Gagal Jadi Dokter Pria Ini Sukses Dengan Usaha Cuci Mobil Tanpa Air

loading...
Gagal Jadi Dokter Pria Ini Sukses Dengan Usaha Cuci Mobil Tanpa Air -  Tidak selalu pendidikan yang telah kita tempuh sejalan dengan apa yang kita cita-citakan. Kisah tersebut di alami oleh seorang Pria Makassar bernama Yus Ardiansyah. Semenjak kecil pria ini sudah memiliki cita-cita menjadi dokter, semasa kuliah ia pun masuk ke universitas kedokteran di Universitas Muslim Indonesia, Makassar. Tetapi apa yang terjadi, dia tidak mampu menyelesaikan kuliah-nya tersebut. Dan cita-cita untuk menjadi dokter pun harus di relakan.

Gagal Jadi Dokter Pria Ini Sukses Dengan Usaha Cuci Mobil Tanpa Air

Namun, Yus (nama panggilan akrabnya) tidak pernah sedikit pun merasa putus asa, saat dia gagal menjadi seorang dokter, ia malah sukses menjadi pengusaha. Dari usaha cuci mobil tanpa air yang ia jalankan belum lama ini, membuat namanya mulai dikenal orang banyak. Kecintaan nya pada dunia penelitian telah berhasil mengantarkan dia pada sebuah terobosan baru, yakni penemuan alternatif untuk mencuci mobil tanpa menggunakan Air.

Loh, tanpa air, kok bisa?

Dalam sebuah wawancara Yus Ardiansyah mengatakan cara bagaimana ia menemukan inspirasi untuk membuat usaha cuci mobil tanpa Air. Inspirasi nya ia dapat dari  melihat masalah yang sering terjadi di Makassar. Di Makassar setiap cuci satu unit mobil bisa menghabiskan sebanyak 500 liter air dan 90% air yang di gunakan adalah air tanah. Yus berpikir jika seandainya penggunaan air ini terus menerus dilakukan pasti akan menimbulkan efek yang kurang nyaman di masyarakat. Dari situlah, bisnis cuci mobil tanpa air (door to door) dimulai.

Yus mulai membuat penelitian ramuan cuci mobil tanpa menggunakan air. Akhirnya ia berhasil temukan formula yang ia beri nama Yussie di tahun 2012 hasil penelitiannya dengan mengekstrak tumbuhan tertentu.

"Jadi ada formula yussy, berupa cairan tetapi tidak mengandung air, dari ekstrak tumbuhan. Dia seperti minyak bisa melepas kotoran dengan otomatis," imbuhnya.

Idenya dimulai pada tahun 2012 dan di tahun yang sama juga dia mulai membangun bisnis cuci mobil door to door dengan beberapa orang temannya. Yus menjelaskan mencuci mobil tanpa air menggunakan formula Yussie juga menggunakan teknik tertentu.

"Kita gunakan kain lap micro fiber atau kain lap yang 10 kali lebih halus. Lalu cara mengelap ini punya teknik tersendiri, di-wipe dulu kemudian di-buff. Jadi ada tekniknya," paparnya.

Cairan Yussie digunakan untuk membersihkan bagian luar dan dalam mobil. Kotoran yang menempel pada body mobil hingga roda kendaraan akan rontok seketika dengan menyemprotkan cairan Yussie dan cairan itu berbahan dasar minyak atau oil base.

"Cuci mobil dengan menggunakan cairan Yussie untuk semua bagian mobil baik luar dan dalam. Jadi pakai formula itu tinggal disemprot dan kotoran hilang karena mengandung oil base dengan konsentrasi seperti minyak cukup tinggi," tuturnya.

Dalam satu hari rata-rata Yus menggunakan 1 botol berisi 375 ml cairan Yussie untuk membersihkan 5 unit mobil. Sekali cuci mobil Yus mematok tarif Rp 50.000. Saat ini Yus masih sebatas membuka bisnis di Makassar, Sulawesi Selatan. Seiring berjalan waktu kini Yus mempunyai 12 tim, masing-masing tim mempekerjakan 2 orang.

Yus belum ingin terbuka mengenai detil omzet yang ia dapatkan di setiap bulannya. Dalam waktu yang tidak lama lagi, Yus akan kembangkan bisnis serupa di Jakarta karena peluang yang cukup besar dan menjanjikan.

"Kalau omzet sudah bisa mencukupi kebutuhan hari-hari. Formula ini untuk membersihkan semua yaitu kaca, interior, dan kita sudah produksi sabun-nya juga. Semua bahan kita produksi dari tumbuhan kami ekstrak dan diambil konsistensi seperti minyak," ujar Yus yang menyabet juara Wirausaha Mandiri Pemula oleh Bank Mandiri.

Semoga saja di Indonesia makin banyak wirausahawan yang se-kreatif Yus Ardiansyah. Menjadi pengusaha itu menyenangkan karena kita bisa menentukan apapun sesuai dengan keinginan kita, toh yang jadi bosnya kita sendiri kan.

Baca juga:
6 Teknologi Mobil ini akan segera hadir dalam 10 tahun
3 Kisah nenek yang dihukum karena masalah sepele
Semoga kisah, Gagal Jadi Dokter Pria Ini Sukses Dengan Usaha Cuci Mobil Tanpa Air. Bisa memberikan inspirasi untuk anda, salam sukses...
loading...

0 Response to "Gagal Jadi Dokter Pria Ini Sukses Dengan Usaha Cuci Mobil Tanpa Air"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.