6 Penemuan Paling Canggih di Era Dunia Modern

loading...
6 Penemuan Paling Canggih di Era Dunia Modern - Teknologi yang terus berkembang pesat setiap waktu membawa perubahan besar untuk dunia. Banyak hal baru yang ditemukan hingga berhasil di kembangkan, dan banyak teknologi baru yang bermunculan setiap waktunya. Pada masa sekarang ini sesuatu yang dulunya mustahil untuk dibuat sekarang bisa dengan mudah kita dapat.

Dengan bantuan teknologi manusia bisa bekerja dengan lebih mudah dan lebih cepat. Seperti beberapa penemuan berikut ini, dimana berkat teknologi yang semakin maju, serta ilmu pengetahuan yang semakin berkembang, manusia telah berhasil membuat penemuan-penemuan super canggih dan dikatakan sebagai penemuan paling tangguh di dunia.

6 Penemuan Paling Canggih di Era Dunia Modern

6 Penemuan di Era Modern yang paling tangguh di dunia


Gigi siput laut, material terkuat pemberian alam


Seorang profesor dari Fakultas Teknik Universitas Portsmouth Inggris, Asa Barber, telah mengungkapkan bahwa seekor siput laut memiliki gigi dengan yang sangat kuat bahkan dibandingkan dengan material apapun yang ada di bumi. Siput vegetarian berbadan rata-rata lima sentimeter ini ternyata lebih kuat dari jaring laba-laba, titanium, atau kevlar.

Baca juga:
Para penemu ini menyesal dengan penemuannya
Ritual untuk bayi paling mengerikan di dunia
7 Mualaf paling menginspirasi dunia
Gigi-gigi itu memiliki komposisi frame protein dan kandungan serat goethite rapat. Goethite adalah sejenis mineral oksida yang biasa ditemukan dalam tanah dan lingkungan bersuhu rendah. Mineral ini merupakan materi penyusun bijih besi.

Untuk memisahkan gigi-gigi itu di laboratorium, Barber membutuhkan tekanan sebesar 6,5 gigapascal (Gpa). Sedangkan jaring laba-laba membutuhkan 4,5 Gpa dan kevlar hanya 3-3,5 Gpa. Diharapkan, penemuan material pada gigi siput laut ini mampu melahirkan material kuat, tetapi ringan. Teknologi semacam ini dapat bermanfaat terutama di bidang otomotif.

"Gorilla glass", Mampu melindungi layar ponsel anda


Kaca Gorilla Glass 4 yang sekarang telah banyak digunakan pada layar ponsel-ponsel pintar dinyatakan memiliki kekuatan menahan benturan keras sekaligus goresan kasar. Edisi keempat kaca ini juga berhasil melewati pengujian drop test dengan imbas kejatuhan 80 persen lebih keras dari versi sebelumnya.

Bukan hanya itu saja, kaca ini mampu mengurangi jumlah bakteri sampai 1 juta kali hanya dalam waktu 2 jam. Seperti diketahui, bakteri pada perangkat ponsel 10 kali lebih banyak ketimbang bakteri dalam toilet. Teknologi kuat dan higenis ini juga telah di tempelkan pada ponsel pintar sekelas Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge terbaru keluaran Samsung.

Kaca metalik anti retak


Tidak lama, dunia pembangunan akan dihebohkan dengan penemuan kaca yang super kokoh. Dipimpin oleh Marios D Demetriou, para peneliti dari California Institute of Technology (Caltech) mengembangkan kaca metalik.

Kaca metalik mempunyai struktur kimia penetral kerapuhan kaca, tetapi dapat mempertahankan ke kokohannya. Berbahan dasar paladium, silikon, germanium, dan perak menjadikan kaca tidak terlalu padat dan lebih ringan dari baja.

Namun, gelas metalik masih mahal dan sulit diracik. Jadi, penggunaan untuk keperluan produksi masih harus menunggu.

Millau Bridge, jembatan paling tinggi di Dunia


Jembatan Millau Bridge merupakan jembatan yang menjulang setinggi 1.125 kaki atau setara 342,9 meter menyeberangi lembah Sungai Tarn di dekat Millau, Perancis bagian selatan. Angka ini hampir tiga kali lipat dari tinggi Monas (Monumen Nasional). Bahkan, 19 meter lebih tinggi dari Menara Eiffel.

Coba bayangkan, bagaimana rasanya mengendarai kendaraan di ketinggian seperti itu. Tetapi, jangan khawatir. Tujuh tiang berbobot 36.000 ton dirancang mampu menyangga badan jembatan ini.  Tak hanya itu yang membuat kokoh. Ada kabel-kabel kuat melekat di setiap tiang penyangganya. Pengemudi pun dapat melintasinya dengan aman.

Audi A8 L, mobil keren anti peluru


James Bond pasti akan merasa aman berkendara dalam Audi A8 L Security saat menjalankan misinya. Dia mampu gesit kabur saat situasi mulai genting dan berbahaya. Pasalnya, mobil asal Jerman itu dapat berlari dengan kecepatan 100 km per jam dalam waktu hanya 7 detik.

Bukan itu saja. Audi A8 L ini juga tahan peluru. Bahkan, penumpang di dalamnya tetap tak perlu khawatir dari serangan granat mendadak. Memang, kabin mobil ini juga dirancang bisa memberikan udara segar secara otomatis. Jadi, saat musuh menembakkan gas beracun, penumpang tak akan terpengaruh udara luar.

M1 Abrams, tank perang ter kuat di dunia


Tank M1 Abrams adalah kendaraan perang paling tangguh yang merupakan generasi ketiga yang di produksi AS. M1 Abrams, diyakini menjadi tank paling tangguh di dunia. Namanya diambil dari mantan Kepala Staf dan Komandan Angkatan Perang AS di Vietnam, Jenderal Creighton Abrams.

Selain berlapis baja komposit canggih, keistimewaan lain M1 Abrams adalah penggunaan mesin turbin gas dan penyimpanan amunisi yang terpisah. Jadi, keselamatan kru dalam tank pun lebih terjamin.

Berat tank mencapai 62 ton dan tergolong ter berat di kelasnya. Meski mulai mengabdi sejak 1980, tank ini masih selalu dipercayakan berada di garda depan medan peperangan. Dengan berbagai peningkatan teknologinya, hingga kini telah ada tiga versi yang diproduksi, yaitu M1, M1A1, dan M1A2.

Demikianlah 6 penemuan paling tangguh di era modern ini. Penemuan tersebut memang bisa membawa dampak yang baik untuk kehidupan manusia. Bukan tidak mungkin kedepannya akan semakin banyak penemuan-penemuan baru yang ditemukan oleh manusia.
loading...

0 Response to "6 Penemuan Paling Canggih di Era Dunia Modern"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.