10 Cara Alami Hilangkan Jerawat Paling Ampuh

loading...
10 Cara Alami Hilangkan Jerawat Paling Ampuh - Jerawat adalah masalah kulit yang paling sering dialami oleh para remaja. Meskipun jerawat bukanlah penyakit yang berbahaya, tetapi kehadirannya sering kali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.
Cara menghilangkan jerawat paling ampuh
Kendati demikian, jerawat adalah siklus alami yang lazim dialami oleh remaja. Jerawat sering kali ditimbulkan oleh masalah hormonal, gaya hidup tidak sehat, lingkungan dan jenis makanan menjadi faktor terjadinya jerawat.

Jenis dan Macam Jerawat

Jerawat Biasa: jerawat ini nampak seperti pada umumnya jerawat baik dari segi warna maupun bentuk. Jenis ini tidak akan meninggalkan bekas ketika sudah sembuh, baik bopeng maupun noda hitam akan cepat memudar.

Jerawat Batu: jerawat jenis ini memiliki ukuran dan bentuk yang besar dan juga biasanya akan meninggalkan bekas lubang. Jerawat jenis ini muncul lebih karena faktor hormonal dan perlu penanganan medis untuk menyembuhkannya.

Sebelum kita membahas tips dan bahan alami yang bisa sembuhkan jerawat, terlebih dahulu kita ketahui penyebab timbulnya jerawat.

Penyebab Timbulnya Jerawat


Hormon

Hormon adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat, hal ini karena tubuh sedang mengalami perubahan yang menyebabkan produksi hormon jadi tidak seimbang, contohnya ketika anda mengalami stres, atau pada remaja yang produksi hormon-nya belum stabil.

Kebersihan Wajah

Wajah yang tidak bersih menjadi faktor munculnya jerawat. Hal ini bisa timbul akibat kita malas mencuci muka setelah beraktivitas berdebu dan panas diluar ruangan. Kotoran halus akan masuk dan mengendap dipori hingga akhirnya terbentuklah jerawat baru.

Makan

Makan juga bisa sebabkan munculnya jerawat pada wajah. Jenis makanan yang bisa timbulkan jerawat adalah makanan siap saji, gorengan, pedas dan berminyak. Beberapa makanan ringan yang menyehatkan seperti kacang-kacangan juga bisa timbulkan jerawat pada wajah.

Jenis Kulit

Ternyata ada loh orang yang sama sekali tidak pernah terkena jerawat dalam hidupnya. Penyebabnya adalah jenis kulit. Salah satu jenis kulit yang dapat dengan mudah ditumbuhi jerawat adalah kulit berminyak. Kulit berminyak bisa dengan mudah ditempeli kotoran hingga mengendap di pori dan menimbulkan sumbatan, sumbatan inilah yang akan menjadi jerawat.

Kosmetik

Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang salah mengenakan kosmetik(tidak cocok) sehingga menimbulkan jerawat pada wajah. Bahkan dalam beberapa kasus wajah yang tadinya mulus pun bisa menjadi penuh dengan jerawat dan menjadi sangat sensitif. Untuk itu sebaiknya anda berhati-hati dan tidak asal dalam memilih kosmetik.

Nutrisi Wajah

Kulit juga membutuhkan nutrisi untuk membuatnya tetap sehat, nutrisi bisa didapatkan dari buah atau sayuran. Kulit yang nutrisinya terpenuhi tentu akan menghindarkannya dari jerawat. Kulit wajah yang tidak ternutrisi bisa membuat wajah terlihat kusam dan tidak cerah.

Gaya Hidup

Gaya hidup sendiri memiliki ruang yang luas, dan meliputi makanan yang dikonsumsi, tingkat kebersihan diri, istirahat yang cukup dan lainnya. Hidup yang dijalankan dengan cara yang sehat tentunya akan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit.

Beberapa orang mengalami jerawat hanya pada waktu tertentu saja, ada juga yang mengalaminya selama bertahun-tahun hingga masa pubernya berakhir. Ada kasus yang membuat seseorang menjadi berjerawat setelah dia berpindah ke tempat tertentu dengan kondisi dan lingkungan yang berbeda. Nah, apapun penyebabnya anda bisa coba gunakan 10 cara alami hilangkan jerawat ini.

Tips Hilangkan Jerawat Secara Alami


1.Minyak Zaitun

Minyak zaitun telah dikenal memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan, dan salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat. Selain itu minyak zaitun juga mudah untuk ditemukan di toko sekitar rumah anda. Adapun cara pemakainya cukup dengan oleskan secara merata pada kulit wajah, jika memungkinkan anda bisa mengoleskannya di malam hari dan membersihkannya pada pagi hari.

2.Tomat

Nutrisi yang terkandung pada tomat bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan kulit yang terkena jerawat sehingga regenerasi kulit baru lebih cepat. Anda bisa menggunakannya sebagai masker dengan memblender tomat hingga halus kemudian oleskan merata pada kulit wajah. Diamkan selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan air. Lakukanlah secara rutin 2-3 minggu sekali. Biasanya akan terasa perih pada bagian kulit wajah yang sedang iritasi, namun hal ini tidak berlangsung lama.

3.Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan AHA atau asam apha hidroksi, kandungan ini bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan jerawat, mempercepat penyembuhannya dan meremajakan kulit. Cara penggunaanya pun cukup mudah, ambil jeruk nipis secukupnya kemudian peras airnya.

Gunakanlah air perasan jeruk nipis untuk dioleskan pada bekas jerawat pada wajah anda. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih. Mungkin wajah anda akan merasa perih, namun jangan khawatir karena tidak akan lama. Lakukanlah secara rutin selama seminggu.

4.Madu

Madu adalah bahan alami herbal yang dikenal memiliki sejuta manfaat untuk tubuh manusia, bahkan hampir semua ramuan herbal yang ada menyertakan madu didalamnya. Ternyata, madu dapat pula kita manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Ditambah lagi madu memiliki zat anti bakteri dan anti peradangan, dan mampu melembabkan kulit secara alami. Contohnya bisa kita lihat saat seseorang mengalami bibir pecah-pecah, maka akan disarankan untuk dioleskan madu.

Begitu pula untuk perawatan bekas jerawat, caranya cukup oleskan madu pada jerawat, tapi ingat pastikan madu yang anda pakai adalah madu asli, dan bukannya abal-abal, ya :)

5.Mentimun

Kancil suka mentimun, dan itulah alasannya mengapa tidak ada kancil yang berjerawat. Mentimun memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Caranya, ambil sebuah mentimun kemudian iris tipis-tipis. Setelah itu letakkan mentimun pada area yang bekas jerawat. Diamkan hingga wajah terasa agak kaku, lalu bilas dengan air hingga bersih, lakukanlah perawatan ini secara rutin setiap hari, dan pastikan pula mentimun yang anda gunakan masih segar.

6.Alpukat

Selain enak dijadikan jus, buah alpukat juga bagus untuk kesehatan kulit wajah anda. Kandungan vitamin E -nya mampu sehatkan kulit, terlebih bagi kulit wajah. Bukan itu saja alpukat juga baik untuk regenerasi kulit mati, kenyalkan kulit, juga dapat hindarkan kulit dari infeksi.

Anda bisa manfaatkan buah alpukat untuk sembuhkan jerawat, caranya dengan menjadikannya sebagai masker. Aduk hingga lembut setengah buah alpukat yang dicampur dengan madu. Balur kan pada wajah, diamkan selama 30 menit kemudian bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu.

7.Es Batu

Bukan hanya bisa digunakan untuk meredakan peradangan pada jerawat, es batu juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Caranya, cukup bungkus es batu dengan plastik atau balut dengan kain bersih, kemudian pijatkan dengan lembut pada area yang terluka karena bekas jerawat, hingga sekiranya kulit terasa dingin dan sedikit mati rasa. Lakukan setiap hari hingga hasil maksimal anda dapatkan.

8.Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan asam amino yang dapat membantu regenerasi sel kulit mati. Putih telur juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Untuk digunakan sebagai obat jerawat alami, maka anda bisa pisahkan putih telur dari kuningnya, kemudian aduk putih telur hingga mengental.

Gunakan putih telur yang sudah mengental tadi sebagai masker wajah. Oleskan secara merata pada wajah sambil dipijat dengan lembut, biarkan hingga wajah terasa agak kaku, kemudian bersihkan dengan air hingga bau amisnya hilang. Anda juga bisa menggunakan facial foam untuk menghilangkan bau amis yang tertinggal pada wajah anda.

9.Lidah Buaya

Giberelin dan Plisakarida adalah senyawa yang dikandung oleh tanaman lidah buaya, dan ini bisa membantu menghilangkan bakteri penyebab munculnya jerawat. Selain dapat digunakan untuk menghilangkan luka lidah buaya juga memberikan efek menenangkan pada kulit.

Penggunaanya sebagai obat jerawat alami juga cukup mudah, cukup ambil gel dari tanaman lidah buaya kemudian oleskan pada kulit wajah secara merata. Biarkan beberapa saat kemudian bersihkan dengan air.

10.Air Putih

Ternyata dengan minum cukup air putih setiap hari dapat membantu menyehatkan kulit anda. Menurut penelitian air putih bisa membantu kulit tetap sehat, lembab, dan putih bercahaya. Bisa memperbaiki metabolisme dalam tubuh dan bisa membuang racun, termasuk darah kotor yang ada dalam tubuh yang dapat timbulkan beragam penyakit kulit.

Anda juga dapat memanfaatkan uap air panas untuk mengobati jerawat. Caranya, tuangkan air panas kedalam baskom kemudian hadapkan wajah anda sehingga uap air bisa mengenai kulit wajah. Jika dirasa sudah cukup maka bilas wajah menggunakan air dingin untuk kembali menutup pori yang sempat terbuka karena air hangat tadi.

Nah itu dia 10 Cara Alami Hilangkan Jerawat Paling Ampuh. Anda bisa mencoba salah satu dari tips yang sudah diberikan diatas. Ada baiknya kalau anda juga mengetahui cara mencegah jerawat.

Cara Mencegah Jerawat Kembali Lagi

Rajin mencuci wajah: cara paling mudah kebersihan kulit wajah adalah dengan selalu mencuci muka setelah beraktivitas seharian. Rajinlah untuk selalu membersihkan  polusi yang menempel pada kulit wajah. Anda bisa mencuci wajah anda dengan pembersih wajah yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Mencuci wajah penting untuk dilakukan terutama saat anda hendak tidur pada malam hari. Wajah yang bersih dan terawat akan membuat kumat menjadi tidak betah bersarang pada kulit wajah anda.

Hindari minyak rambut menempel di dahi: kebiasaan pria menggunakan minyak rambut terkadang menimbulkan masalah jerawat. Minyak ini apabila terkena pada kulit wajah dapat membuat wajah menjadi semakin berminyak dan kotor. Nah dari sinilah jerawat bisa muncul dari kebiasaan buruk penggunaan minyak rambut. Sesudah selesai menggunakan minyak rambut anda dapat membersihkan minyak yang menempel pada dahi dengan tisu atau kapas.

Jangan pencet jerawat: hindari pemencetan pada jerawat, baik menggunakan jari atau dengan alat lainnya. Perlakukan yang tidak tepat pada jerawat seperti ini dapat menimbulkan infeksi di kulit dan akan semakin parah. Memencet jerawat juga bisa tinggalkan lubang bekas jerawat yang biasa disebut dengan bopeng.

Hindari Make up berlebihan: pada kenyataannya tidak semua make up cocok dengan semua jenis kulit anda. Sebaiknya anda menggunakan make up untuk acara tertentu saja. Hindari juga penggunaan make up baru yang belum tentu cocok dengan jenis kulit anda.

Hindari makanan penyebab jerawat: hindari memakan makanan yang dapat memperparah jerawat yang sedang anda alami. Jenis makanan tersebut adalah gorengan, junk food dan lainnya. Ada pula makanan yang dibutuhkan nutrisinya oleh tubuh namun bisa menimbulkan jerawat misalnya kacang-kacangan, telur dan daging. Nah caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan tersebut secara tidak berlebihan.

Jangan mencabut komedo: seringkali jerawat timbul akibat komedo. Anda tidak seharusnya mencabut komedo, pori-pori tempat tumbuhnya komedo cenderung mengecil dengan sendirinya. Tetapi, kebanyakan orang akan merasa risih hingga kemudian mencabutnya atau memencet komedo. Padahal cara ini bisa membuat pori-pori menjadi semakin besar dan bisa menimbulkan komedo yang lebih besar. Lebih parahnya kalau lubang pori-pori ini menjadi tempat bersarangnya kotoran dan tidak bisa keluar, pasti akan menimbulkan peradangan dan menjadi jerawat.

Hindar meletakkan tangan atau benda pada wajah: seringkali pada beberapa ekspresi membuat seorang meletakkan tangannya pada kulit wajahnya. Telapak tangan yang tidak bersih bisa menimbulkan jerawat hal ini karena tersebarnya bakteri yang ada pada tangan ke kulit wajah.

Menjaga kesehatan kulit: banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah, salah satunya dengan istirahat yang cukup, konsumsi makanan sehat, dan memenuhi kebutuhan air putih. Selain itu anda juga bisa menggunakan cara alami untuk merawat wajah misalnya mentimun, tomat, wortel, alpukat dan yang lainnya. Kulit yang sehat akan tahan terhadap bergam ganguan polusi dan juga bakteri penyebab jerawat khususnya.

Beberapa tips diatas bisa anda coba dirumah pastikan pula untuk melakukannya secara teratur juga konsisten. Cara alami memang lebih disarankan untuk dilakukan, tetapi untuk mendapatkan hasil yang sempurna anda harus bersabar. Walau demikian, apabila sudah melakukan cara diatas dan jerawat anda tidak kunjung membaik, sebaiknya periksakanlah ke klinik atau dokter spesialis kulit.

Demikianlah 10 Cara Alami Hilangkan Jerawat Paling Ampuh. Anda bisa melakukan salah satu cara diatas yang menurut anda paling mudah untuk dilakukan. Lakukan dengan rutin dan konsisten agar hasil yang didapatkan maksimal.
loading...

0 Response to "10 Cara Alami Hilangkan Jerawat Paling Ampuh"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.