5 Cara Tetap Sehat Walau Sering Begadang

loading...
5 Cara Tetap Sehat Walau Sering Begadang - Sebagian besar orang mungkin sudah tidur pada jam 9 atau 10 malam, tetapi berbeda dengan orang-orang yang bertipe nokturnal atau lebih aktif di malam hari. Alih-alih mengantuk justru jam 9 atau 10 malam adalah waktu yang ideal bagi mereka untuk memunculkan ide - ide kreatif.

5 Cara Tetap Sehat Walau Sering Begadang

 Walau sudah mencoba bangun lebih awal, tetapi hal ini malah membuat mereka merasa tidak enak badan, letih dan merasa mengantuk sepanjang hari. Memang tipe orang nokturnal itu lebih kreatif, ini karena otak kanan mereka yang lebih berkembang.

Namun itu tidak berarti bahwa otak kiri mereka tidak berkembang, setiap individu tetap memiliki kemampuan otak kiri, hanya saja otak kanan mereka lebih dominan. Mungkin otak kiri kamu sama dengan mereka tetapi otak kanan kamu lebih top cer dari mereka.

Begadang itu tetap saja tidak baik untuk kesehatan, dan bisa mendatangkan penyakit
Meskipun begitu tetap saja begadang tidak baik untuk kesehatan. Tetapi masih bisa untuk di minimalkan, berikut dua jenis penyakit yang bisa mengancam.

Pertama: Meningkatkan resiko stres dan depresi lebih tinggi, hal ini terjadi karena kamu kekurangan sinar matahari atau vitamin D3. Terlebih semua aktivitas didunia ini tidak bisa menyesuaikan dengan kebiasaan begadang kamu.

Semuanya pasti dimulai pagi hari dan diakhiri di sore hari, coba kamu lihat apa ada kantor yang mulai buka pada jam 12 siang?

Kedua: Meningkatkan resiko obesitas, jika kamu sering bangun ditengah malam ini akan membuat kamu mudah lapar. Sebenarnya bukan jadi mudah lapar tapi memang manusia merasa lapar setiap lima jam sekali. Lebih parahnya lagi orang nokturnal akan makan lebih banyak di siang hari.

Tidur lebih awal dan bangun pagi tuh, sulit banget buat saya, apa yang harus dilakukan biar tetap sehat?

Walaupun begadang itu bisa menimbulkan beragam macam penyakit, tapi bukan berarti kamu haru menanggung semua resiko penyakit itu. Kamu bisa meminimalkan resiko tersebut dengan melakukan tips berikut:

5 Cara Tetap Sehat Walau Sering Begadang

1.Atur jam tidur kamu minimal 7-8 jam perhari secara konsisten

Tips begadang sehat
Khusus untuk kamu, tidak ada aturan harus bangun jam 6, 7, atau 8. Jam berapa kamu biasanya bangun, sesuaikan dengan jam berapa kamu pergi tidur. Tapi kamu harus melakukannya secara konsisten, jangan memiliki jam tidur secara acak dan tidak teratur.

Misalnya kamu biasa tidur jam 3 pagi, maka seharusnya kamu bangun jam sebelas siang. Tentukanlah jam tidur kamu. Merubah jam tidur semisal jam 1 besoknya jam 2 dan besoknya jam 4 hanya akan bikin ritme metabolisme tubuh kamu jadi kacau.

Ini berbeda ketika kamu memutuskan untuk selalu tidur jam 3 pagi, maka siklus biologis tubuh mu pun akan mengikuti. Pastikanlah ruangan kamar kamu gelap dan senyaman mungkin untuk kamu tidur, kamu juga bisa menggunakan alat tambahan seperti penutup telinga dan mata.

2.Pilih makanan sehat jika kamu mau makan di malam hari

memilih makanan saat begadang
Begadang tidak berarti kamu tidak boleh makan apapun. Makan saat begadang boleh saja asal, pilih makanan sehat seperti sayuran, kacang-kacangan, daging, telur, atau ikan, sebisa mungkin kamu harus menghindari junk food.

Selain itu perhatikan pula jadwal makan kamu, jangan sedikit -  sedikit makan. Jika idealnya manusia makan 3 kali sehari dalam sehari, ya sudah lakukan saja. Hanya saja sedikit berbeda dengan kamu yang aktif di malam hari, beda jamnya ya.

Hindari minum minuman ber-energi, cukup minum air putih saja biar kamu gak merasa kehausan. Selain itu, minum air putih juga memberikan manfaat buat kulit kamu, dengan minum air putih yang cukup maka kulit kamu akan terlihat lebih cerah.

3.Ingat kamu bukanlah vampir, jadi jangan takut ketemu matahari.

begadang sama vampir
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kurang sinar matahari atau vitamin d3 dapat membuat kamu rentan terkena stres dan depresi. Mungkin kamu bisa menggantikannya dengan konsumsi vitamin D3, tapi nutrisi dari alam secara langsung juga lebih baik.

Terkena sinar matahari beberapa detik di siang hari gak bakal bikin kulit kamu hitam kok. Kamu bisa membuka jendela kamar kamu agar sinar matahari masuk kedalam ruangan. Vitamin D3 mampu menstabilkan hormon di dalam tubuh dan mampu hindarkan kamu dari stres.

4.Olahraga bikin tubuh kamu sehat dan bugar

olahraga buat yang sering begadang
Sediakan beberapa menit setiap harinya untuk kamu melakukan kegiatan fisik, kamu dapat melakukan olahraga seperti fitnes, jogging, atau renang. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk keluar ruangan kamu bisa melakukan push up atau squat jump.

5.Sudah kerja belum? pastikan pekerjaan kamu tidak mengharuskan kamu bangun jam 7 pagi ya

pekerjaan untuk orang yang suaka begadang
Sebenarnya tidak masalah juga jika kamu memiliki pekerjaan yang mengharuskan akitivitas di mulai di pagi hari. Itu artinya kamu harus benar-benar tinggalkan kebiasaan begadang, tapi apakah kamu sanggup, gak?

Tidur beberapa jam atau beberapa menit, bisa bikin kerja kamu tidak maksimal. Walau sulit, kamu tetap bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan jam biologis kamu. Ada kok beberapa perusahaan yang membagi jam kerja di shift pagi dan malam.

Ternyata cukup banyak juga yang bisa kamu lakukan untuk jadikan kerja kamu lebih sehat ya? Jadi mulai sekarang stop menilai buruk diri sendiri. Lebih baik lagi jika waktu begadang kamu isi dengan hal yang bermanfaat, misalnya belajar bisnis online, internet marketing dan lain sebagainya.
loading...

0 Response to "5 Cara Tetap Sehat Walau Sering Begadang"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.