5 Cara Hemat Kuota Internet Android

loading...
5 Cara Hemat Kuota Internet Android - Sekarang ini bisa dipastikan hampir semua pengguna Android memanfaatkan internet untuk menunjang beragam aktivitas mereka. Mulai dari bermain game, berkirim pesan, hingga bermain media sosial.

Beragam aktivitas diatas sering kali membuat orang merasa kekurangan kuota data internet. Ya tentunya akan berdampak langsung pada pengeluaran untuk kebutuhan internet.

Tetapi sebenarnya dengan melakukan beberapa pengaturan, para pengguna Android bisa melakukan penyesuaian agar konsumsi datanya tidak terlalu besar.

5 Cara Hemat Kuota Internet Android

Untuk melakukannya kamu bisa coba melakukan beberapa tips sederhana dibawah ini:

1.Mengaktifkan fitur penghemat data pada browser
Salah satu kekhawatiran yang dirasakan para pengguna Chrome adalah konsumsi data yang banyak akan dihabiskan. Tetapi peramban khas milik Android itu memiliki fitur Data Saver yang menghemat penggunaan kuota data kamu.

Saat fitur ini diaktifkan maka Chrome akan menurunkan ukuran dan gambar yang ditampilkan di perangkat Android kamu. Cara mengaktifkannya cukup buka 'Setting' di Chrome, kemudian pilih 'Data Saver' lalu geser ke posisi aktif.

2.Atur data yang disingkronisasi
Saat menggunakan perangkat Adroid sudah pasti pengguna akan diminta untuk memasukkan akun Google di perangkat tersebut. Setelah itu, maka perangkat akan langsung secara otomatis mengsinkronisasikan dengan seluruh layanan Google lainnya, seperti Google Keep dan Google Fit.

Pengguna dapat melakukan pembatasan proses sinkronisasi dengan membuka aplikasi Setting --> Accounts kemudian tentukan akun google yang digunakan. Setelah itu, matikan layanan yang sekiranya jarang digunakan.

Walaupun sebenarnya layanan semacam ini tidak terlalu menguras kuota data internet, keputusan untuk mematikan beberapa layanan yang digunakan juga bisa digunakan untuk melakukan penghematan baterai.

3.Hapus aplikasi Facebook
Salah satu aplikasi yang cukup banyak megkonsumsi kuota adalah aplikasi facebook. Oleh karenanya, tidak ada salahnya bila pengguna menghapus aplikasi resmi dari Facebook ini.

Sebagai alternatifnya pengguna bisa mengakses Facebook dari situs mobile yang tentu lebih ramah kuota internet dan hemat daya. Bahkan untuk memudahkan saat ingin mengakses Facebook kamu bisa membuat jalan pintas ke situs Facebook di halaman depan perangkat.

4.Batasi penggunaan data di background
Cara ini cukup efektif untuk membatasi beberapa aplikasi yang tetap terkoneksi dengan internet, walaupun sedang tidak digunakan. Saat menggunakan fitur ini, biasanya aplikasi hanya akan benar-benar berjalan saat smartphone terkoneksi dengan internet.

Untuk mengaktifkannya pengguna cukup masuk kedalam aplikasi setting --> Data Usage. Kemudian pilih tombol menu di pojok kanan dan pilih Restrict background data, kemudian centang Ok.

Data Usage memungkinkan pengguna untuk melihat penggunaan data. Pengguna bisa mengatur dan merencanakan penggunaan kuota setiap bulannya. Termasuk melakukan peringatan kepada pengguna saat sudah mendekati batas maksimal.

5.Jangan terlalu sering streaming
Sekarang ini para pengguna Android sering menggunakan layanan streaming mulai dari musik, video, hingga layanan nonton film online. Layanan streaming sudah pasti membutuhkan kuota data yang besar.

Tetapi itu bukan berarti pengguna tidak bisa menikmati layanan streaming dengan tenang, pasalnya beberapa aplikasi sudah menawarkan opsi penghematan kuota data.

Baca juga : Cara Kembalikan Foto Yang Terhapus di Android
                 Aplikasi Edit Foto Terbaik Android
Hanya saja saat aplikasi semacam ini diaktifkan maka akan sedikit menurunkan kualitas. Misalnya saat menonton video, maka resolusi gambar akan diturunkan, tujuannya jelas untuk menghemat kuota data internet pengguna. Sebaliknya pada saat digunakan untuk streaming musik maka tidak akan ada perubahan yang dirasakan.

Terimakasih sudah membaca 5 Cara Hemat Kuota Internet Android. Semoga bermanfaat.
loading...

0 Response to "5 Cara Hemat Kuota Internet Android"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.