5 Kepala Daerah yang sukses Membangun Daerahnya

loading...
5 Kepala Daerah yang sukses Membangun Daerahnya -  Keberhasilan yang diraih kepala daerah baik itu gubernur, walikota, dan bupati, bisa dilihat dari bagaimana perubahan yang terjadi pada daerah yang dipimpinya. Sekarang ini telah terdapat beberapa pemimpin daerah yang telah sukses mengubah daerahnya jadi lebih baik dan menjadi panutan daerah lainnya.

Salah satunya Ridwan Kamil, walikota Bandung yang tengah naik daun karena kepemimpinan yang dilakukannya. Dari tangan dinginnya dan kedekatannya dengan warga Bandung, walikota yang sering dipanggil Kang Emil ini telah berhasil mengubah kota Bandung jadi kota yang lebih baik, bersih dan nyaman untuk dihuni.

Keberhasilan para pemimpin daerah ini bisa membuka harapan baru bagi Indonesia yang selama ini mencari sosok pemimpin yang mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik di mata dunia. Lalu siapa sajakah para pemimpin daerah yang telah mampu menunjukkan keberhasilan merubah daerah yang di pimpinnya jadi lebih baik, berikut ulasannya untuk anda:

Lima Kepala Daerah yang Sukses Membawa Perubahan Baik Untuk Daerahnya


Keberhasilan seorang kepala daerah baik itu gubernur, walikota, dan bupati, dapat dilihat dari bagaimana perubahan yang terjadi pada daerah yang dipimpinya. Saat ini ada beberapa pemimpin daerah yang sudah berhasil membuat daerahnya menjadi lebih baik dan menjadi panutan daerah lainnya.

Sebut saja Ridwan kamil, walikota Bandung yang sedang naik daun karena kepemimpinan yang telah dilakukannya. Berkat tangan dingin dan kedekatannya dengan masyarakat Bandung, walikota yang suka dipanggil Kang Emil ini telah berhasil merubah kota Bandung menjadi kota yang lebih baik, bersih dan nyaman untuk ditinggali.

Baca juga:
Perjuangan Lee Kwan Yeww Membangun Singapura
Tulisan Bill Gates yang Telah Menjadi Kenyataan
Perjalanan Karir Ridwan Kamil Sampai Menjadi Walikota Bandung

Keberhasilan pemimpin-pemimpin daerah ini dapat membuka harapan baru bagi Negara Indonesia yang selama ini mencari sosok pemimpin yang bisa membuat Indonesia lebih dikenal di mata dunia. Nah siapa sajakah para pemimpin daerah yang telah berhasil merubah daerah kepemimpinannya menjadi lebih baik, berikut ulasannya :

Lima kepala daerah yang berhasil mengubah wajah daerahnya


1.Joko Widodo, saat menjabat sebagai Walikota Surakarta (Solo)


Joko Widodo, saat menjabat sebagai Walikota Surakarta (Solo)

Sebelum akhirnya menjadi orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo pernah menjabat sebagai Walikota Surakarta (Solo) periode 2005-2012. Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, berhasil membawa perubahan untuk kota Solo jadi kota yang lebih baik. Pada mulanya, Solo menjadi kota dengan penataan yang buruk. Ditambah, dengan masalah masyarakat Solo yang seringkali menolak untuk ditertibkan. Tetapi, di bawah kepemimpinan Jokowi, Solo mampu berubah dan menjadi kajian di universitas dalam maupun luar negeri.

Saat menjabat sebagai Walikota Solo, Jokowi aktif melakukan pembangunan kota hingga blusukan mengunjungi warganya. Ia kerap mengampanyekan gerakan anti korupsi, yang membuatnya mendapat reputasi sebagai politisi jujur di Indonesia dan diakui dunia.

2.Ridwan Kamil, Walikota Bandung


Ridwan Kamil, Walikota Bandung

Walikota Bandung Ridwan Kamil, atau yang akrab disapa Kang Emil, menjadi salah satu ikon pemimpin muda. Tidak sedikit yang setuju bahwa Bandung kini telah menjadi lebih baik dari berbagai aspek. Presiden PKS Anis Matta juga menyetujui adanya perubahan tersebut. Ia menilai bahwa masyarakat jadi punya lebih banyak pilihan tempat untuk mengekspresikan kreativitas.

Bandung yang semula padat, macet, bertumpuk sampah, dan penuh dengan jalan berlubang, telah berubah menjadi kota yang nyaman. Perubahan yang telah ia lakukan adalah dengan melakukan sendiri apa yang ia perintahkan kepada warganya. Kemudian, ia juga turun langsung ke lapangan untuk melihat berbagai permasalahan kota Bandung.

3.Tri Rismaharini, Walikota Surabaya


Tri Rismaharini, Walikota Surabaya

Nama Walikota Surabaya Tri Rismaharini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Bahkan orang ternama bernama Swatt, pendiri Business Executives for National Security Stanley Weiss pernah membuat artikel tetang sosok Ibu Risma, sapaan akrab Tri Rismaharini, dengan judul “Surabaya’s Mrs. Mayor: Indonesia’s Best-Kept Secret”. Dalam artikel itu, Stanley Weiss menuliskan bahwa Risma merupakan pahlawan baru untuk kota Surabaya dalam bentuk walikota. Ibu Risma sering terlihat sedang memunguti sampah di sepanjang jalan pada pukul 05.30. Sore hari, ia juga sering mengingatkan anak-anak, yang sedang asyik bermain di taman, untuk rajin belajar. Pada malam harinya, ia sering terlihat berpatroli di taman dan memberikan teguran kepada anak di bawah umur yang berkeluyuran.

Ibu Risma pula telah berhasil merubah tempat pel4curan jadi taman kanak-kanak dan mengubah SPBU tua menjadi tempat bermain. Surabaya yang oleh novelis Belanda disebut sebagai “Kota kotor penuh pretensi dan keserakahan”, kini bertransformasi menjadi “Sparkling Surabaya” berkat kerja Ibu Risma.

4.Nurdin Abdullah, Bupati Bataeng


Nurdin Abdullah, Bupati Bataeng

Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah pun dikenal berkat kiprahnya dalam membangun Bantaeng dari daerah tertinggal menjadi kabupaten yang memiliki kemajuan pesat. Berkat kepemimpinannya pertumbuhan ekonomi kabupaten Bantaeng terus menunjukkan peningkatan. Tahun 2010, pertumbuhan ekonomi Bantaeng mencapai 7,9%. Tahun 2011, juga meningkat menjadi 8,43%. Kemudian, setahun berikutnya, di atas 9%. Ini bisa terjadi karena Nurdin Abdullah berhasil mengubah pola pikir masyarakat, dari konsumtif menjadi lebih produktif.

5.Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulawesi Selatan


Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulawesi Selatan

Syahrul Yasin Limpo pernah menerima penghargaan Budhipura Kencana, yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang inovasi teknologi daerah, tiga tahun berturut-turut terhitung sejak 2012. Penghargaan Budhipura Kencana merupakan bentuk apresiasi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Penghargaan itu diperoleh Syahrul karena telah memimpin Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan baik. Ia berhasil membawa Sulsel sebagai provisi yang mandiri dalam banyak hal. Pemprov Sulsel dinilai sudah menunjukkan kemandirian seperti kemandirian pangan dan energi yang membuat BPPT merekomendasikan negara memberikan penghargaan itu.

Semoga saja para pemimpin yang telah berhasil membawa kemajuan untuk daerahnya, bisa menjadi inspirasi untuk pemimpin pemimpin lainnya. Dan semoga akan lebih banyak lagi pemimpin daerah berprestasi yang akan membawa Indonesia menjadi lebih maju dimasa mendatang. Merdeka!
loading...

0 Response to "5 Kepala Daerah yang sukses Membangun Daerahnya"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.