Mengenal Manfaat CDN (Content Delivery Network)

loading...
Mengenal Manfaat CDN (Content Delivery Network) - Bagi kamu yang saat ini tengah mengelola sebuah situs atau blog pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya CDN. Lalu apa sih kegunaan dan manfaat CDN itu untuk sebuah website? Untuk itulah artikel ini saya buat, disini akan kita coba jawab pertanyaan tersebut.

Mengenal Manfaat CDN (Content Delivery Network)

Mengenal Manfaat CDN (Content Delivery Network)

CDN adalah sebuah jaringan pengiriman konten yang dilakukan oleh server yang paling dekat dengan pengguna. CDN memiliki clint server yang telah tersebar di berbagai penjuru dunia. CDN akan secara otomatis menyimpan cache sebuah website, hal ini akan mempercepat akses karena akan dikirimkan oleh server yang berlokasi paling dekat dengan pengguna.

Karena telah menyimpan cache dari website di client CDN maka walaupun terjadi down di server asalnya kemungkinan website tersebut masih bisa diakses dengan menggunakan cache yang telah tersimpan di server CDN. Tetapi sistem ini juga memiliki kelemahan, yaitu bilamana terjadi down pada server CDN maka website anda tidak akan bisa diakses walaupun server atau hosting anda dalam keadaan baik-baik saja.

Mengenal Manfaat CDN (Content Delivery Network)

seperti yang terlihat pada gambar diatas, komputer yang paling besar adalah server asli dari website yang user akses. Sementara komputer-komputer kecil yang bertebaran adalah server-server Client CDN yang tersebar di seluruh dunia.

Tentunya apabila user mengakses konten langsung dari server utama (garis 1) tanpa melewati CDN maka waktu akses akan lebih lama, karena jarak server dan komputer user lebih jauh. Sementara bila menggunakan server CDN maka konten di kirim melalui server CDN yang lokasinya paling dekat dengan user (garis 2).

Katakanlah saya dari Indonesia dan mengakses konten situs web yang memiliki server di Amerika, tetap karena website tersebut menggunakan CDN maka bukan server dari Amerika yang akan melayani request dari saya tetapi dari server yang paling dekat misalnya Singapore.

Manfaat dari CDN
  • Memberikan akses yang lebih cepat untuk pengguna karena akan di layani oleh server terdekat
  • Jika sebagian besar pengunjung situs tersebut dilayani oleh server CDN, maka beban server asli menjadi lebih ringan
  • Loading website terasa lebih cepat
  • Sangat dibutuhkan oleh website dengan pengunjung dari seluruh dunia
Haruskah saya menggunakan CDN jika memiliki blog/website?
  • Jika memang target pengunjung anda berada jauh dari lokasi server yang anda gunakan, maka jawabannya ya.
  • Apabila anda menargetkan pengunjung dari berbagai belahan dunia, maka CDN adalah sebuah pilihan yang paling tepat untuk anda
Biasanya pada server hosting melalui kontrol cPanel sudah disediakan menu CDN dari CloudFlare. Jika tidak sebenarnya anda sendiri dapat mendaftar di CloudFlare untuk menikmati layanan CDN. Tenang saja, teman – teman bisa pilih layanan yang gratis kok. Meskipun gratis performanya tetap bagus namun ada beberapa fitur yang tidak di ikut sertakan seperti fitur keamanan.

Bila anda berminat untuk menggunakan CDN maka sebaiknya anda melakukan survei terlebih dahulu dengan menyimak berbagai pengalaman mereka yang telah menggunakan CDN, baik di
forum-forum, blog atau sumber lainnya. Terlebih dahulu kenali dampak positif dan negatifnya dari penggunaan  CDN.

Demikianlah, Mengenal Manfaat CDN (Content Delivery Network). Semoga membantu.
loading...

0 Response to "Mengenal Manfaat CDN (Content Delivery Network)"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.