Waktu Puasa Di Dunia Terpendek Hingga Terpanjang

loading...
Waktu Puasa Di Dunia Terpendek Hingga Terpanjang - Puasa adalah salah satu ibadah yang diwajibkan untuk umat muslim di seluruh dunia. Puasa wajib dilakukan di bulan Ramadhan selama 30 hari atau satu bulan penuh. Puasa dimulai dari semenjak terbit fajar di waktu adzan subuh berkumandang hingga waktu terbenam matahari atau saat adzan magrib bergema.

Setiap negara memiliki perbedaan zona waktu, dan itu pula yang menjadikan durasi berpuasa di setiap negara berbeda satu dengan yang lainnya. Untuk kita yang tinggal di Indonesia biasanya kita akan mengalami waktu berpuasa selama kurang lebih 13 jam. Kita yang tinggal di Indonesia sebetulnya terbilang beruntung karena lamanya waktu berpuasa dan tidak berpuasa kurang lebih sama.

Berbeda dengan negara yang berada di wilayah Skandinavia yang harus menjalani ibadah puasa hingga 21 jam lamanya. Perbedaan waktu puasa adalah karena disebabkan oleh peredaran matahari yang tidak mengitari bumi secara lurus melainkan miring.

Hal ini menjadikan pada waktu tertentu, yaitu bulan Maret hingga September, negara-negara yang berada di belahan bumi utara mengalami waktu siang hari yang lebih lama dibandingkan dengan yang di selatan. Sementara pada bualan Oktober hingga Februari yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu belahan bumi selatan menerima cahaya matahari lebih panjang dibandingkan dengan yang di utara.

Waktu Puasa Di Dunia Terpendek Hingga Terpanjang

Negara dengan durasi puasa paling pendek di dunia


Arab Saudi, dengan waktu puasa 12 jam


Biasanya Arab saudi mengalami waktu puasa yang cukup panjang yakni, 14 jam 40 menit dalam sehari. Tetapi setelah dilakukan perhitungan dengan ilmu falak, ternyata terjadi pengurangan waktu puasa sebanyak 2 jam di negara Arab Saudi.

Hal ini membuat orang berpuasa dalam waktu sekitar 12 jam 40 menit dalam sehari, ini juga sekali menempatkan Arab saudi sebagai salah satu negara dengan durasi puasa terpendek didunia.

Kepulauan Komoro, dengan waktu puasa 12 jam


Negara lainnya yang juga mendapatkan waktu terpendek dalam berpuasa adalah Kepulauan Komoro. Penduduk dari negara yang masih termasuk dalam jazirah Arab ini menjalankan ibadah puasa dengan durasi 12 jam 31 menit.

Pada Ramadhan tahun lalu penduduk negeri ini menjalani puasa dalam keadaan musim dingin dengan udara yang kering. Tetapi ternyata keadaan tersebut tidak sedikit pun mengganggu ibadah dan kegiatan sehari-hari mereka.

Argentina, dengan waktu puasa  9 jam


Buenos Aires adalah ibu kota dari negara yang juga memiliki waktu puasa tersingkat di dunia ini. Para penduduk muslim di Argentina hanya menjalankan puasa selama 9 jam 37 menit. Negara ini juga termasuk negara yang ramah terhadap penduduk muslim meskipun agama Islam disana adalah minoritas, yaitu hanya sekitar 1,9 persen dari total penduduk Argentina.

Chilli, dengan waktu puasa 9 jam


Negara yang memiliki ibu kota bernama Santiago merupakan salah satu negara yang letak wilayahnya paling selatan bumi. Penduduk muslimnya menjalani ibadah puasa selama 9 jam 12 menit, atau dari jam 05.31 hingga 15.00

cuaca dingin dan udara kering merupakan ujian bagi mereka yang menjalani puasa di negara ini, kendati demikian itu tidak menjadi hambatan mereka untuk berpuasa dan berakativitas sehari hari.

Negara diatasi adalah deretan negara yang mengalami durasi puasa paling pendek didunia. Tetapi di belahan bumi lainnya terdapat beberapa negara yang memiliki durasi puasa paling lama didunia. Hal ini terjadi karena perbedaan musim dan lokasi geografis dari setiap negara, hingga waktu siang yang mereka alami lebih panjang dibandingkan waktu malam yang mereka jalani.

Negara dengan durasi puasa paling panjang di dunia


Jepang, dengan durasi puasa 15 jam 37 menit


Umat Islam yang tinggal di negara yang memiliki julukan negeri matahari terbit tersebut menjalani puasa selama 15 jam 37 menit. Selain waktu puasa yang terbilang  panjang umat muslim disana juga mendapatkan kesulitan dalam menemukan restoran makanan halal.

Amerika Serikat, dengan durasi puasa 16 jam


Di negara paman sam ini waktu berpuasa juga lebih lama jika dibandingkan dengan negara Indonesia, warga muslim Amerika menjalankan puasa selama 16jam dalam sehari.

Inggris, dengan durasi puasa 17 jam 45 menit


Pada tahun ini umat muslim di Inggris akan menjalani puasa selama 17 jam 14 menit atau 2,5 lebih pendek dari waktu berpuasa di Rusia.

Rusia, dengan durasi puasa 19 jam


Rusia adalah salah satu negara yang terletak dibagian utara bumi. Waktu puasa dimulai pada waktu imsak jam 03.15 hingga berbuka pada pukul 21.37 yang berarti umat muslim disana akan menjalani ibadah puasa selama 19 jam.

Negara-negara Skandinavia, dengan durasi puasa 21 jam


Negara-negara Skandinavia seperti Finlandia, Swedia, dan Norwegia tengah mengalami musim panas dan matahari akan bersinar lebih lama di negara-negara tersebut yaitu selama 21 jam (1 hari kurang 3 jam), Hal ini menjadikan puasa paling panjang di dunia terjadi di negara-negara Skandinavia.

Walau durasi puasa disana sangat lama, ternyata masih ada sebagian yang mampu menjalaninya, dan sebagian lagi mengikuti waktu di Arab Saudi. Banyak ulama yang membolehkan mengikuti waktu puasa yang ada di arab Saudi atau Turki.

Beruntung bagi kita yang tinggal di Indonesia bisa menjalankan puasa tidak terlalu lama, dan juga tidak terlalu singkat. Semoga Waktu Puasa Di Dunia Terpendek Hingga Terpanjang. Bisa menambah wawasan anda tentang perbedaan waktu puasa di dunia.
loading...

0 Response to "Waktu Puasa Di Dunia Terpendek Hingga Terpanjang"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.