyak dijual di pasaran juga dapat membantu memberikan efek rileks.

Perhatikan kesehatan mata Anda jangan terlalu memaksakan mata untuk bekerja terus menerus, dan bila pun harus menggunakan komputer seharian ada bagusnya setiap satu jam sekali meluangkan waktu sebentar untuk mengistirahatkan mata, agar mata tetap sehat dan bisa berfungsi dengan baik setiap saat.

Demikianlah, Cara Memelihara Kesehatan Mata Buat Yang Sering Kerja Di Depan Komputer. Semoga tips sederhana diatas bisa membantu mengingatkan anda tentang pentingnya menjaga kesehatan mata. Semoga Bermanfaat.
loading...

0 Response to "Cara Memelihara Kesehatan Mata Buat Yang Sering Kerja Di Depan Komputer"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.