Triniada Memiliki Danau Unik yang Berisi Aspal Lengket

loading...
Triniada Memiliki Danau Unik yang Berisi Aspal Lengket - Sungguh aneh danau ini terisi oleh aspal lengket, dan sekarang menjadi tempat favorit wisatawan yang datang ke sana.

Bila pada umumnya danau yang kita kunjungi selalu berisi air yang bersih dan jernih. Tetapi danau yang satu ini sangat berbeda dari danau pada umumnya. Danau tersebut terletak di Desa La Brea, Trinidad Afrika, bukan air yang bersih jernih yang menjadi isinya tetapi Aspal lengket lah yang memenuhinya. Danau itu bernama Danau Pitch, mereka biasa menyebutnya danau Aspal sekaligus sumber aspal terbesar di dunia. Danau Pitch memiliki kandungan aspal alami terbesar di dunia. Setidaknya, ada 10 juta ton aspal alami di danau tersebut.


Danau unik ini untuk pertama kalinya ditemukan oleh Sir Walter Raleigh tahun  1595. Raleigh menggunakan aspal dari danau itu untuk memperbaiki kapal-nya. Segera setelah danau ini terekspos, pertambangan di danau aspal ini pun dimulai pada tahun 1867.

Aspal dari danau ini bukan hanya digunakan di Trinidad, Tobago saja tetapi juga digunakan di pulau-pulau lain di Karibia. Bukan itu saja, aspalnya juga telah digunakan untuk permukaan jalan dilebihi dari 50 negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, India, Singapura, Mesir , dan bahkan Jepang.

Sejumlah investigasi penelitian dilakukan untuk mengetahui kandungan komposisi aspal di danau tersebut. Ada banyak teori yang tak terhitung jumlahnya, postulasi, dan kesimpulan mengenai ukuran, sumber, dan aspal. Namun ada satu teori yang mengatakan bahwa danau ini terbentuk selama ribuan tahun lalu oleh proses subduksi, ketika jalur patahan bumi menyebabkan minyak naik ke permukaan.

Danau ini memiliki permukaan semi solid sehingga siapa saja bisa berjalan di atasnya. Tetapi, di beberapa area danau, aspal ini melembut sehingga dapat membuat Anda sedikit tenggelam ketika menginjaknya. Air yang ada di danau ini terasa lengket di kulit karena tercampur aspal. Aspal yang ada di danau kebanyakan berwarna hitam dan agak kental.

Kolam akan belerang muncul pada setiap musim hujan. Dimana air akan berkumpul di celah-celah permukaan aspal padat di danau dan tampak seperti kolam. Kandungan belerang di kolam ini terbilang cukup tinggi dan dipercaya bisa sembuhkan penyakit kulit serta nyeri sendi.


Sekarang, danau yang memiliki luas mencapai 41 hektare dengan kedalaman yang mencapai 75 meter adalah objek wisata yang sangat menarik tak kurang dari 20.000 pengunjung setiap tahunnya datang ke danau ini. Selain menjadi tempat objek wisata, d danau ini juga menjadi tempat penambangan aspal. Sebagai keajaiban alam, danau ini memiliki nilai sosial dan ekonomi yang besar untuk penduduk desa ini.

Baca juga: Yuk, Intip Mewahnya Kapal Silver Whisper
Jika anda berminat berkunjung, Anda bisa datang ke danau setiap hari sejak pukul 09.00 hingga 17.00. Biaya masuknya sebesar US$ 12 (Rp 158 ribu) untuk anak di bawah 12 tahun dan US$ 30 (Rp 395 ribu) bagi yang usianya di atas 13 tahun.

Bagaimana tertarik untuk berenang di danau yang dipenuhi aspal lengket?
loading...

0 Response to "Triniada Memiliki Danau Unik yang Berisi Aspal Lengket"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.