Ketika Budaya Sunda Menyihir Dunia

loading...
Ketika Budaya Sunda Menyihir Dunia - Sebagai anak bangsa yang lahir dan di besarkan di Indonesia sudah sepatutnya kita bangga, bangsa yang kaya akan suku, budaya dan bahasa. Terutama bagi orang-orang yang tinggal di jawa barat, yang mayoritas merupakan suku Sunda. Kini budaya yang berasal dari Sunda telah berkeliling dunia. Banyak orang-orang luar Indonesia yang mulai menyukai budaya yang berasal dari Jawa Barat ini.

Ketika Budaya Sunda Menyihir Dunia

Pihak KBRI Madrid (ibu kota Spanyol) yang telah berpartisipasi pada sebuah acara Diplomatic Cultural Show 2015. Dalam acara tersebut pihak KBRI dengan bangga menunjukkan beragam seni musik, tari dan peragaan busana. Tema Sunda dengan seni musik Rampak Kendang serta busana khas pasangan pengantin sunda sangat sukses mencuri perhatian dari warga Spanyol yang datang dalam acara tersebut.

Seperti yang dilaporkan di Laman KBRI Madrid acara Diplomatic Cultural Show 2015 dilangsungkan di Hotel InterContinental Madrid pada tanggal 27 April 2015 kemarin. Acara ini adalah bentuk dari acara tahunan Asosiasi Diplomatik Internasional di Spanyol (Asociacion Internacional de Diplomaticos en Espana / AIDE) yang dibuka oleh Ratu Spanyol, Sofia.

Diplomatic Cultural Show 2015 pun berlangsung dengan sangat meriah, acara tersebut dihadiri oleh kalangan pejabat pemerintah dan dari kalangan diplomatik dari 50 negara yang berakreditasi di Spanyol. Selain budaya Sunda beberapa perwakilan negara lain juga ikut serta memberikan pertunjukkan seni musik dan tari serta peragaan  busana tradisionalnya masing-masing.

Adapun beberapa negara yang ikut berpartisipasi di acara ini adalah, selain Indonesia ada juga Azerbaijan, India, Jepang, Pakistan, Filipina, Mesir, Latvia, Slovenia, Rusia, Afrika Selatan, Paragauay, Brasil dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini, Indonesia mengangkat tema Jawa Barat atau Sunda dengan menampilkan seni musik Rampak Kendang dan peragaan busana pengantin tradisional khas Sunda.

Penampilan yang diberikan Indonesia mendapat sambutan yang meriah dari tamu-tamu undangan yang hadir. Para tamu sangat merasa kagum hingga mereka ingin mempelajari budaya Sunda lebih dalam lagi.

Disampaikan oleh Duta Besar RI Madrid, Yuli Mumpuni Widarso, partispasi KBRI Madrid dan DWP KBRI Madrid pada acara ini bukan hanya ditujukan untuk mempromosikan Indonesia di Spanyol. Tetapi juga untuk berperan aktif dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada lembaga yang ada di Spanyol.

Baca Juga:
Koleksi Mobil Mewah Selebriti Papan Atas Indonesia
Rahasia negara Bhutan menjadi negara paling bahagia
Pria paling sulit ungkapkan 5 hal ini pada wanita
Hal ini selaras dengan fungsi KBRI Madrid yaitu untuk mempromosikan Indonesia bukan hanya melalui promosi seni budaya Indonesia tetapi juga lewat pembentukan citra positif Indonesia. Serta, peningkatan people-to-people contact di negara akreditasi.

Budaya Indonesia memang sangat beragam dan beraneka rupa, semoga saja budaya-budaya yang lain bisa juga menjadi budaya yang bisa menarik banyak perhatian dunia. Jangan sampai budaya tradisional Indonesia tertinggal dari budaya orang lain. Tunjukkan jika budaya Indonesia tak kalah hebat dari budaya negara Lain.

Maju Terus Indonesia...
loading...

0 Response to "Ketika Budaya Sunda Menyihir Dunia"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.