7 Presiden yang Sukses Berperang Melawan Korupsi

loading...
7 Presiden yang Sukses Berperang Melawan Korupsi - Korupsi adalah perbuatan kriminal yang bisa menghancurkan sebuah bangsa. Banyaknya kasus korupsi yang terjadi di setiap negara telah berdampak kerugian yang sangat besar untuk rakyat yang berada di negara tersebut.

Kegiatan korupsi sering terjadi di lingkungan politik. Dalam praktiknya praktik ini memiliki motif yang beragam. Seperti di Indonesia saja, kegiatan memakan uang rakyat ini seakan sudah menjadi hal yang biasa biasa saja, akibat terlalu seringnya kegiatan ini terjadi. Mereka yang terjerat kasus korupsi seakan terlihat tak berdosa dan tidak melakukan suatu kesalahan. Memang untuk untuk membangun sebuah negara yang bersih dari penyakit 'korupsi' bukanlah pekerjaan yang mudah.

Oleh karena itu,  untuk membangun negara yang bersih dan bebas dari korupsi diperlukan sebuah hukum dan tindakan tegas dari seorang presiden sebagai pemimpin negara. Seperti yang telah dilakukan oleh para pemimpin negara berikut ini. Dimana dengan lantang dan berani para presiden ini memerangi dan memberantas para koruptor yang selama ini telah menjadi musuh dalam selimut bagi bangsa dan negara.

7 Presiden Penumpas Korupsi yang Paling Terkenal di Dunia


1.Presiden Peru: Ollanta Humala


Presiden Peru: Ollanta Humala

Setelah resmi menjabat sebagai presiden Peru, Ollanta langsung melakukan tindakan cepat dengan memecat secara langsung 30 jenderal karena keterlibatan mereka dalam kasus korupsi. Ia tidak kenal rasa takut akan ancaman dari berbagai pihak yang tidak setuju dengan tindakannya. Peperangan dan pemberantasan korupsi ia lakukan sebagai sebuah pembuktian, dimana pada masa kampanyenya ia telah berjanji akan perang melawan korupsi yang selama ini telah membuat masyarakat menjadi sangat menderita.

2.Presiden Guatemala: Alvaro Colom


Presiden Guatemala: Alvaro Colom

Alvaro Colom menjadi presiden di Guatemala di periode 2002 hingga dengan 2008 silam. Selama masa kepemimpinannya dia sangat dikenal karena ketegasannya dalam memberantas dan membasmi korupsi. Dalam prakteknya ia tidak peduli pada siapa saja. ia bahkan memecat secara langsung ketua kepolisian karena tersandung dalam kasus korupsi dan penjualan nark0ba.

3.Presiden Meksiko: Felipe Calderon


Presiden Meksiko: Felipe Calderon

Presiden Felipe Calderon dikenal karena ketegasannya dalam memberantas kasus korupsi. Bayangkan saja dia telah memberhentikan sebanyak 3200 personel kepolisian karena dianggap bekerja tidak benar dan terlibat dalam kasus korupsi. Sang presiden tidak pernah segan memecat para bawahannya yang terbukti telah melakukan tindak korupsi yang dikenal meresahkan masyarakat ini.

4.Presiden China: Hu Jintao


Presiden China: Hu Jintao

Sebagai negara maju China sangat ketat dan disiplin pada sebuah aturan. Dalam masalah korupsi saja China tidak segan-segan menghukum berat para koruptor. Hal inilah yang dilakukan oleh presiden Hu Jintao. Semenjak terpilih sebagai presiden pada tahun 2002, Jintao telah menyiapkan sebanyak 1000 peti mati bagi para koruptor dan satu peti mati bagi dirinya bila terbukti melakukan korupsi.

China memang memberlakukan hukum yang sangat berat untuk para pelaku korupsi. Selain itu juga hukuman sosial pun akan diberikan pada koruptor, dimana wajah para koruptor akan selalu di pajang dan dibenci oleh masyarakat China.

5.Presiden Liberia: Ellen Johnson Sirleaf


Presiden Liberia: Ellen Johnson Sirleaf

Ellen Johnson Sirleaf adalah presiden wanita pertama yang berhasil terpilih sebagai pemimpin negara Liberia sepanjang sejarah Afrika Modern. Ellen juga termasuk salah satu orang yang telah membuat perubahan di Liberia. Di masa kepemimpinannya pria yang kini berusia 74 tahun tersebut sangat terkenal tegas dalam memberantas kegiatan korupsi yang terjadi di lingkup politik dan negara. Tidak tanggung-tanggung Ia memecat anaknya sendiri yang menjabat sebagai direktur bank central di Liberia karena kasus korupsi.

Selain itu ia juga tak segan-segan memecat para pejabat negara yang tidak mau menyerahkan jumlah kekayaan kepada komisi pemberantasan korupsi. Serta tidak mengijinkan para pejabat untuk mencalonkan kembali menjadi penjabat jika belum memberikan jumlah serta sumber kekayaan yang didapatkan.

6.Presiden Korea Selatan: Lee Myung Bak


Presiden Korea Selatan: Lee Myung Bak

Presiden yang sangat berani dalam memberantas kegiatan korupsi adalah Lee Myung Bak presiden Korea Selatan. Tidak tanggung-tanggung dalam memerangi korupsi sang presiden tak pernah melihat ikatan keluarga, ia tidak segan menghukum berat para koruptor walaupun koruptor tersebut adalah anggota keluarganya sendiri. Dan hal inilah yang ia lakukan di tahun 2011 silam dimana sang presiden menyuruh aparat kepolisian untuk menangkap kakaknya sendiri Lee Sang Deuk yang duduk sebagai anggota parlemen karena tersandung dalam kasus suap dari berbagai bank yang sedang bermasalah kala itu.

7.Presiden Georgia: Mikheil Saakashvili


Presiden Georgia: Mikheil Saakashvili

Mikheil Saakashvili adalah presiden ketiga di negara Georgia yang terkenal karena ketegasannya dalam membasmi korupsi yang terjadi di negara Georgia. Selama masa kepemimpinannya ia telah memecat seluruh personil polisi lalu lintas karena diketahui terlibat kasus korupsi. Tidak tanggung-tanggung sang presiden memecat langsung 30.000 personel kepolisian yang saat itu terlibat dalam kasus korupsi.

Baca juga:
Kumpulan fakta menarik Bill Gates Manusia Terkaya Di Dunia
Kumpulan Kepala Daerah yang Sukses Mengubah Daerahnya
Perjalanan Ridwan Kamil Hingga Menjadi Walikota Bandung
Padahal sebelum melaksanakan pemecatan massal Prisenden Mekheil sudah menaikkan gaji para polisi terlebih dahulu, tetapi kenaikan gaji tidak serta merta membuat para polisi Georgia bersih dari paraktik korupsi. Kini berkat tangan dingin Mikhei dalam memerangi kasus korupsi, kepolisian Georgia mulai menunjukkan banyak perubahan. Kasus kriminalitas di negara georigia mulai menurun dan citra kepolisian mulai terangkat kembali.

Mungkin itulah, daftar presiden dunia yang tak segan memberantas korupsi. Semoga pemimpin Indonesia ada yang se berani para pemimpin diatas.
loading...

0 Response to "7 Presiden yang Sukses Berperang Melawan Korupsi"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.