7 Kisah Mualaf Paling Menginspirasi Di Dunia

loading...
7 Kisah Mualaf Paling Menginspirasi Di Dunia - Mualaf merupakan sebutan untuk mereka orang yang baru masuk dan mengenal agama Islam sehingga masih awam dalam hal Ilmu agama Islam, Sedangkan dalam bahasa Arab sendiri, Mualaf artinya adalah orang yang berserah diri, tunduk dan pasrah.

Seseorang memutuskan diri untuk masuk Islam dan menjadi seorang mualaf biasanya karena telah mendapatkan hidayah dari Allah SWT, Biasanya para Mualaf yang Islam karena Hidayah Allah SWT mereka akan benar-benar mendalami ajaran Islam.

Untuk menjadi seorang mualaf memanglah bukan pilihan yang mudah untuk dilakukan, bagi mereka yang telah memutuskan diri untuk menjadi seorang muslim atau muslimah, hingga berpindah keyakinan dan menjadi umat Islam yang taat, tentunya akan mengalami beberapa hal yang mungkin tidak pernah kita rasakan yang sejak lahir sudah menjadi orang Islam.

Baca juga:
Benarkan Lindsay Lohan jadi mualaf
Mantan model majalah memutuskan berhijab setelah jadi mualaf
Hijaber cantik meninggal setelah wisuda
Oleh karena itu bagi kita yang telah terlahir sebagai muslim sebaiknya membantu memberikan ilmu agama Islam kepada mereka yang baru mengenal Islam, agar para mualaf ini bisa tumbuh menjadi seorang islam yang benar-benar mencintai agama islam.

Berikut ini merupakan beberapa kisah-kisah para mualaf yang paling berpengaruh di dunia yang telah kami rangkum dari berbagai sumber, silahkan disimak dan jangan lupa untuk berbagi yah:


Kisah Malcolm X


 Kisah Malcolm X

Dilahirkan sebagai seorang berkulit hitam, Malcolm X dimarginalkan karena masyarakat Amerika kala itu masih sangat sensitif dengan isu rasial. Karena kasus kriminal yang telah dilakukan dia harus mendekam di jeruji besi selama 8 tahun untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Tetapi justru saat itulah dia mulai terpengaruh dengan pemikiran pemikiran Negara islam yang dibawa oleh salah satu kelompok yang menyimpang yaitu Nation of Islam. Setelah sempat menyetarakan hak hak kulit hitam dengan kulit putih, Malcolm kemudian melihat kekeliruan gerakan yang dipimpinnya itu hingga akhirnya dia meninggalkannya.

Saat Malcolm menjalankan ibadah haji pada 1964, dia berhasil menemukan hakikat islam yang sebenarnya. Sampai kemudian dia pulang kembali ke Amerika dan mulai mengajarkan nilai-nilai Islam kepada warga Afrika-Amerika di sana. Pada 1965 malcolm dibunuh oleh anggota nation of islam, tetapi Malcolm X dianggap memberikan pengaruh yang cukup besar bagi perjuangan umat muslim di Amerika dan bersamaan hak warga hitam yang termarjinalkan.

Kisah Alexander Russell Web


 Kisah Alexander Russell Web

Pada akhir abad 19 dunia jurnalistik di Amerika mulai memasuki sebuah era baru. Pengaruh dari berbagai tulisan yang diterbitkan sangat besar dalam menimbulkan opini-opini masyarakat. Salah seorang yang ikut berperan dalam dunia tersebut adalah Alexander Russel Webb.

Pada mulanya Alexader membuka diri kepada setiap agama, hingga akhirnya dia menemukan kedamaian dalam agama Islam, dan merasa tertarik untuk mempelajarinya secara lebih lanjut.

Tahun 1893, ia mengundurkan diri dari sang diplomat amerika di Filiphina. Di negeri paman sam inilah ia mulai berdakwah tentang Islam. Di awal abad 20 Alexander semakin dikenal sebagai muslim yang giat dan loyal dalam mendakwahkan Islam di Amerika.

Kisah Abdullah Takazawa


 Kisah Abdullah Takazawa

Dia memiliki nama asli Taqi Takazawa, dari segi penampilan dia memiliki penampilan ala mafia Jepang yang biasa disebut Yakuza. Selama 20 tahun memang Takazawa berprofesi sebagai penato anggota geng paling ditakuti di negeri matahari terbit itu. Tetapi sekarang Takazawa telah jadi satu dari 5 imam masjid besar di Jepang.

Perkenalannya dengan dunia islam berawal saat Takazawa melihat seorang kulit putih berjanggut di Syria. Orang berjanggut putih itu memberi selembar kertas dan menyuruhnya membaca kalimat yang tertera. Pertemuan dengan orang tersebut membekas di benak Takazawa. Takazawa pun melaksanakan ibadah haji dan menimba ilmu beberapa bulan di Mekkah.

Kisah Ingrid Mattson


 Kisah Ingrid Mattson

Islamic society of north Amerika atau ISNA sepertinya sudah tepat memilih Ingrid Mattson sebagai orang nomor 1 sebagai pemimpin organisasi besar dan berpengaruh di Amerika tersebut. Wanita kelahiran kanada 50 tahun silam ini sempat menjadi seorang atheis sebagai orang yang tidak mempercayai keberadaan tuhan.

Tetapi saat dirinya menempuh pendidikan di salah satu universitas di amerika dan memilih jurusan seni dan filsafat disitulah dia mulai berkenalan dengan agama Islam. Setelah menjadi mualaf tahun 1986, Ingrid pun langsung memutuskan untuk berhijab. Kemudian pada tahun 1987 Ingrid memutuskan pergi ke Pakistan dan menjadi relawan kemanusiaan.

Setelah mendapatkan gelar doctoral di Universitas Chicago pada tahun 1999 ia terus aktif mendidik muslim kanada untuk menjadi partisipan aktif dalam masyarakat. Pada inagurasi Barack Obama setelah ia menang dalam pemilu presiden Amerika serikat, nama Ingrid Mattson pun masuk kedalam daftar tokoh salah satu yang diundang.

Kisah Suhaib Webb


 Kisah Suhaib Webb

Pada usia 14 krisis kepercayaan terjadi dalam diri Shuaib Webb yang hingga akhirnya berbah menjadi ketidak yakinan pada agama yang dia anut nya kala itu. Ia menjadi disc jockey hop dan menjadi produser lokal yang sukses dan melakukan rekaman bersama sejumlah artis. Tetapi ditengah kesuksesan yang dia raih dia tidak merasakan kebahagiaan yang utuh, hingga akhirnya dia mengenal Islam. Setelah memutuskan untuk masuk Islam dia meninggalkan profesi yang dijalaninya dan lebih fokus mempelajari ilmu-ilmu Islam.

Pria asal Amerika ini juga sering jadi imam dan pemuka agama bagi komunitas komunitas di seluruh penjuru amerika. Selain itu, pria yang berprofesi sebagai dosen dan aktivitis itu pernah menggalang dana 200 juta rupiah untuk janda dan pemadam kebakaran yang tewas dalam serangan. Atas aksinya tersebut pada tahun 2010, royal Islamic study center memasukkan namanya kedalam daftar 500 muslim paling berpengaruh di dunia.

Kisah Daniel Strech


 Kisah Daniel Strech


Daniel Strech merupakan seorang anggota partai rakyat swiss atau SPD di Switzerland. Dia adalah politikus kondang yang dikenal karena sikapnya yang keras menentang pembangunan masjid di seluruh wilayah swiss. Sampai akhirnya Daniel berusaha memahami dan mempelajari Al-quran dan ajaran ajaran islam dengan tujuan untuk menyudutkan kaum muslimin.

Tak disangka di tengah upayanya ini Daniel justuru malah menemukan kebenaran Al-quran dan mengakui kebenarannya hingga akhirnya ia menjadi seorang muslim. Setelah menjadi mualaf, Daniel memfokuskan kegiatannya berpartisipasi dalam pembangunan partai demokrat baru. Gerakan ini memfokuskan diri dalam mentoleransi beragama, mempromosikan nilai nilai perdamaian dan kerja sama dalam kehidupan.

Kisah Bilal Philips


 Kisah Bilal Philips

Abu Amina Bilal Philips atau yang memiliki nama asli Dennis Bradly Philips. Pria yang memiliki darah jamaika ini menghabiskan masa kecilnya di kanada. Kecintaannya terhadap muslim memberinya kesempatan kepada pria berumur berusia lebih dari 60 tahun ini menjelajah ke berbagai Negara termasuk Malaysia dan Indonesia pada tahun 1960-an.

Di dua Negara berpenduduk mayoritas islam ini Philips mulai tertarik mempelajari dan mendalami agama islam dan memutuskan untuk mempelajari islam secara intensif. Pada tahun 1990an Philips bekerja di departemen agama arab Saudi. Kala itu perang teluk sedang berkecamuk. Saat tentara amerika serikat bermarkas disana, Philips terpilih untuk memberi materi seputar islam kepada mereka. Hasilnya sekitar 3000 serdadu amerika menjadi mualaf karenanya.

Mungkin itulah 7 Mualaf yang telah memberikan pengaruh yang sangat besar bagi seluruh dunia, semoga saja perjuangan para mualaf dalam memperjuangkan keadilan di dunia mendapatkan balasan yang setimpal di sisi Allah SWT.
loading...

0 Response to "7 Kisah Mualaf Paling Menginspirasi Di Dunia"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.