Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi Secara Efektif

loading...
Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi Secara Efektif - Kolesterol adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh, namun tingkat kolesterol yang tinggi dapat berbahaya bagi kesehatan bahkan bisa sebabkan kematian. Kolesterol terbagi menjadi dua kategori yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Nah, kolesterol jahat bila dibiarkan berada dalam waktu yang lama didalam tubuh maka bisa sebabkan penyakit stroke, darah tinggi juga serangan jantung.

Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi Secara Efektif

Kolesterol yang terdapat dalam tubuh manusia diproduksi oleh organ hati dan dari makanan yang kita konsumsi. Jenis makanan yang banyak mengandung kolesterol adalah daging, susu, dan kuning telur. Kolesterol jahat yang terdapat didalam tubuh disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan oleh gaya hidup#### yang tidak teratur. Misalnya di negara Amerika, disana jumlah penderita kolesterol cukup tinggi, hal ini akibat dari gaya hidup yang tidak sehat, contohnya cara pengolahan dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Cara Turunkan Kolesterol Tinggi

Bagi anda yang ingin menurunkan kolesterol tinggi, setidaknya ada beberapa cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Yaitu dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang sehat serta menjalankan pola hidup sehat seperti olahraga, jenis makanan dan pola makan.

Tips Turunkan Kolesterol dengan Makanan Sehat

1.Jus Jeruk

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, kini telah tersedia jus jeruk yang lebih sehat, misalnya jus jeruk dengan kolesterol yang dikenal sebagai pitosterol yang dapat meminimalkan lemak jahat.

Selain itu anda juga dapat membuat sendiri jus jeruk dirumah sesuai dengan selera anda. Minum dua gelas jus jeruk setiap pagi. Jus jeruk juga kaya akan kandungan vitamin C, folat, dan potasium. Nutrisi ini berkhasiat untuk mencegah oksidasi pada kolesterol baik,konsentrasi homosistein plasma yang lebih rendah dan berkontribusi terhadap tekanan darah lebih rendah. Menambahkan jus jeruk untuk program diet juga bermanfaat bagi jantung anda.

2.Tomat

Tomat dapat pula digunakan untuk membantu menurunkan kolesterol selain itu buah berwarna merah ini sangat mudah untuk didapatkan harganya pun terjangkau. Tomat memiliki kandungan likopen yang berguna untuk mencegah serangan jantung dan stroke. Tomat bisa dibuat dalam bentuk jus atau sebagai campuran pada makanan. Kandungan dalam tomat mampu turunkan kolesterol jahat jika rutin dikonsumsi setiap harinya. Likopen juga dapat ditemukan dalam buah semangka dan pepaya.

3.Buah Alpukat

Selain memiliki rasa yang enak dan bermanfaat bagi kulit, buah Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh dan pistoterol. Kandungan tersebut mampu turunkan lemak jahat dalam tubuh. Alpukat juga merupakan sumber potsium yang baik, vitamin K, C, serat makanan, vitamin B6 juga folat. Anda bisa mengkonsumsi alpukat sesuai dengan selera, dengan dibuat jus ataupun olahan minuman lainnya.

4.Minyak Zaitun

Seperti yang sudah sering kita dengar bahwa minyak zaitun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, dan ternyata minyak ini juga baik untuk mengatasi kolesterol. Minyak Zaitun banyak mengandung antioksidan dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan mampu tingkatkan kolesterol baik.

Anda bisa mengkonsumsi sekitar 2 sendok atau 25gram olive oil setiap hari, anda bisa mencampurnya dengan makanan anda untuk mendapatkan manfaat baiknya. Anda juga bisa mencampurnya kedalam sayuran atau menggunakannya sebagai pengganti mentega atau minyak goreng saat memasak makanan. Ingat minyak Zaitun juga mengandung kalori, jadi konsumsi secukupnya saja ya..

5.Buah Delima

Buah delima bisa anda gunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi yang anda alami. Buah delima mengandung sejenis antioksidan pelifenol yang dapat turunkan kolesterol jahat.

Berdasarkan hasil laporan penelitian, jus buah delima dapat mencegah atau menghambat penumpukan kolesterol dalam arteri seseorang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

Jus delima dalam kemasan umumnya sudah cukup baik untuk dikonsumsi. Tapi anda juga bisa membuatnya sendiri agar lebih murni tanpa tambahan gula dan pemanis buatan.

6.Kacang Almond

Kacang Almond memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat membantu turunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Lemak yang dikandung kacang Alomond dapat uraikan kolesterol jahat.  Selain itu, Almond juga memiliki kandungan vitamin E dan kalsium.

Sejumlah penelitian menunjukkan, telah terjadi penurunan sebanyak 10% kolseterol jahat pada penderita yang mengkonsumsi almond dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Penurunan ini terjadi tanpa merugikan kolesterol baik. Untuk mendapatkan penurunan kadar kolesterol jahat hingga 10% ini dapat anda lakukan dengan mengkonsumsi 73 gram almond setiap harinya.

Tips Turunkan Kolesterol Jahat dengan Gaya Hidup Sehat


1.Olahraga Teratur

Olahraga merupakan salah satu cara yang bisa anda tempuh sebagai cara ampuh turunkan kolesterol. Anda bisa memulainya dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, lahir atau berenang atau dengan jenis olah raga yang anda sukai.

Olahraga teratur dapat sangat membantu untuk menurunkan kolesterol. Aktivitas fisik yang dilakukan saat berolahraga dapat tingkatkan kolesterol baik.

2.Konsumsi Buah dan Sayur

Anda sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang mengandung tinggi kolesterol seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Anda disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur, terlebih sayur dan buah yang mengandung fitosterol. Ini karena buah yang mengandung fitosterol juga memiliki kandungan serat, dimana serat mampu mempercepat penguraian kolesterol dalam usus kita.

Anda dapat menemukan kandungan fitosterol dalam buah melon, sayur buncis, brokoli, kacang tanah, kedelai, pisang, kembang kol, anggur juga apel.

Anda juga disarankan untuk mengurangi konsumsi glukoten. Gluten adalah kandungan yang terdapat dalam pati sari tepung. Maka sebisa mungkin kurangilah makanan yang terbuat dari tepung atau gandum karena makanan tersebut mengandung gluten cukup tinggi.

3.Kurangi Makanan Tinggi Kolesterol

Merubah pola makan dan jenis makanan adalah salah satu cara terbaik dan ampuh turunkan kolesterol dalam darah yang tinggi, maka sebaiknya kita mulai mengurangi konsumsi makanan berkolesterol tinggi seperti, gorengan daging jeroan, cumi-cumi, telur puyuh, kerang, mentega, kepiting, dan lainnya. Sebaiknya juga kurangi konsumsi fast food atau junk food, karena memang makanan tersebut memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh.

4.Istirahat Cukup

Tidur adalah bentuk dari reaksi tubuh setelah terasa lelah. Waktu istirahat terbaik adalah tidak kurang dari 7 jam sehari. Peneliti mengungkapkan bahwa tidur kurang dari 6 jam per hari dapat kurangi kolesterol jahat. Peneliti juga menambahkan jika, tidur siang lebih dari 30 menit per hari maka akan tingkatkan kadar kolesterol darah.

Jadi kesimpulannya adalah, tidurlah sebanyak 7 jam 30 menit sehari pada malam, dan 30 menit sehari saat siang. Sebenarnya durasi tidur yang dibutuhkan setiap orang berbeda - beda tergantung dari seberapa berat aktivitas yang dia jalankan.

5.Berhenti Merokok

Meskipun kebiasaan merokok adalah kebiasaan yang paling sulit untuk dihentikan, atau bahkan untuk dikurangi saja sudah terasa berat. Selain dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan merokok juga dapat sebabkan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

Dengan berhenti merokok maka tubuh anda akan terasa lebih segar dan sehat, dan kolesterol jahat dalam tubuh pun akan berangsur berkurang.

6.Hindari Stres

Bagi siapapun stres memang sulit untuk dihindari, ini karena setiap orang di dunia ini pasti memiliki masalah yang menjadikan beban pikiran tersendiri. Pada tingkat lanjut stres dapat memicu hipertensi, penyumbatan arteri akibat dari penumpukan plak pada pembuluh darah.

Secara tidak langsung stres pula tingkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.Cara yang paling terbaik untuk menghindari stres adalah dengan melakukan hobi dan segala hal yang dapat membuat anda senang.

Nah demikianlah Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi Secara Efektif. Obat yang paling mujarab adalah rasa ingin sembuh yang kuat dalam diri. Selain dengan menggunakan cara alami diatas anda juga harus rajin cek kesehatan pada dokter. Semoga bermanfaat.
loading...

0 Response to "Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi Secara Efektif"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.