Penyebab Kecepatan Loading Blog Berbeda-beda

loading...
Penyebab Kecepatan Loading Blog Berbeda-beda - Kecepatan website/blog satu dengan yang lain sebenarnya memang berbeda-beda. Hal ini bukan karena pengaruh kecepatan koneksi internet pengguna, karena masalah koneksi internet itu datangnya dari pengguna itu sendiri.

Kecepatan dari sebuah situs dipengaruhi oleh internal pembangun dan konten yang terdapat didalamnya. Berikut ini beberapa contoh yang mempengaruhi kecepatan sebuah situs atau blog.

Penyebab Kecepatan Loading Blog Berbeda-beda

Penyebab Kecepatan Loading Blog Berbeda-beda

1.Theme yang digunakan
Sebenarnya zaman sekarang ini semua template sudah di-design dengan responsive dan fast loading. Namun masih ada beberapa situs yang masih bertahan menggunakan template dengan fitur yang belum di update.

2.Server
Bila kamu pernah mengakses situs BMKG saat terjadi bencana alam, maka kamu pasti akan mendapati situs tersebut sangat berat dan lambat untuk diakses, atau bahkan tidak mau terbuka sama sekali. Ini dikarenakan performa server yang teralu berat karena harus memproses permintaan dari ribuan bahkan jutaan pengguna pada waktu yang bersamaan.

Tetapi berbeda dengan situs besar seperti Google, Facebook, Youtube dan yang lainnya. Situs mereka tetap menyajikan performa yang baik walau pun ketika terjadi lonjakan pengunjung. Ini karena mereka memiliki server yang maupun menerima lonjakan pengunjung website kapan saja.

3.Lokasi server
Beberapa lokasi server yang umumnya digunakan misalnya USA, Singapore dan Indonesia. Jadi semakin jauh antara penerima dan lokasi server maka akan semakin lambat loading yang akan diterima, walaupun pada normalnya hanya butuh waktu seper-sekian detik.

Jadi ini pula yang membuat website-website yang ada di Indonesia menjadi lebih cepat diakses dibandingkan dengan situs-situs yang berada di USA, itu karena kamu berada di Indonesia, tetapi tidak berlaku dengan situs lokal yang menggunakan server luar.

Tetapi semenjak banyak website yang menerapkan sistem CDN (Content Delivery Network) Untuk penjelasannya kamu bisa membaca pada artikel ini : Apa itu CDN

4.Ukuran dan jenis konten
Pada umumnya blog yang memiliki tampilan sederhana memiliki kecepatan loading yang lebih cepat dibandingkan dengan blog yang memiliki banyak tampilan iklan dan gambar maupun animasi flash. Itu juga yang terjadi pada situs-situs berita yang pada umumnya memiliki loading yang lambat untuk kecepatan rata-rata internet Indonesia.

Penyebabnya adalah selain karena memiliki traffik yang tinggi tetapi juga karena mereka memiliki banyak iklan dalam bentuk animasi gambar. Semakin banyak konten yang dimuat maka akan semakin memperberat loading blog/website.
loading...

0 Response to "Penyebab Kecepatan Loading Blog Berbeda-beda"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.