Cara Deteksi Kerusakan Mobil Matik

loading...
Cara Deteksi Kerusakan Mobil Matik - Cara mendeteksi kerusakan pada transmisi mobil matik bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan mengendarainya. Dengan cara mengendarai mobil dan sedikit pemusatan perhatian, maka anda pasti bisa menemukan yang rusak pada mobil.

Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan, yang kesemuanya dilakukan dengan cara merasakan getaran atau sentakan saat mobil sedang dijalankan. Misalnya saat memasukkan gigi, atau saat menginjak pedal gas dalam-dalam.

Tips ini bisa anda terapkan bagi anda yang ingin pergi mudik dengan kendaraan kesayangan. Bila anda menemukan atau merasakan ada kerusakan pada kendaraan anda, maka jangan ragu untuk segera melakukan perbaikan. Demi perjalanan pulang kampung yang aman dan nyaman.

Cara Deteksi Kerusakan Mobil Matik

Langkah pertama, coba masukan tuas transmisi dari P ke R, R ke N, N ke D, D ke 3 (bila tersedia), atau bisa juga D ke 2 dan 2 ke 1, lalu sebaliknya. Saat itu caba rasakan dengan teliti apakah ada perubahan aneh yang anda rasakan saat tuas digeser atau tidak?

Bila anda merasakan gejala aneh seperti entakan  kasar, sebaiknya anda membawa mobil anda ke bengkel mobil matik atau bengkel resmi. Tetapi apabila semuanya mulus lanjutkan ke tes jalan.

Sekarang coba jalankan mobil anda, kemudian rasakan perpindahan gigi otomatisnya di setiap perpindahan kecepatan. Apakah dirasa normal seperti mengayun (Untuk jenis AT), dan perpindahan mulus untuk jenis CVT (Continously Vairable Transmission).

Bila perpindahan tidak berjalan mulus atau ada terdengar bunyi aneh dalam transmisi, segera lakukan pengecekan di bengkel. Sebaiknya jangan dulu langsung dipakai mudik, dari pada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan diperjalanan.

Baca juga: Sensor mudur tidak bekerja pada mobil Avanza, coba cara ini!!

Langkah terakhir, saat melaju, coba lakukan kick down, yaitu dengan menginjak gas dalam-dalam dengan cepat. Coba rasakan apakah mobil matik anda masih responsive ataukah tidak? Bilah tidak maka bisa dipastikan bahwa mobil matik anda mengalami masalah di bagian transmisi.

Demikainlah, Cara Deteksi Kerusakan Mobil Matik. Selamat mencoba!
loading...

0 Response to "Cara Deteksi Kerusakan Mobil Matik"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.