4 Aksesoris Ini Berbahaya Bila Dipasang Di Mobil Anda

loading...
4 Aksesoris Ini Berbahaya Bila Dipasang Di Mobil Anda - Kendaraan beroda empat ini sangat banyak membantu orang-orang dalam bepergian. Zaman sekarang sudah banyak sekali orang yang memiliki sebuah mobil di rumahnya. Tetapi karena merasa masih kurang puas dengan kondisi mobilnya saat ini tak jarang pemiliknya akan melakukan modifikasi, yang biasanya dilakukan dengan menambahkan beberapa aksesori tertentu.

Menambahkan aksesori ke mobil anda itu sejatinya hal yang boleh-boleh saja dan tidak ada masalah bila anda melakukannya. Tetapi anda juga harus mempertimbangkan dari penambahan aksesori tersebut dalam mobil anda, yang berarti tidak asal pasang saja. Hal ini penting untuk diperhatikan karena tidak sedikit aksesori tersebut menimbulkan kejadian yang tidak diharapkan.

4 Aksesoris Ini Berbahaya Bila Dipasang Di Mobil Anda

Fatalnya, ada aksesori kendaraan yang justru bisa membahayakan pengendara atau pengguna jalan lainnya. Seperti dijelaskan Bintarto Agung, Presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC), pemilik kendaraan sebaiknya menghindari aksesoris tambahan pada kendaraan yang dapat membahayakan, baik bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

"Setiap pemilik kendaraan seharusnya paham betul aksesori apa yang sesuai untuk kendaraannya , sehingga tidak menimbulkan kerugian," ujar Bintarto, Minggu (5/7/2015).

Lalu apa sajakah aksesori mobil yang dapat membahayakan tersebut?


1. Bull Bar (tanduk)


Penggunaan tanduk bemper (bull bar) tidak tepat untuk berkendara di dalam kota, karena fungsi dasarnya adalah untuk daerah yang bersalju atau daerah perkebunan, sehingga bagian depan mobil akan bisa ter lindungi saat akan membelah salju atau menghalau tanaman.

Bila aksesori itu digunakan di dalam kota, dikhawatirkan ketika menyenggol kendaraan lain kerusakan yang dialami akan cukup parah, bahkan jika menabrak seseorang akan bisa cedera serius dan mengalami kematian.

Maka jangan heran jika banyak mobil yang menggunakan bemper depan akan selalu kena tilang oleh polisi lalu lintas. Toh menggunakan bemper depan itu tidak ada dalam aturan.


2. Merubah Pedal


Cara mudah membuat tampilan interior jadi lebih sporty adalah dengan mengubah pedal karet bawaan pabrik dan melapisinya (cover) dengan bahan metal. Hal ini berbahaya, karena bahan karet yang digunakan sebenarnya memiliki fungsi tersendiri, yakni agar tidak licin.

"Mengganti dengan pedal metal sebenarnya tidak dilarang, namun tidak disarankan. Selama aksesori tersebut tidak akan menyebabkan kaki tergelincir dari kontrol pedal," ujar Bintarto.

3. Penggunaan Forklift Knob


Alat pemutar setir atau forklift knob yang dipasang pada lingkar kemudi adalah salah satu aksesori yang wajib dihindari. Aksesori ini membuat kendali setir tidak sepenuhnya berada di kedua genggaman tangan.

Jika terjadi kondisi darurat, kendali kemudi tidak utuh pada kedua tangan dan akan fatal akibatnya. Selain itu penambahan aksesori ini dapat menyebabkan cedera pada pergelangan tangan pengendaranya.

4. Menambah Lampu Atau Mengganti Lampu


Fungsi lampu pada setiap kendaraan pada dasarnya adalah untuk menerangi jalan. Selain sebagai alat bantu penerang, lampu juga berfungsi sebagai alat komunikasi dengan kendaraan lain. Seperti lampu sein yang digunakan untuk berbelok, dan lampu tembak yang digunakan untuk memberi peringatan.

Setiap lampu pada kendaraan memiliki warna lampu yang berbeda dan sudah menjadi standar yang dibakukan dan memiliki makna informasi yang berbeda-beda. Pada kendaraan lampu depan selalu berwarna putih atau kuning muda. Sedang lampu sein selalu berwarna kuning, sementara lampu rem selalu berwarna merah dan putih untuk lampu mundur.

Kebanyakan para pemilik kendaraan yang merasa tak puas selalu mengganti warna lampu yang sudah menjadi standar. Terkadang karena tidak suka para pemilik selalu mengganti warna lampu sein dengan warna yang gelap dan tidak terang. Hal ini tentunya akan menyulitkan kendaraan lain yang sama-sama menjadi pemakai jalan.

So, sebaiknya anda jangan mengubah atau memodifikasi warna lampu anda karena dikhawatirkan orang lain bisa salah paham dengan cahaya lampu anda. "Mengubah lampu rem atau sein menjadi warna putih atau warna lainnya bisa membuat kendaraan lain yang ada di belakang terganggu. Ini bisa saja menyebabkan terjadinya kecelakaan," ujar Bintarto.

Demikianlah setidaknya, 4 Aksesoris Ini Berbahaya Bila Dipasang Di Mobil Anda. Memang dengan menggunakan beragam aksesori kendaraan kita akan lebih menarik dan merasa betah ketika menggunakannya.

Selalu bijaklah sebelum mengganti atau menambahkan aksesori tertentu, sebelum mengganti atau menggunakan aksesori tambahan, pertimbangkan dahulu apa manfaatnya. Jangan cuma melihat dari sudut pandang pribadi saja tetapi juga perhatikan kepentingan orang lain.
loading...

0 Response to "4 Aksesoris Ini Berbahaya Bila Dipasang Di Mobil Anda"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.