10 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami

loading...
10 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami - Tubuh dengan berat badan ideal adalah dambaan bagi semua orang baik wanita maupun pria. Pasalnya berat badan ideal membuat penampilan terlihat menarik secara fisik. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan tubuh yang proporsional. Baik memiliki tubuh yang terlalu gemuk maupun kurus dapat sangat menjengkelkan.

cara menurunkan berat badan secara alami

Artikel ini akan membahas secara khusus cara menurunkan berat badan secara alami. Kenapa harus secara alami? Karena diet yang tidak alami atau menggunakan obat-obatan kimia yang dikonsumsi secara berkepanjangan sangatlah tidak dianjurkan. Bagi anda yang akan melakukan diet, pastikan pula anda melakukannya dengan cara yang baik. Berikut ini akan kami berikan tips menurunkan berat badan yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah kegemukan atau obesitas yang mungkin sedang anda alami.

Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

1.Banyak Olahraga (banyak bergerak)

Bagi anda yang memiliki cukup banyak waktu luang, anda dapat melakukan penurunan berat badan dengan cara banyak berolahraga secara teratur. Tidak usah yang berat-berat, cukup mulai dengan olahraga yang ringan seperti jogging, senam aerobatik, maupun jalan santai. Selain itu biasakan pula untuk selalu aktif bergerak, misalnya jika anda biasanya pergi ke toko sebelah dengan menggunakan sepeda motor, maka jika memungkinkan tempuhlah dengan berjalan kaki. Hal ini akan membakar kalori dalam tubuh, jadi usahakan untuk selalu bergerak sesering mungkin.

2.Perbanyak Minum Air Putih

Air putih bisa membantu menurunkan berat badan secara alami, pasalnya dengan minum air putih dapat meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh yang akan membantu proses metabolisme tubuh. Saat anda sedang melakukan program penurunan berat badan, sebaiknya cukupi pula kebutuhan air putih anda dengan minum sebanyak 8 gelas sehari. Selain memiliki khasiat menyehatkan banyak minum juga akan membantu menurunkan nafsu makan anda, karena anda akan merasa kenyang duluan.

3.Makan Makanan Berserat

Makanan yang mengandung serat tidak hanya dianjurkan untuk mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan, tetapi juga baik untuk dikonsumsi semua orang untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Makanan berserat bisa anda konsumsi baik siang ataupun malam hari. Makanan tinggi serat bisa anda dapatkan dari buah dan sayuran. Contoh buah yang mengandung serat adalah pir, jambu biji, pepaya dan pisang. Sedangkan untuk sayuran yang mengandung serat tinggi adalah kembang kol, kubis merah, sayur - sayuran hijau, brokoli, labu, bayam, lobak, kentang dan ubi jalar. Anda dapat mengkonsumsi beberapa buah dan sayuran tersebut.

4.Makan Tepat pada Waktunya

Diet sering diartikan bahwa anda harus selalu menunda-nunda makan, manusia itu perlu makan, loh? Bahkan sebagian orang ada yang menganggap jika telat makan itu baik, dan ada pula yang dengan sengaja menunda jam makannya. Padahal, hal ini akan memberikan dampak buruk bagi anda, karena anda akan semakin merasa lapar, hingga akhirnya akan membuat anda sulit untuk menahan diri dan makan dengan porsi yang lebih banyak. Bagaimana pun tubuh anda membutuhkan makanan, paling tidak 3 kali sehari. Mengurangi porsi makan akan jauh lebih baik dibandingkan dengan hanya makan sebanyak 1 atau 2 kali sehari.

5.Jangan Makan Larut Malam

Malam hari adalah saatnya bagi tubuh anda untuk istirahat, sehingga tubuh tidak memerlukan asupan karbohidrat yang banyak. Jika anda berharap diet anda berhasil maka disarankan untuk makan malam terlebih dahulu dengan makanan yang mengandung karbohidrat. Jika anda merasa sering lapar di malam hari maka ganti lah menu dengan sayur-sayuran yang direbus dan bukan ditumis dengan minyak atau makanan yang digoreng lainnya. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan dalam menu makan malam anda.

6.Cukup Tidur

Normalnya manusia memerlukan istirahat seperti tidur 8 jam sehari atau minimal 7 jam sehari. Berdasarkan hasil penelitian orang yang tidurnya kurang 7 jam sehari produksi hormon kortisol, gula dari dan produksi insulin-nya meningkat. Hal tersebut dapat memicu tubuh anda menjadi cepat lapar dan menjadikan resistenti insulin dimana restensi tersebut akan membuat tubuh anda menyimpan cukup banyak lemak. Jadi intinya pola tidur penting dalam menentukan kesuksesan program penurunan berat badan anda.

7.Karbohidrat Kompleks

Energi dari gula bisa kita peroleh melalui karbohidrat salah satunya. Namun karbohidrat dalam bentuk sederhana susah untuk diserap oleh tubuh hingga akhirnya akan ditimbun sebagai lemak. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat sederhana adalah nasi, mie, pasta dll. Bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan maka sebaiknya anda mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Adapun contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah beras merah, gandum, sereal, oat meal, dan jenis kacang-kacangan.

8.Protein

Protein adalah salah satu jenis nutrisi yang harus anda konsumsi di pagi hari ketika anda menjalankan diet. Berdasarkan hasil penelitian protein memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh salah satunya membakar lemak, itu berarti akan semakin mendukung program diet anda. Beberapa sumber protein yang dapat anda temukan sehari-hari antara lain putih telur, oat meal atau pun sereal. Jadi anda tidak usah khawatir protein akan menambah berat badan anda.

9.Jangan lewatkan sarapan

Meninggalkan sarapan merupakan cara yang salah yang sering dilakukan saat ingin menurunkan berat badan. Padahal dengan meninggalkan sarapan dapat menyebabkan penurunan metabolisme tubuh. Terlebih bagi anda yang memulai aktivitas di pagi hari, tubuh anda membutuhkan asupan nutrisi untuk dapat menjalani aktivitas di pagi tersebut. Melewatkan sarapan, tidak segar dan nampak lesu. Meskipun anda ingin berat badan segera turun, tetapi meninggalkan sarapan tidaklah dianjurkan.

10.Konsisten pada Niat

Jika anda melakukan program penurunan berat secara setengah hati, maka sudah pasti hasilnya akan kurang memuaskan, atau bahkan anda bisa berhenti ditengah jalan. Modal pertama dan paling utama adalah niat, kemudian lakukanlah secara konsisten. Bayangkan jika suatu saat nanti anda kan memiliki tubuh yang ideal, pasti akan sangat menyenangkan. Dengan demikian anda akan selalu konsisten dalam menjalani diet anda. Jangankan 1 atau 2 bulan, di luar sana ada beberapa orang yang baru berhasil memperoleh berat badan ideal yang mereka impikan setelah 5 tahun diet secara konsisten.

Nah itulah 10 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami. Sebisa mungkin hindari penggunaan obat kimia atau bahkan operasi untuk menghilangkan lemak pada tubuh anda. Segala sesuatu yang ada dalam tubuh kita berjalan secara alami, akan lebih baik jika kita memberikan manfaat alami ke dalam tubuh kita. Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba!
loading...

0 Response to "10 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.