Manfaat Menulis Dengan Tangan Bagi Kesehatan dan Kecerdasan Anda

loading...
Manfaat Menulis Dengan Tangan Bagi Kesehatan dan Kecerdasan Anda - Dulu sebelum teknologi menguasai dunia, menulis dengan tangan adalah salah satu aktivitas rutin yang dilakukan banyak orang. Anak sekolah menulis semua materi dari gurunya dalam sebuah buku, dan orang dewasa menulis semua daftar pekerjaannya dalam sebuah memo. Semuanya dilakukan dengan tulisan tangan kala masa itu.

Sekarang zaman sudah sangat jauh berubah, dimana kini teknologi sudah dengan mudahnya kita temui, gadget dan komputer hampir semua orang punya, membuat tulisan tangan kini semakin ditinggalkan. Anak sekolah mulai sibuk menulis dengan gadgetnya sedang orang dewasa lebih sibuk menulis laporan dengan komputernya.

Manfaat Menulis Dengan Tangan

Bahkan yang lebih parah, saat ini banyak orang yang mengaku dirinya sebagai seorang penulis lebih banyak menulis dengan memencet papan ketik di komputer atau gadget, ketimbang menulis tangan dalam sebuah kertas. Memang teknologi memberikan kecepatan dan keefisienan, namun karena teknologi pula lah budaya lama mulai terancam di tinggalkan.

Ironi kebudayaan yang menyehatkan namun mulai ditinggalkan :

Menulis dengan tangan menggunakan pensil atau pulpen saat ini sudah jarang dilakukan. Bisa dilihat di sekolah-sekolah, kampus, atau kampus, semua sudah serba teknologi, guru jarang menulis materi di papan tulis, dan murid sudah jarang mengeluarkan buku dari dalam tasnya.

Al-hasil, saat ini banyak orang-orang atau mungkin Anda selaku pembaca yang mengeluh karena tulisan tangan Anda tidak karuan, tidak bagus, dan tidak rapih. Apa yang menyebabkannya tak lain karena frekuensi menulis dengan tangan Anda sudah lama ditinggalkan.

Saat ini tangan sudah sibuk dengan keyword gadgetnya, tanpa pernah memegang pensil untuk menulis dalam sebuah kertas. Namun tak perlu khawatir, sekarang ini sudah mulai banyak tempat kursus menulis. Ya, kegiatan menulis dengan tangan kini sudah naik level menjadi semacam seni.
Manfaat menulis dengan tangan bagi kecerdasan :
Menulis dengan tangan diklaim memiliki banyak manfaat positif bagi anak. Menulis akan meningkatkan kreativitas, kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kepercayaan diri, dan kemampuan membaca.

Walau begitu menurut Karin James, psikolog dari India University yang banyak meneliti perkembangan otak anak usia dini, manfaat menulis ternyata tidak "sedahsyat" itu.

Misalnya saja jika disebut menulis akan meningkatkan kreativitas. James mengatakan sangat sulit mengukur kreativitas. "Bagaimana kita mengartikan kreatif. Ini sangat bergantung pada individu, usia, konteks, sosial, dan akademis," katanya.

Tapi, ide bahwa menulis dengan tangan bisa meningkatkan kemampuan kritis menurut dia cukup masuk akal. Menulis memerlukan pola pikir, pengamatan, dan introspeksi. Menulis dengan tangan juga bisa menjadi latihan yang baik untuk introspeksi.

Sementara itu untuk kepercayaan diri, menulis dan membaca memang ada kaitan. Orang yang rajin membaca cenderung memiliki nilai akademis yang baik dan tentunya kepercayaan dirinya akan naik.

"Makin banyak anak menulis, makin mudah bagi mereka mengenali huruf. Pengenalan huruf adalah penanda terbaik ia akan lebih lancar membaca," katanya.

Pada tahun 2012, James dan rekannya Laura Engelhardt mempublikasikan hasil studinya. Ia menyebutkan, anak yang belajar menulis huruf akan mengenali huruf lebih baik dan memiliki kemampuan membaca lebih baik.

Saat anak belajar menulis ada bagian otak tertentu yang aktif. Area otak itu sama dengan bagian yang aktif saat orang dewasa membaca.

Jadi, mari biasakan diri kita untuk menulis dengan tangan, jangan sampai generasi selanjutnya akan kehilangan kemammpuan menulis dengan tangan. Cara menulis manual lebih banyak memberikan manfaat kepada kita dibandingakndengan cara menulis otomatis.

Demikianlah, Manfaat Menulis Dengan Tangan Bagi Kesehatan dan Kecerdasan Anda. Share sama teman kamu juga ya..^_^
loading...

0 Response to "Manfaat Menulis Dengan Tangan Bagi Kesehatan dan Kecerdasan Anda"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.