10 Penyebab Umum Kulit Berminyak

loading...
10 Penyebab Umum Kulit Berminyak - Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering terkena sinar matahari. Karenanya penting bagi kita memahami dan mengerti jenis kulit yang dimiliki. Di dunia kesehatan sedikitnya ada 3 jenis kulit yang harus kita pahami mulai dari kulit berminyak, kulit kering, dan kombinasi keduanya.

Oleh karenanya mengenali jenis kulit yang anda miliki sangatlah penting, agar saat kulit Anda mengalami masalah kesehatan kulit Anda tahu bagaimana cara menanganinya dengan tepat. Contohnya kulit berminyak, kulit berminyak sering jadi masalah bagi banyak orang. Kulit berminyak sangat mudah dihinggapi kotoran. Akibatnya jerawat dan sederet masalah kulit lainnya sering terjadi pada kulit yang berminyak.

10 Penyebab Umum Kulit Berminyak

Didalam penelitian terbaru di temui bahwa ke banyakan kulit orang-orang memiliki minyak berlebih. Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit anda mengalami kelebihan minyak, salah satunya disebabkan faktor genetika. Kulit berminyak yang di karena kan oleh faktor genetik cenderung sulit untuk diatasi. Selain faktor genetika kulit berminyak juga bisa disebabkan oleh berbagai hal. Berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkan kulit berminyak, silahkan disimak :

10 Penyebab Paling Umum Kulit Berminyak:


1.Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Berminyak


Makanan berminyak merupakan salah satu jenis makanan yang banyak digemari orang. Harga murah serta rasa yang bersahabat tentunya membuat banyak orang ingin selalu mengkonsumsi makanan berminyak bahkan setiap hari.

Tetapi tahukah anda, bahwa ternyata makanan berminyak adalah salah satu faktor penyebab kulit berminyak. Banyak orang yang menyadari akibat makan makanan berminyak. Tapi banyak tidak sedikit pula yang mengabaikannya. Bila Anda memang gemar makan makanan berminyak, silahkan kurangi porsi makanannya. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak, karena sangat tidak baik bagi kesehatan kulit dan juga tubuh Anda.

2.Jarang Membersihkan Wajah


Mencuci dan membersihkan wajah sangatlah penting untuk selalu dilakukan. Apalagi bila Anda tinggal di daerah pekotaan yang banyak polusi dan sudah menjadi makanan 'konsumsi' setiap hari. Untuk itu rajinlah mencuci wajah sedikitnya 2 kali sehari. Jika Anda tidak membersihkan wajah pastinya segala hal yang tidak baik bagi kulit akan terjadi.

3.Salah Memilih Produk Pembersih Wajah


Sebaiknya anda mengetahui jenis kulit yang anda miliki terlebih dahulu sebelum memutuskan embeli sebuah produk kecantikan. Contoh, bila Anda menggunakan produk pembersih untuk kulit kering, justru akan membuat kulit semakin berminyak.

4.Menggunakan Perawatan Kulit yang Tidak Diperlukan


Apa anda senang menggunakan blush-on dengan sikat? Bila ya, sebaiknya anda hati-hati karena itu bisa menyebabkan kulit iritasi. Sangat penting untuk diperhatikan, bahwa kelebihan menggunakan produk wajah justru akan membuat kulit berminyak. fokus pada satu produk, jangan selalu mencampur atau bahkan selalu berganti produk kecantikan. Karena kulit sangat rentan sekali terkena iritasi jika kita selalu berganti produk kecantikan.

5.Penggunaan Krim


Memang hal ini tidak lah mutlak, artinya tergantung dari krim yang anda gunakan, tetapi menggunakan krim wajah yang berlebihan tetap saja akan membuat kulit anda semakin berminyak. Menggunakan krim dalam jangka waktu panjang pun akan membuat kulit berminyak.

6.Mencuci Muka Terlalu Sering


Mungkin Anda berpikir bahwa kulit yang bersih dan cerah bisa anda dapatkan dengan cara sering mencuci Muka. Tetapi terlalu sering mencuci wajah justru tidak baik untuk kesehatan kulit, karena akan menjadikannya kering dan iritasi. Bahkan untuk jenis kulit wajah berminyak, kulit akan semakin banyak memproduksi minyak bila dicuci terlalu sering. Untuk itu, Anda cukup mencuci wajah dua kali sehari saat pagi dan malam hari, atau cukup sekali sehari untuk jenis kulit kering.

7.Perubahan Cuaca


Karena Anda tinggal di negara yang ber iklim tropis, Anda harus siap untuk merawat kulit wajah dari cuaca panas. Memang tidak berpengaruh langsung bagi produksi kelenjar minyak, namun produksi keringat yang berlebih membuat wajah cepat berminyak. Supaya kulit Anda tidak berminyak karena cuaca panas dan keringat, gunakan make up yang mampu bertahan lama di cuaca yang kering, Anda bisa mencoba untuk menggunakan dasar make up yang dibuat dari formula mattyfing yang mana dapat membantu mengurangi kilap di wajah dan membantu penyerapan minyak.

8.Stres


Perubahan sikap dan perilaku wanita bukan melulu disebabkan karena perubahan hormon karena datang bulan, tekanan batin dan pikiran menjadi alasan yang tepat mengapa banyak orang yang mengalami stres dan membutuhkan obat untuk menenangkan diri. Stres bisa dipicu oleh beberapa faktor, baik dari dalam lingkungan rumah maupun dari luar lingkungan rumah, yakni masalah pekerjaan atau pergaulan di luar rumah. Stres sebenarnya bisa diatasi dengan mudah, cukup dengan mengerjakan sesuatu yang menyenangkan dan mengalihkan diri dari rutinitas harian yang membuat Anda tertekan.

Di saat Anda stres, hormon kortisol akan dilepaskan secara otomatis untuk membuat Anda fokus dan lebih waspada sehingga stres bisa diatasi dengan lebih cepat. Namun, pelepasan hormon kortisol yang melibihi batas normal akan berakibat negatif bagi kesehatan kulit wajah. Wajah tampak lebih berminyak karena produksi minyak mengalami peningkatan yang cukup pesat. Penyebab kulit berminyak ini bisa diatasi dengan mengatasi terlebih dahulu stres Anda, baik dengan relaksasi atau melakukan meditasi. Anda juga bisa mengoleskan master tanah liat instan pada wajah untuk mengurangi kadar minyak berlebih sehingga kulit tampak lebih sehat dan bebas dari minyak berlebih.

9.Siklus Menstruasi


Beberapa wanita akan mengeluh mengenai jerawat yang timbul lebih banyak ketika siklus menstruasi datang, ini disebabkan karena perubahan hormon. Hormon yang tidak stabil di tengarai mampu menstimulus kelenjar minyak yang pada akhirnya akan membuat kotoran mudah menempel dan pori-pori tersumbat hingga jerawat mudah muncul. Supaya kulit wajah tidak terlalu berminyak gunakan pembersih wajah yang tepat, berbentuk foam dan tidak memiliki kandungan minyak di dalamnya.

10.Penggunaan Kosmetik


Kosmetik memang tidak memengaruhi kulit berminyak secara langsung, namun riasan wajah yang terlalu berat dapat menghalangi minyak untuk keluar sehingga jerawat mudah sekali muncul bahkan meradang. Hindarilah penggunaan make up tebal dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Baca juga:
Teknik Peregangan yang bisa anda lakukan di kantor
Manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh
Keseringan Minum pil diet gadis ini hanya berbobot 25 kg saja
Penyebab kulit berminyak ternyata cukup banyak, usahakan agar Anda tidak salah memilih kosmetik atau melakukan gaya hidup tidak sehat. Rawatlah selalu kebersihan wajah dengan mencuci wajah menggunakan pembersih atau sabun cuci muka supaya wajah Anda terbebas dari minyak berlebih dan jerawat yang biasanya akan menjadi bonus yang tidak menyenangkan yang dapat memengaruhi kecantikan kulit wajah Anda.

Mungkin itulah beberapa hal yang paling umum menyebabkan kulit berminyak. Bagi anda yang masih melakukan kegiatan yang tidak disarankan diatas, mungkin anda bisa mulai mencoba menerapkannya. Selamat Mencoba!
Save
loading...

0 Response to "10 Penyebab Umum Kulit Berminyak"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.