Cara Hilangkan Rasa Takut Saat Wawancara Kerja

loading...
Cara Hilangkan Rasa Takut Saat Wawancara Kerja - Lakukanlah tips cara menghilangkan rasa takut saat wawancara kerja agar wawancara kerja anda tidak sia-sia. Apabila anda menggunakan cara ini maka besar kemungkinan wawancara kerja anda akan berjalan mulus dan sukses.

Faktor penting yang sangat menentukan sukses tidaknya seseorang diterima menjadi karyawan adalah bagaimana orang tersebut membuat suasana dan memberikan jawaban wawancara yang menarik pada orang yang mewawancarainya. Karena nya banyak para pelamar yang gagal dalam sesi wawancara ini, entah itu karena jawaban kurang meyakinkan, ataupun kondisi psikologi yang membuat wawancara menjadi lebih sulit dijawab pelamar.

Tidak bisa dipungkiri memang, saat kita di wawancara perasaan tekanan itu sangatlah besar, apalagi bila itu pengalaman pertama kita. Terlihat takut selama wawancara dapat membuat pelamar dianggap tidak siap dan tidak memenuhi syarat. Berikut adalah beberapa trik yang akan membantu untuk menenangkan saraf Anda dan memberi Anda kepercayaan diri untuk membuat kesan yang luar biasa bagi pewawancara Anda.

tips wawancara kerja

Bersiaplah! Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kecemasan sebelum wawancara adalah mempersiapkan. Lakukan riset tentang perusahaan serta posisi di tempat Anda diwawancara. Jika perusahaan belum menjelaskan proses wawancara kepada Anda, maka tanyakan agar Anda tahu apa yang diharapkan!

Latihan menjadikan sempurna. Minta pada teman atau anggota keluarga untuk “mewawancarai” Anda, menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang Anda pikir akan ditanyakan oleh pewawancara. Terlepas dari bidang usahanya, Anda harus siap untuk memberikan respon yang bijaksana untuk pertanyaan-pertanyaan berikut:

Mengapa saya menginginkan pekerjaan ini?

Apa tujuan saya? Bagaimana berada di posisi ini ini membantu saya untuk mencapai tujuan tersebut? Di mana tepatnya saya melihat diri saya dalam lima tahun ke depan?

Bagaimana kaitan keterampilan dan pengalaman saya dengan posisi ini?

Bagaimana keterampilan dan pengalaman yang saya miliki memberikan nilai kepada perusahaan?

Lakukan latihan dengan cara mencoba untuk mewawancarai pewawancara. Selain menjadi akrab dengan pertanyaan yang mungkin ditanyakan, Anda juga harus membuat daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan dalam wawancara. Ingat, Anda melakukan wawancara sebanyak perusahaan mewawancarai Anda.

Mengajukan pertanyaan dalam sebuah wawancara menunjukkan bahwa Anda telah melakukan pekerjaan rumah Anda tentang perusahaan, dan tahu jelas tentang bagaimana perusahaan ini sejalan dengan tujuan karir Anda, dan menunjukkan minat yang tulus pada perusahaan dan posisi.

Perlakukan wawancara seperti Kencan Pertama. Menenangkan saraf Anda sebelum wawancara dapat sesederhana menempatkan wawancara dalam perspektif. Wawancara tidak lebih dari percakapan dengan manusia lain yang mungkin berbagi minat yang sama dengan Anda. Jika Anda ramah dan berkepribadian, pewawancara Anda akan mencerminkan perilaku ini.

Jangan lupa, berpakaian untuk mengesankan. Meskipun hal ini mungkin tampak klise, Anda akan kagum pada bagaimana perasaan Anda tentang diri dan kemampuan Anda ketika Anda tahu bahwa Anda tampil dalam kondisi terbaik. Mengurangi kecemasan dalam wawancara dapat sesederhana mengenakan baju favorit Anda.

Tidak ada keraguan bahwa tekanan sebelum dan selama wawancara bisa sangat besar, tetapi tidak harus merusak kinerja Anda. Mengambil pelajaran dari saran di atas akan membantu Anda merasa bahwa Anda telah kembali menguasai situasi dan memberi Anda kepercayaan diri untuk wawancara dengan baik dan membuat kesan yang luar biasa dan bertahan lama.

Demikianlah, Cara Hilangkan Rasa Takut Saat Wawancara Kerja. Share sama teman kamu juga ya...^_^
loading...

0 Response to "Cara Hilangkan Rasa Takut Saat Wawancara Kerja"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.