11 Tips n Trik Biar Awet Muda

loading...
11 Tips n Trik Biar Awet Muda - Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti akan mengalami yang namanya penuaan. Proses menjadi tua ini adalah proses yang wajar dan pasti dialami oleh setiap makhluk hidup.

Tetapi seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, kini banyak para ahli yang telah menemukan berbagai cara agar selalu nampak muda. Mereka telah banyak melakukan penelitian hingga bisa memberikan tips cara awet muda.

cara awet agar muda

Meskipun setiap orang memiliki hasil yang berbeda-beda, tetapi setidaknya ada beberapa perubahan yang bisa membuat kita tampak beberapa tahun lebih muda dari usia sebenarnya.

Nah bagi Anda yang ingin tampil lebih muda, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan mulai sekarang juga.

Cara Agar Tetap Awet Muda Dengan Mudah dan Sederhana


1. Lenyapkan pemikiran negatif tentang penuaan


Banyak sekali masyarakat yang berfikir bahwa ketika mereka menua nanti tidak akan bisa melakukan apa-apa lagi. apabila Anda merupakan salah satu dari mereka, maka mulai sekarang juga hilangkan pemikiran negatif tersebut.

Sebab menurut Psikolog Becca Levy, Ph.D. dari Universitas Yale seseorang yang selalu berfikir negatif mengenai hari tuannya nanti, maka sugesti negatif tersebut akan benar-benar terwujud ketika tua.

Ilmuwan tersebut juga menambahkan, seseorang yang selalu berfikir negatif tentang hari tua, mereka akan mengalami penuaan 7,5 tahun lebih cepat dari pada seseorang yang selalu berfikir positif.

2. Selalu bersihkan gigi Anda


Penelitian setidaknya telah menujukan bahwa seseorang yang rajin membersihkan gigi akan terhindar dari kematian akibat penyakit periodontitis dan kardiovaskuler seperti jantung.

Seperti yang telah saya lansir dari situs Realage.com, seseorang yang jarang membersihkan gigi akan mengalami resiko kematian akibat periodontitis pada usia muda sebesar 3 kali lipat. Bahkan bisa jadi 4 kali lipat lebih besar apabila juga terserang penyakit serangan jantung.

Oleh sebab itu, tips agar awet muda selanjutnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan gigi. Anda bisa membersihkan gigi dengan berkumur ataupun menggunakan benang gigi.

3. Pertahankan sikap positif Anda


Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1986 oleh David Snowdon, beliau adalah seorang ilmuwan dari Universitas Kentucky. Ilmuwan tersebut melakukan penelitian pada 678 biarawati.

Dalam penelitiannya tersebut, David mendapatkan sebuah rahasia dari otak. Dimana saat seorang biarawati berfikir cemas (berfikir negatif), mereka akan mengalami penuaan yang lebih cepat dari pada seseorang yang selalu berfikir positif.

Memang cara agar awet muda satu ini cukup sepele, tetapi cobalah untuk selalu berfikir positif agar tampak lebih muda dari usia yang sebenarnya.

4. Melakukan olahraga secara rutin


Tidak hanya anak-anak muda saja yang diharuskan untuk melakukan olahraga rutin, tetapi para lansia pun juga harus selalu melakukan olahraga agar penuaan tidak terjadi dengan cepat.

Menurut James M. Rippe M.D, seseorang yang gemar melakukan olahraga sejak usia muda, jantung mereka jauh lebih sehat dari pada orang yang tidak melakukan olahraga secara rutin.

Dengan keadaan jantung sehat ini, maka secara otomatis pendistribusian darah keseluruh tubuh akan berjalan secara optimal, hingga pada akhirnya akan menyebabkan metabolisme dalam tubuh berjalan dengan normal, terutama dalam hal regerenasi sel baru.

5. Hindari stres berlebihan


Stres merupakan kondisi tertekan yang diakibatkan karena banyaknya masalah. Kondisi stres sangat buruk dalam segala aspek kehidupan, mulai dari kecantikan sampai dengan kesehatan.

Menurut sebuah studi penelitian, seseorang yang mengalami stres jauh lebih cepat mengalami penuaan sebesar 60 % dari pada seorang yang selalu bahagia dalam hidupnya. sebab kondisi stres akan memicu gangguan regerenasi sel baru dalam tubuh.

Oleh sebab itu, tips agar awet muda selanjutnya adalah dengan menghindari stres sebisa mungkin.

6. Meditasi


Meditasi merupakan kegiatan yang mirip dengan pertapaan, tetapi meditasi lebih bertujuan untuk mendapatkan ketenangan batin.

Menurut Deepak Copra M.D dalam sebuah buku karangan nya, meditasi akan membantu tubuh menurunkan hormon adrenalin dan cartisol penyebab rasa cemas. Dengan menurunkan hormon tersebut, maka secara otomatis kita akan menjadi lebih tenang.

Tidak hanya sampai disitu saja, ilmuwan ternama tersebut juga berpendapat bahwa seseorang yang sering melakukan meditasi memiliki usia biologis 5 sampai 12 tahun lebih muda dari pada usia kronologisnya sekarang.

7. Pertahankan kesehatan kulit Anda


Tips agar awet muda selanjutnya adalah dengan mempertahankan kesehatan kulit. Dengan menjaga kesehatan kulit, maka regerenasi sel-sel baru akan berjalan secara optimal.

Regenerasi sel-sel kulit secara optimal inilah yang nantinya menyebabkan Anda tampak lebih muda dari usia yang sebenarnya.

Ada banyak sekali cara menjaga kesehatan kulit, mulai dari perawatan salon sampai dengan perawatan secara alami.

8. Konsumsi makanan ber-antioksian


Antioksidan merupakan senyawa yang sangat penting untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Mengapa? Sebab antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Ada banyak sekali makanan yang mengandung tinggi akan antioksidan, mulai dari pepaya, jeruk, lemon, dan masih banyak lagi. Namun saya sangat merekomendasikan untuk mengkonsumsi jambu, sebab sela kaya antioksidan buah tersebut semakin sempurna dengan kandungan kolagen yang mampu menjaga kekencangan kulit secara alami.

9. Konsumsi banyak makanan berserat


Seperti yang telah diungkapkan oleh DR. OZ, tips tampil awet muda adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat. Sebab selain bermanfaat bagi pencernaan, makanan berserat juga akan memelihara organ-organ tubuh agar tetap sehat dan bekerja optimal.

Kebutuhan serat tubuh kita setiap harinya adalah 25 gram, Anda bisa mendapatkan asupan serat tersebut dari berbagai macam buah dan sayur. Mulai dari buah pepaya, jambu, sayur brokoli, bayam, dan masih banyak lagi.

 10. Cukup tidur setiap harinya


Istirahat sebenarnya sangat penting untuk tubuh, akan tetapi banyak orang yang menyepelekan nya. Apabila Anda ingin selalu awet muda, perhatikan jatah tidur mulai detik ini juga.

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas of Chicago, seseorang yang mengganti waktu tidurnya dari 8 jam menjadi kurang dari 4 jam, mereka beresiko terkena obesitas dan diabetes 6 kali lebih besar.

Nah dari munculnya penyakit inilah, penuaan-penuaan bisa muncul dengan mudah di dalam diri Anda. oleh sebab itu, penuhi tidur secara rutin minimal 8 jam setiap harinya.

11. Asah otak Anda setiap saat


Cara agar awet muda yang terakhir adalah dengan selalu mengasah otak. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Columbia, seseorang yang gemar mengasah otak melalui pendidikan, hobi, dan pekerjaan mereka akan terhindar dari penyakit alzheimer sebesar 35-40 % dari pada seseorang yang tidak pernah mengasah otaknya.

Demikianlah cara dan tips agar awet muda. tips-tips diatas saya ambil dari para ahli dan ilmuwan yang sudah sejak jaman dahulu melakukan penelitian cara-cara agar manusia awet muda.
loading...

0 Response to "11 Tips n Trik Biar Awet Muda"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.