Bahaya Menggunakan (Cotton Buds) Korek Kuping

loading...
Bahaya Menggunakan (Cotton Buds) Korek Kuping - Saat telinga dipenuhi dengan kotoran pastinya akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Bahkan akan sedikit mengganggu penampilan bila kotoran itu napak keluar dari telinga, pastinya akan memberikan kesan jorok, kan?

Bila sudah seperti itu makan biasanya kita akan membersihkan telinga dengan bantuan alat, misalnya adalah cotton buds. Membersihkan telinga dengan alat yang satu ini memanglah sangat mudah dan menyenangkan, hal itu karena bagian dalam telinga yang terasa gatal akan bisa dijangkau oleh korek kuping.

Namun sayangnya penggunaan cotton buds ini tidaklah aman, dokter sudah memperingatkan risiko buruk yang mungkin terjadi ketika menggunakan korek kuping. Terlebih jika anda memasukkan cutton bud terlalu dalam ke telinga.

Bahaya Menggunakan (Cotton Buds) Korek Kuping

Diketahui bahwa di dalam telinga, terdapat kelenjar yang bertugas menghasilkan zat semacam lilin yang disebut serumen dan lebih dikenal dengan kotoran telinga. Serumen ini berwarna kuning hingga kecokelatan seperti yang bisa orang lihat.

Ketika lilin ini menutupi bagian lubang telinga, banyak orang yang segera mengorek kuping mereka untuk membawa kotoran keluar sekaligus juga menghilangkan rasa tidak nyaman seperti gatal, risih dan lain sebagainya.

Baca juga:
Cara Meningkatkan Produktivitas
6 Langkah Wujudkan Mimpi Jadi Pengusaha Sukses
Maslah pada gigi yang ditambal
Orang Malas juga Bisa Sukses Lho, Inidia Alasannya

Sayangnya kebiasaan tersebut dapat menimbulkan masalah pendengaran. Hal ini disebabkan karena bagian ujung cutton bud yang berupa kapas tersebut dapat mendorong lilin menuju bagian yang lebih dalam yakni gendang telinga.

Jika kotoran menekan kulit gendang telinga maka akibatnya gendang telinga tidak dapat bergetar dengan baik dan dapat menyebabkan masalah pendengaran. Selain itu lilin yang terdorong terlalu dalam dapat merusak saluran telinga dan gendang telinga.

Sementara itu menurut para ahli dari Oxford University Hospitals, manusia sebenarnya tidak perlu membersihkan telinga menggunakan alat bantu dari luar karena telinga sendiri sudah dapat membersihkan diri secara alami.

Jika seseorang menggunakan cutton buds atau benda apa pun untuk membantu membersihkan kotoran di telinga. Maka sebenarnya orang tersebut telah mengganggu sistem pembersih alami di telinganya.

Apabila terdapat kotoran yang terlampau banyak dalam telinga, anda lebih disarankan meminta bantuan dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan atau THT untuk membantu membersihkannya. Sedangkan untuk kotoran telinga bagian luar bisa anda bersihkan sendiri.
loading...

0 Response to "Bahaya Menggunakan (Cotton Buds) Korek Kuping"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.