Tips Mudah dan Ampuh Cara Mengusir Tikus di Rumah

loading...
Tips Mudah dan Ampuh Cara Mengusir Tikus di Rumah-  Tikus adalah hewan pengerat yang hampir di setiap rumah bisa kita temui. Kehadirannya sering menimbulkan ke tidak nyamanan, mulai dari masalah kebersihan sampai ketakutan. Hampir semua rumah pasti ada tikus yang ikut tinggal disana, walaupun jumlahnya hanya beberapa ekor saja. Hal itu bukanlah hal yang aneh, tetapi yang menjadi masalah adalah saat tikus-tikus tersebut kelaparan.

Dalam keadaan lapar biasanya para tikus akan keluar dari sarangnya dan mulai masuk ke rumah (biasanya dapur) untuk mencari makanan, yang tak jarang akan membuat kerusakan dimana mana, selain itu hal itu juga sangat tidak baik bagi kesehatan penghuni rumah. Tempat favorit tikus adalah dapur, gudang penyimpanan, dan beberapa tempat yang jarang sekali kita lewati di dalam rumah.

Karena merasa jengkel dengan serangan tikus, biasanya penghuni rumah akan melakukan segala cara mengusir tikus guna mengusir tikus. Cara membasmi tikus yang paling umum dilakukan adalah dengan cara menggunakan lem tikus, racun tikus, ataupun perangkap tikus.

Tips Mudah dan Ampuh Cara Mengusir Tikus di Rumah

Namun, tidak semua orang bisa melakukan cara-cara diatas. Contohnya membasmi tikus dengan racun, hal ini bisa saja efektif menghilangkan tikus di rumah. Namun bisa juga menimbulkan masalah baru apabila tikus yang memakan racun mati ditempat yang sulit dijangkau. Pastinya akan membuat kita sulit mengevakuasi bangkai tikus dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Nah, untuk membantu memecahkan masalah hama tikus dirumah, berikut Zlada berikan tips mudah atau cara ampuh yang bisa Anda lakukan guna mengusir tikus agar rumah tetap bersih dan tak ada yang rusak karena tikus yang bandel.

Memelihara Jangkrik


Mengusir tikus dengan cara memelihara jangkrik ini terbukti ampuh. Asalkan jangkrik yang dipelihara adalah jangkrik yang mengeluarkan bunyi nyaring, akan lebih baik lagi jika yang dipelihara adalah jangkrik aduan.

Bunyi yang dihasilkan jangkrik ini akan sangat mengganggu pendengaran tikus yang sensitif. Selain itu sifat alami tikus yang merupakan jenis hewan yang tidak suka dengan keramaian dan kebisingan. Letakkan jangkrik yang dipelihara di ruangan yang sering di datangi atau dilalui tikus.

Menangkap Salah Satu Tikus dan Mewarnainya


Cara mudah selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan tikus itu sendiri. Dengan syarat kita menangkap salah satu tikus di rumah dan melumurinya dengan cat berwarna cerah mencolok seperti orange, merah, dan biru.

Kita akan memanfaatkan rasa takut tikus untuk mengusir mereka. Ketika selesai memberi warna pada tikus tersebut selanjutnya lepaskan tikus setelah pewarnaan kering. Ketika tikus kembali ke kelompoknya maka kelompok tersebut akan ketakutan dan mereka akan tercerai berai.

Memotong Ekor Tikus yang Tertangkap


Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara sebelumnya. Namun cara yang ini memanfaatkan rasa takut tikus akan penyiksaan. Setelah kita menangkap salah satu tikus kita bisa memotong ekor tikus tersebut selanjutnya dilepaskan.

Bagaimana cara ini bisa mengusir tikus lainnya? Cukup mudah, tidak berbeda jauh dengan manusia, tikus juga berkomunikasi dengan kawanan nya. Nah, ketika mereka di tertangkap dan diperlakukan seperti itu setelah di lepas mereka akan berkomunikasi dengan kawanan nya jika mereka tertangkap maka mereka akan mendapat perlakuan serupa. Sehingga para tikus akan berusaha menjauhi area tersebut.

Menggunakan Kapur Barus


Tikus sangat tidak menyukai bau-bau harum yang menyengat. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk mengusir mereka yaitu dengan memanfaatkan kapur barus yang harum. Caranya yaitu dengan meletakkan kapur barus di area yang sering di datangi atau di lalui tikus. Dengan demikian mereka akan merasa terganggu dan akan memilih pindah.

Menggunakan Kulit Durian


Buah durian merupakan buah yang banyak di gemari selain rasanya yang lezat ternyata buah ini juga bermanfaat mengusir tikus. Nah bagian dari buah durian yang bisa digunakan untuk mengusir tikus adalah kulit buahnya yang berduri serta aromanya yang menyengat tidak disukai tikus.

Setelah anda menyantap buah durian ambil kulitnya dan potong potong untuk diletakkan pada area yang sering dilewati tikus untuk memasuki rumah. Duri tajam dan aromanya akan mengusir tikus, sehingga mereka tidak akan mendekatinya dan akan menjauhinya.

Menggunakan Buah Mengkudu


Jika anda memiliki buah mengkudu maka cara unik yang satu ini patut untuk di coba. Dengan memanfaatkan buah mengkudu anda bisa mengusir tikus. Caranya pun tidak sulit, anda bisa menghancurkan buah mengkudu dan mencampurkan nya dengan air selanjutnya di siramkan pada area yang sering dilalui tikus. Cara ini cocok untuk mengusir tikus di sawah atau gudang.

Memelihara Kucing


Nah cara yang terakhir ini sudah bukan rahasia lagi. Pastinya Anda sudah tau bahwa musuh bebuyutan tikus adalah kucing. Nah dengan memanfaatkan kucing ini maka kemungkinan besar rumah anda akan terbebas dari tikus.

Anda bisa memelihara kucing baik itu kucing jantan atau betina. Para tikus akan ketakutan memasuki rumah yang dihuni oleh kucing karena mereka akan di mangsa. Hanya dengan mendengar aungan kucing saja para tikus akan lari tunggang langgang.

Gimana mudah bukan?

Mungkin itulah beberapa cara mudah dan ampuh dalam mengatasi masalah tikus dalam rumah, cara diatas bisa Anda pilih dan lakukan mulai dari sekarang. So jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan dalam rumah.

Kalau sekiranya ada barang atau benda yang sudah tidak di pakai ada baiknya dibuang atau di bakar, karena barang-barang tersebutlah yang akan menjadi masalah di kemudian hari. Tikus bisa bersarang disana, dan membuat kegaduhan dan menghancurkan peralatan dapur yang ada di dalam rumah.

Demikianlah, Tips Mudah dan Ampuh Cara Mengusir Tikus di Rumah. Semoga bermanfaat dan share sama teman kamu juga ya... ^_^
loading...

0 Response to "Tips Mudah dan Ampuh Cara Mengusir Tikus di Rumah"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.