8 Tips Cara Menjadi Marketing yang Sukses

loading...
8 Tips Cara Menjadi Marketing yang Sukses -  Sepertinya siapa saja pasti sudah mengenal istilah marketing, kan? Bila anda bekerja di sebuah perusahaan anda pasti sering mendengar kata marketing. Seorang Marketing keberadaannya sangat penting di suatu perusahaan. Untuk suatu perusahaan peran marketing sangat penting karena itulah yang akan menentukan besar atau kecilnya tingkat penjualan.

Bagi sebuah perusahaan marketing memiliki fungsi untuk mencari, mendapatkan, dan mempertahankan, serta memperbanyak konsumen. Dengan konsep marketing yang benar serta orang-orang marketing yang berkualitas dapat meningkatkan angka penjualan sebuah perusahaan.

Oleh karena itu setiap perusahaan akan menerapkan bermacam cara untuk mendapatkan orang-orang yang benar-benar mempunyai keahlian yang signifikan dalam hal pemasaran. Karena perusahaan tahu, tanpa adanya orang-orang yang berkualitas di bagian marketing, perusahaan tidak akan maju dan berkembang.

8 Tips Cara Menjadi Marketing yang Sukses

Marketing juga dapat menentukan jumlah konsumen yang menjadi langganan dari suatu perusahaan. Semakin banyak perusahaan memiliki konsumen makan akan semakin besar pula pemasukan perusahaan tersebut, yang juga berlaku sebaliknya. Untuk itu banyaknya atau sedikitnya jumlah konsumen di suatu perusahaan tak pernah lepas dari peranan marketing di perusahaan tersebut.

Nah, untuk anda calon marketing sukses, berikut ini kami berikan 8 Cara Menjadi Seorang Marketing Sukses:


#1. Menjadi Seorang Marketing yang Jujur


Yang pertama dan utama yaitu seorang marketing harus memiliki kejujuran. Seorang marketing harus selalu memiliki sifat jujur kepada para konsumennya. Jangan sampai anda berkata bohong atau memberikan rincian yang tidak ada kaitannya dengan yang anda tawarkan.

Ingat, ke jujuran akan selalu dihargai dan dicintai oleh siapapun orang di dunia ini. Bila anda berkata bohong sekali saja, maka mereka akan sulit untuk percaya kembali.

#2. Memiliki Gadget yang Dapat Menghemat Waktu


Semua pekerjaan akan membutuhkan komunikasi, baik dari pihak maupun pembeli. Seperti itu pula dalam dunia marketing dimana kita harus memiliki komunikasi yang baik antara anda sebagai pembeli dengan konsumen.

Komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Jika Anda sebagai pelaku bisnis bisa membangun komunikasi yang baik kepada para pembeli, Anda pun bisa dengan mudah membujuk mereka untuk membeli produk yang ditawarkan.

#3. Selalu Bersikap Optimis dan Pantang Menyerah


Kegiatan marketing memiliki tantangan dan hambatan yang cukup besar, sehingga tidak semua orang bisa bertahan dengan profesi tersebut. Di kejar-kejar dengan target perusahaan atau mengalami penolakan dari calon konsumen merupakan salah satu tantangan kecil yang harus diterima para marketing.

Seorang marketing sejati memang harus selalu optimis dalam melayani konsumen dan pantang menyerah dalam setiap keadaan. Antusiasme dan semangat Anda kepada calon pelanggan menjadi magnet yang kuat, sehingga konsumen yakin memilih produk atau jasa yang Anda pasarkan.

Optimis dan pantang menyerah merupakan kunci utama kesuksesan Anda sebagai seorang marketing.

#4. Memperhatikan Respon Konsumen


Terkadang setiap pelanggan memberikan respon berbeda-beda terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Bila pelanggan puas dengan produk atau jasa Anda, cantumkan respon tersebut sebagai bukti nyata untuk memperkuat keunggulan produk yang ditawarkan. Namun jika respon konsumen kurang memuaskan, jadikan sebagai bahan evaluasi bagi Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik ke depannya.

#5. Memperluas Jaringan Bisnis dan Pertemanan


Memiliki jaringan bisnis yang cukup luas tentunya akan memudahkan Anda dalam menjalankan usaha. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jaringan bisnis yang Anda miliki. Mulai dari peluang kerja sama di bidang permodalan, memudahkan Anda dalam pemasaran bisnis.

Tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa kendala dalam menjalankan usaha dapat terselesaikan melalui bantuan jaringan bisnis yang Anda bangun dengan baik. Semakin luas jaringan yang Anda miliki, maka bertambah besar pula peluang yang tercipta untuk mendapatkan calon konsumen baru. Jadi, jangan pernah ragu untuk membuka jaringan baru dan perluas pengetahuan Anda untuk mendapatkan pelanggan baru.

#6. Memahami Perilaku Konsumen


Sebelum menawarkan produk atau jasa ke konsumen, terlebih dahulu tentukan target pasar yang akan Anda bidik. Bisa jadi Anda membidik komunitas anak muda, khusus wanita, ataupun masyarakat umum yang berasal dari kalangan menengah atas atau kalangan menengah ke bawah.

Pastikan bahwa Anda memasarkan produk atau jasa kepada target pasar yang tepat. Karena itu seorang marketing yang cerdas harus harus bisa mengenali dulu perilaku konsumen yang Anda bidik untuk mengetahui minat dan kebutuhan mereka.

#7. Menguasai Product Knowledge


Satu-satunya cara agar meyakinkan pembeli atau klien adalah dengan memberikan informasi lengkap mengenai produk tersebut. Dengan mengetahui segala informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, maka secara tidak langsung dapat membantu Anda untuk meyakinkan para calon konsumen.

Berikan informasi dengan jelas tentang kelebihan produk, kegunaannya, kualitasnya, serta harga produk kepada calon konsumen. Tujuannya agar mereka semakin yakin untuk memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Seorang marketing harus dengan sigap menjawab pertanyaan konsumen atas barang atau produk yang ditawarkan. Untuk itu sebelum menawarkan produk seorang marketing harus benar-benar menguasai seluk beluk produk yang akan ditawarkan.

#8. Buat Strategi dan Target Konsumen


Bagi Anda yang baru keterima kerja dan kebetulan ditempatkan di bagian marketing, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buatlah kegiatan promosi yang dapat menarik minat pelanggan. Misalnya dengan memberikan potongan harga, menawarkan bonus tertentu untuk pembelian di atas rata-rata, menambahkan undian berhadiah pada event-event khusus, atau mengadakan beberapa kegiatan promosi yang melibatkan konsumen sebagai pesertanya.

Seperti menjadi sponsor utama kegiatan sepeda gembira, jalan sehat bersama, serta acara lainnya yang bertujuan membangun loyalitas konsumen. Tentukan juga target dan segmentasi pasar antara produk dan konsumen, seperti produk A cocok untuk konsumen tingkat apa dan buat strategi serta target yang harus Anda raih dalam melakukan kegiatan pemasaran tersebut.

Demikianlah beberapa tips untuk menjadi seorang marketing sukses yang dapat kami berikan untuk anda. Anda bisa mulai menerapkan tips diatas dalam pekerjaan anda sekarang. Intinya adalah kita harus berani mencoba melakukan yang terbaik karena apabila kita tidak mencoba maka kita tidak akan pernah tahu.
loading...

0 Response to "8 Tips Cara Menjadi Marketing yang Sukses"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.