7 Tips Ampuh Cara Hilangkan Bau Mulut

loading...
7 Tips Ampuh Cara Hilangkan Bau Mulut - Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga kesehatan maupun kesegarannya. Ini tentu akan sangat berpengaruh saat anda berbicara dengan orang lain. Pasti tidak ada satu orang pun yang ingin mulutnya mengeluarkan bau yang tidak sedap. Aroma yang tidak enak pastinya akan mengganggu diri sendiri maupun orang lain. Bahkan bisa memberikan kesan yang tidak baik pada lawan bicara anda.
cara menghilangkan bau mulut secara alami

Sama seperti halnya bau badan atau bau ketiak, bau mulut dapat memberikan kesan buruk pada diri anda, dan orang lain akan menilai anda sebagai orang yang jorok dan tidak pandai menjaga kebersihan diri sendiri. Hal ini mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah jika orang tersebut adalah orang dekat atau keluarga anda, tetapi bagaimana bagi klien, partner, atau teman kantor? Pastinya akan menjadi sangat merepotkan.

Penyebab Bau Mulut

Sebelum kita membahas cara mengatasi bau mulut, ada baiknya anda mengetahui apa penyebab bau mulut.

Mulut yang tidak bersih

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut adalah dengan cara menggosok gigi paling tidak 2 kali sehari, pagi hari dan malam sebelum tidur. Pastikan pula anda melakukannya dengan benar menggosok sesuai dengan arah gigi, jadi jangan asal gosok saja ya..

Melewatkan sarapan pagi

Meskipun anda sudah menggosok gigi pada pagi hari, namun saat perut dalam keadaan kosong di pagi hari maka akan menimbulkan bau mulut. Kondisi tubuh yang tidak fit dapat menimbulkan bau mulut, karena mulut kering. Keadaan mulut kering dapat mengakibatkan bau nafas tidak sedap.

Memakan makanan pemicu bau mulut

Pasti semuanya sudah bisa menebak makanan apa saja yang bisa menjadikan nafas anda bau saat berbicara, yaitu jengkol, petai dan buah durian. Walaupun makanan tersebut memiliki rasa yang enak tetapi baunya bisa timbulkan aroma tidak sedap dari mulut anda. Bahkan, jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan maka, saat bersendawa pun baunya akan terasa.

Merokok

Selain rokok dapat membuat nafas seseorang menjadi tidak sedap rupanya rokok juga bisa menyebabkan mulut jadi bau tembakau dan terasa kecut setiap saat. Terlebih jika anda tidak merokok selama berjam-jam, maka pasti akan ada perasaan tidak enak di mulut anda. Bukan hanya anda saja yang merasakan tidak enak tetapi teman didekat anda juga merasakannya.

Gangguan mulut

Sariawan, sakit gigi atau gangguan pada mulut lainnya dapat menyebabkan bau mulut. Aroma tidak sedap ini muncul akibat dari keadaan mulut yang tidak segar hingga menimbulkan aroma tidak sedap. Terlebih pada gigi berlubang yang akan menjadi sarang bakteri yang menyebabkan bau nafas yang tidak sedap.

Tubuh kurang sehat

Tubuh yang kurang sehat dapat ditandai dengan mulut kering dan rasa tidak enak badan. Dalam kasus ini keseimbangan enzim dalam mulut menjadi tidak seimbang. Namun untuk kondisi yang seperti demikian akan berangsur membaik saat kondisi tubuh kembali fit.

Cara Hilangkan Bau Mulut Secara Alami

beberapa hal diatas telah menjelaskan mengenai penyebab bau mulut, yang mungkin saja selama ini anda belum sadari. Lalu, bagaimanakah cara menghilangkan bau mulut tersebut, berikut kami berikan tipsnya.

1.Jaga Kelembaban mulut

Kondisi mulut kering diakibatkan oleh terhambatnya produksi air liur, mulut kering juga merupakan penyebab dari bau mulut. Air liur dalam mulut anda memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban mulut, juga sebagai enzim untuk membantu organ pencernaan. Nah itulah mengapa bau nafas di pagi hari sangat tidak sedap, penyebabnya adalah karena produksi air liur yang sangat sedikit saat anda tidur. Ini tipsnya untuk menjaga mulut agar tetap lembab.

Minum cukup air putih

Air adalah sumber utama cairan tubuh, dengan mencukupi kebutuhan air putih akan menghindarkan anda dari dehidrasi yang dapat berdampak pada kekeringan mulut. Selain itu anda juga bisa menggunakan air untuk berkumur membersihkan sisa makanan yang ada dalam mulut dan gigi anda.

Mengunya permen karet

Permen karet tersedia dalam beberapa varian aroma dan rasa yang bisa segarkan mulut anda. Permen karet juga dapat merangsang produksi air liur di mulut anda. Tapi jangan asal membeli permen karet, nanti bisa-bisa gigi anda menjadi sakit. Hindari pula mengunyah permen karet rasa mint, karena permen ini bisa menghambat produksi liur anda.

Mulut kering juga bisa timbul akibat penggunaan obat-obatan yang anda konsumsi, anda dapat konsultasikan hal ini pada dokter anda, apakah ada solusi untuk efek samping tersebut atau tidak.

2.Sering berkumur

Berkumur dapat menghilangkan sisa makan di mulut dan di sela-sela gigi anda. Anda juga bisa menggunakan obat kumur yang berkualitas dan higenis yang bisa dibeli di toko atau di apotek. Ada pula cara yang lebih praktis yaitu dengan cara berkumur dengan air garam. Caranya, tuangkan air hangat pada gelas, masukan garam secukupnya, lalu gunakan untuk berkumur.

3.Menggosok gigi secara teratur

Cara paling jitu untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan menggosok gigi secara teratur. Dengan gosok gigi secara teratur maka sisa makanan didalam mulut dan sela gigi bisa diminimalisir. Pastikan pula anda menggosok gigi dengan cara yang benar yaitu dengan menggosok searah dengan alur gigi(naik turun). Gosok gigi minimal 2 kali sehari, pagi saat bangun tidur dan malam sebelum tidur. Anda pula disarankan untuk menggosok gigi setelah makan-makan yang dapat menyebabkan bau mulut.

4.Berhenti merokok

Rokok sendiri memberikan dampak buruk bagi kesehatan, beragam penyakit berat bisa mengancam jiwa dari kebiasaan merokok ini. Kebiasaan merokok juga dapat menimbulkan bau mulut, selain akan menimbulkan bau rokok di mulut juga ketika tidak merokok pun mulut akan bau. Bagi seseorang yang sudah kecanduan rokok, ketika tidak menghisap rokok dalam beberapa jam saja sudah membuat mulut kering dan tidak nyaman. Meskipun menghilangkan kebiasaan merokok bukanlah hal yang mudah, namun wajib hukumnya bagi anda yang ingin memelihara kesegaran nafas anda.

Baca juga: Cara Sederhana Turunkan Kolesterol Jahat

5.Hindari makanan yang bisa timbulkan bau mulut

jenis makanan yang bisa timbulkan bau mulut adalah petai, durian dan jengkol. Bahkan jika anda mengkonsumsinya dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang lama, maka saat anda besendawa akan bau tidak sedap akan keluar dari mulut anda. Sekiranya anda akan beraktivitas dan bertemu dengan banyak orang maka anda harus menghindari makanan penyebab bau mulut tersebut. Bahan alami juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau mulut.

Mengunyah beras: ternyata beras bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu. Caranya dengan mengunyah beras saat anda merasa tidak nyaman dengan mulut anda. Cukup sedikit saja, dan jangan ditelan.

Minum kopi hitam: kopi hitam juga dapat menghilangkan bau mulut. Lebih disarankan bila kopi hitam diseduh tanpa gula. Apabila memungkinkan anda juga dapat mengunyah bubuk kopi langsung tanpa diseduh.

6.Konsumsi buah-buahan

Mengkonsumsi banyak buah-buahan dapat memberikan manfaat dari dalam maupun dari luar. Buah-buahan akan memberikan manfaat vitamin untuk tubuh sehingga tubuh akan terasa sehat dan bugar. Tubuh yang sehat akan mencegah mulut kering. Anda dapat konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti apel, jeruk, pisang dsb. Anda juga dapat mengkonsumsi sayuran seperti wortel, tomat dan seledri untuk menghindari bau mulut.

7.Minum jus jeruk atau jus Nanas

Yang terakhir untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan minum jus jeruk atau nanas hangat sebelum anda tidur. Supaya lebih nikmat anda juga bisa tambahkan madu. Pastikan untuk meminum jus 30 menit setelah makan malam dan 30 menit sebelum tidur. Kedua jus ini bisa membuat nafas anda lebih segar saat bangun esok hari. Anda dapat mengkonsumsi jus tersebut sebanyak 2-3 kali seminggu.
loading...

0 Response to "7 Tips Ampuh Cara Hilangkan Bau Mulut "

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.