10 Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat

loading...
10 Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat - Bekas jerawat adalah proses alami yang dilakukan oleh tubuh untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh jerawat di kulit wajah. Selama dalam proses tersebut kulit memproduksi zat kolagen.
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Kolagen berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit. Namun jika kolagen tidak cukup atau berlebihan dapat menimbulkan bekas jerawat. Jika zat kolagen terlalu sedikit saat penyembuhan jerawat, maka akan menimbulkan lubang pada kulit, sebaliknya jika terlalu banyak maka kolagen akan menyebabkan kulit terangkat dan menimbulkan noda bintik hitam atau flek.

Meskipun noda bekas jerawat bukanlah sebuah masalah penyakit serius, namun flek hitam pada wajah terkadang membuat seseorang jadi tidak percaya diri. Sebenarnya bekas jerawat akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan.

Tetapi, tentunya anda tidak ingin menunggu selama itu, kan? Nah, ada cara alami yang bisa anda coba untuk menghilangkan bekas jerawat sekaligus mencegah jerawat datang kembali.

Karena tips yang akan kami berikan kali ini adalah cara alami, maka mungkin anda akan mendapatkan hasilnya lebih lama, alias tidak instant seperti yang diberikan oleh bahan kimia.

Cara alami memanglah lebih dianjurkan, karena seperti yang kita tahu bahwa bahan kimia sering kali mengandung bahan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Berbeda dengan bahan alami yang mudah didapat dan tidak memberikan efek buruk pada kesehatan. Dan semuanya sudah tersedia di alam tempat anda tinggal.

Penyebab Flek Hitam dan Bopeng Di Wajah

Memencet jerawat
Lubang yang timbul akibat bekas jerawat umumnya disebabkan oleh perlakukan yang tidak tepat pada jerawat itu sendiri. Contohnya memencet jerawat, hal ini akan secara otomatis membuat kotoran didalam jerawat keluar secara paksa hingga sebabkan hilangnya sel-sel dibawah kulit. Sehingga akan meninggalkan lubang ketika jerawat sudah sembuh nantinya.

Menumpuknya kotoran pada wajah
Debu dan polusi sebabkan wajah anda menjadi gampang kusam, apalagi jika kulit anda berminyak, maka debu dan kotoran akan mudah menempel pada pori dan masuk kedalam wajah hingga tertanam pada kulit wajah. Nah, kotoran inilah yang akan menjadi jerawat dan meninggalkan bekas hitam pada wajah nantinya.

Cara hilangkan bekas jerawat dengan mudah
Berikut ini adalah 10 bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat, dan tentunya bahan-bahannya mudah untuk anda temukan disekitar rumah.

1.Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan AHA atau asam apha hidroksi, kandungan ini bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan jerawat, mempercepat penyembuhannya dan meremajakan kulit. Cara penggunaanya pun cukup mudah, ambil jeruk nipis secukupnya kemudian peras airnya.

Gunakanlah air perasan jeruk nipis untuk dioleskan pada bekas jerawat pada wajah anda. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih. Mungkin wajah anda akan merasa perih, namun jangan khawatir karena tidak akan lama. Lakukanlah secara rutin selama seminggu.

2.Minyak Zaitun

Sejak dulu minyak zaitun memang telah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah dapat menyehatkan kulit. Minyak zaitun dapat anda manfaatkan pula menghilangkan bekas jerawat.

Anda dapat memperoleh minyak zaitun di toko ataupun dengan cara membuatnya sendiri. Cara menggunakannya, oleskan minyak zaitun pada area yang berjerawat pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari.

3.Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan lycopene, yang dapat memberikan nutrisi serta memanjakan kulit. Kandungan vitamin A yang terdapat pada tomat dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit dan dapat membantu pertumbuhan sel kulit baru lebih cepat, dan hal ini akan membantu menghilangkan bekas jerawat.

Caranya mudah, cukup siapkan tomat segar kemudian iris tipis. Letakkan irisan tomat tersebut pada area yang berjerawat, biarkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Anda juga bisa membuat masker tomat, caranya blender 1 buah tomat hingga halus, oleskan secara merata pada wajah, tunggu selama setengah jam baru kemudian bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukannya secara rutin 2 sampai 3 kali seminggu.

4.Madu

Madu adalah bahan alami herbal yang dikenal memiliki sejuta manfaat untuk tubuh manusia, bahkan hampir semua ramuan herbal yang ada menyertakan madu didalamnya. Ternyata, madu dapat pula kita manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Ditambah lagi madu memiliki zat anti bakteri dan anti peradangan, dan mampu melembabkan kulit secara alami. Contohnya bisa kita lihat saat seseorang mengalami bibir pecah-pecah, maka akan disarankan untuk dioleskan madu.

Begitu pula untuk perawatan bekas jerawat, caranya cukup oleskan madu pada jerawat, tapi ingat pastikan madu yang anda pakai adalah madu asli, dan bukannya abal-abal, ya :)

5.Lidah buaya

Kandungan yang terdapat pada gel di lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka bekas jerawat. Selain itu lidah buaya juga memiliki fungsi sebagai pelembab alami, yang dapat membuat kulit menjadi lembut.

Caranya, potong tanaman lidah buaya, kupas kulitnya dan ambil gel didalamnya. Gunakanlah gel lidah buaya, kemudian oleskan pada jerawat dan pijat dengan lembut, diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

6.Es batu

Bukan hanya bisa digunakan untuk meredakan peradangan pada jerawat, es batu juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Caranya, cukup bungkus es batu dengan plastik atau balut dengan kain bersih, kemudian pijatkan dengan lembut pada area yang terluka karena bekas jerawat, hingga sekiranya kulit terasa dingin dan sedikit mati rasa. Lakukan setiap hari hingga hasil maksimal anda dapatkan.

7.Jus Kentang

Kentang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kulit wajah. Anda dapat manfaatkan kentang untung membantu menghilangkan luka bekas jerawat.

Caranya, kupas kulit kentang kemudian blender hingga halus, anda juga bisa menambahkan air tapi jangan terlalu banyak. Lalu, oleskan jus kentang pada area bekas jerawat sambil diberikan pijatan lembut. Setelah 15 menit bilas menggunakan air hangat hingga bersih, anda dapat melakukan perawatan ini 2 kali sehari.

8.Mentimun

Kancil suka mentimun, dan itulah alasannya mengapa tidak ada kancil yang berjerawat. Mentimun memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Caranya, ambil sebuah mentimun kemudian iris tipis-tipis. Setelah itu letakkan mentimun pada area yang bekas jerawat. Diamkan hingga wajah terasa agak kaku, lalu bilas dengan air hingga bersih, lakukanlah perawatan ini secara rutin setiap hari, dan pastikan pula mentimun yang anda gunakan masih segar.

9.Ampas Teh

Selain dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut, ampas teh juga bisa digunakan untuk mengatasi bekas jerawat pada wajah. Anda bisa menyeduh teh di malam hari, kemudian menggunakannya untuk membasuh muka pada pagi harinya.

Biarkan hingga air teh mengering di wajah kemudian baru bilas dengan air bersih, pastikan anda menggunakan daun teh asli dan bukannya teh celup yang sering kita temui. Lakukan ini secara rutin selama satu minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10.Parutan Jagung

Jagung memiliki kandungan vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kelembaban wajah, elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini. Vitamin yang terdapat dalam jagung dapat membantu membangun jaringan ikat dan dapat mencegah munculnya keriput pada kulit.

Caranya, pilih jagung yang masih segar, bersihkan kemudian parut hingga halus, lalu oleskan pada kulit secara merata, biarkan selama 20 menit kemudian bilas. Anda bisa melakukannya secara rutin selama 2 kali seminggu.

Nah itulah 10 Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat. Cara diatas tergolong mudah untuk dilakukan karena bahannya mudah ditemukan, juga harganya yang terjangkau. Anda tidak perlu menerapkan semuanya cukup pilih salah satu yang paling mudah bagi anda, lakukan secara rutin hingga mendapatkan hasil yang anda inginkan. Selamat Mencoba!
loading...

0 Response to "10 Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.