Cara Cepat Tidur Dengan Teknik Pernapasan Sederhana

loading...
Cara Cepat Tidur Dengan Teknik Pernapasan Sederhana - Setiap makhluk hidup membutuhkan tidur untuk memenuhi kebutuhan alamiah mereka. Setelah capek beraktivitas seharian, tidur bisa jadi obat paling manjur untuk menghilangkan semua lelah di tubuh anda. Saat seseorang tertidur maka sel-sel dalam tubuhnya akan melakukan regenerasi, melakukan beberapa perbaikan pada organ tubuh dan menjadikan segar kembali saat mata mulai terbuka kembali.

Tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Banyak yang mengalami saat tubuhnya sudah sangat lelah dan ingin beristirahat, tetapi otak masih menyala tak mau terpejam. sudah menerapkan berbagai cara seperti minum segelas susu hangat, menghirup aromaterapi lavender, hingga menghitung sapi, tetapi semua itu tidak berhasil. Mata tetap melek tak bisa tidur namun tubuh sudah sangat capek dan melelahkan.

Cara Cepat Tidur Dengan Teknik Pernapasan Sederhana

Untuk mengatasi itu semua, sudah saatnya Anda mencoba teknik pernapasan. Dr. Andrew Weil dari Arizona mempelopori teknik pernapasan 4-7-8, yang terinspirasi dari metode yoga, sangat simpel, tak membutuhkan banyak waktu, tak memerlukan alat apapun, dan bisa dilakukan di manapun.

Dr. Weil mengklaim bahwa teknik pernapasan 4-7-8 bisa membantu orang untuk tertidur dalam waktu 60 detik. Pernapasan ini berperan sebagai penenang alami untuk sistem saraf, mengurangi stres, dan menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Bagaimana cara melakukannya?

  1. Sebelum memulai, tempatkan lidah Anda ke arah atas menyentuh langit-langit mulut yang berada di atas gigi dan biarkan berada di sana sampai selesai.
  2. Buang napas melalui mulut dengan sangat kuatt, sehingga akan menimbulkan suara menderu.
  3. Tutup mulut dan tarik napas dengan lembut melalui hidung dan hitung sampai empat.
  4. Tahan napas dan lanjutkan menghitung sampai tujuh.
  5. Buang napas melalui mulut hingga menghasilkan suara menderu lagi, lakukan selama 8 detik dalam sekali napas.
  6. Tarik napas lagi dan ulangi langkah di atas hingga tiga kali.
  7. Jangan lupa, setiap menghirup napas harus tenang dan melalui hidung, dan setiap membuang napas  harus kencang dan melalui mulut.

Apa kelebihan dari teknik pernapasan ini :

  • Mengambil lebih banyak oksigen, akan menenangkan sistem saraf parasimpatetik dan mengirimkan sinyal untuk tenang.
  • Membantu menyeimbangkan sistem saraf, yang biasanya lebih mudah terangsang saat stres.
  • Membantu menghubungkan Anda dengan tubuh dan pernapasan, serta membantu mengalihkan Anda dari pikiran sehari-hari  yang dapat mencegah Anda untuk tidur.

Nah, sekarang tinggal anda  coba praktekan, semoga bisa membantu Anda mendapatkan kenikmatan dan kenyamanan istirahat setelah seharian melakukan aktivitas yang berat dan melelahkan.

Demikianlah, Cara Cepat Tidur Dengan Teknik Pernapasan Sederhana. Share sama teman kamu juga ya...^_^
loading...

0 Response to "Cara Cepat Tidur Dengan Teknik Pernapasan Sederhana"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.