5 Tips Merawat Rambut Mudah Alami

loading...
5 Tips Merawat Rambut Mudah Alami - Berdasarkan hasil survey, didapatkan fakta bahwa kondisi rambut sangat mempengaruhi suasana hati wanita. Saat memiliki rambut sehat dan berkilau, kebanyakan wanita akan merasa cantik dan lebih percaya diri.

Tetapi hal sebaliknya terjadi saat wanita memiliki rambut yang kering dan rusak. Ujung rambut yang bercabang, terlihat kusam, berbentuk megar, dapat merusak mood. Jadi, jangan biarkan rambut rusak merusak penampilan dan juga suasana hati anda.

5 Tips Merawat Rambut Mudah Alami

Penyebab Rambut Kering dan Rusak


Rambut kering dapat muncul disebabkan karena kelembaban rambut yang berkurang. Ada dua faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Pertama, kulit kepala tidak mampu memproduksi minyak yang cukup, sehingga rambut kering. Hal ini bisa disebabkan karena faktor usia. Makin berumur seseorang, rambut akan memproduksi minyak lebih sedikit.

Sedangkan penyebab kedua adalah rusaknya bagian kutikula (lapisan pelindung rambut). Kutikula rambut yang rusak bisa disebabkan oleh terlalu seringnya menata rambut dengan menggunakan pengering rambut atau catok, merubah penampilan rambut dengan mengeriting, meluruskan, atau mengecatnya. Jika sudah rusak, kutikula akan mengelupas dan membuat rambut tidak mampu mempertahankan kelembabannya.

Cara Alami Merawat Rambut yang Benar dan Mudah


Beberapa orang mungkin akan lebih memilih perawatan rambut ke salon dengan alasan lebih simpel tanpa harus ribet ini-itu.

Namun sebelum kamu memutuskan untuk pergi ke salon, sebaiknya cobalah untuk melakukan perawatan secara rutin sendiri di rumah.

Berikut ini serangkaian cara merawat rambut kering, kusam, bercabang, rontok, lepek, dan lainnya yang bisa kamu coba di rumah.

1. Cuci rambut dua hari sekali


Ingat ya dua hari sekali, bukan dua kali sehari. Banyak orang beranggapan sering mencuci rambut akan membuatnya terlihat sehat dan berkilau, padahal tidak demikian. Terlalu sering mencuci rambut justru bisa menghilangkan minyak alami di kulit kepala yang selanjutnya mengakibatkan rambut kering.

Beberapa ahli perawatan rambut ternama menyarankan untuk mencuci rambut minimal dua hari sekali, terutama kamu yang memiliki rambut kering. Namun apabila ingin menjaga kesegaran rambut, kamu boleh kok mencuci rambut setiap hari, asalkan diselang-seling penggunaan sampo dan kondisioner.

Note: saat mencuci rambut, utamakan menggosok kulit kepala, hindari menggosok rambut. Menggosok bagian rambut justru akan merusaknya.

2. Gunakan beberapa bahan alami


Perawatan rambut selanjutnya bisa kamu terapkan dengan bahan alami yang mengandung protein tinggi, misalnya seperti telur yang dicampur dengan minyak zaitun murni. Oleskan masker rambut alami tersebut merata keseluruh kulit kepala selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

Kelembapan rambut kering juga bisa meningkat dengan cara mengoleskan setengah sendok teh minyak kelapa pada pertengahan hingga bagian ujung rambut. Kemudian sisir sampai merata dan bilas setelah 30 menit. Pengolesan ini akan semakin efektif apabila kamu lakukan setelah keramas.

3. Potong bagian ujung rambut


Rambut kering yang sudah parah biasanya mengakibatkan munculnya cabang. Akan tetapi, pemotongan rambut bercabang tak boleh dilakukan asal-asalan.

Memotong bagian ujung rambut sebaiknya kamu lakukan di salon. Kenapa? Karena salon memiliki alat pemotong khusus yang memiliki tingkat ketajaman sesuai dengan tekstur rambut. Memotong rambut dengan gunting tumpul (ketajaman tak sesuai) akan memperparah kondisi rambut bercabang kamu.

 4. Pilih produk perawatan rambut yang tepat


Pilihlah sampo, kondisioner, gel, atau produk lainnya yang khusus ditujukan untuk mengatasi permasalahan rambut kamu. Jika rambut kering, ya pilih produk perawatan untuk rambut kering. Intinya sesuaikan dengan kondisi rambut kamu masing-masing.

Produk yang tepat digunakan untuk rambut kering adalah produk yang memiliki kadar pH rendah, agar bisa menjaga kelembaban rambut. Selain memperhatikan kadar pH, ingat pula kata kunci seperti thermal protection, anti-aging, atau intense moisture pada bagian komposisi produk perawatan rambut yang hendak kamu beli.

Produk-produk dengan kandungan minyak alami juga cukup direkomendasikan untuk perawatan rambut. Misalnya seperti minyak zaitun, minyak avokad, dan minyak argan. Khusus untuk produk kondisioner, kamu bisa memilih produk yang memiliki kandungan seperti sodium PCA, sodium lactate, propylene glycol, glycerin, atau glyceryl stearate.

5. Perhatikan pola makan


Merawat rambut tak cukup hanya dilakukan dari luar saja, kamu juga harus melakukan perawatan dari dalam. Salah satunya bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi.

Ada banyak kok makanan bernutrisi yang baik untuk rambut. Namun usahakan pilihlah makanan yang banyak mengandung vitamin E, vitamin B kompleks, dan vitamin C.

Kandungan nutrisi yang ada dalam makanan diatas sangat berkhasiat untuk merawat rambut dari dalam. Baik itu mengatasi rambut rontok, kering, kusam, bercabang, dan bahkan ampuh menghilangkan kutu rambut. Jangan lupa perbanyak minum air putih minimal dua liter sehari, kemudian hindari makanan/minuman yang kurang baik bagi kesehatan.

Demikianlah, 5 Tips Merawat Rambut Mudah Alami. Supaya mendapatkan hasil maksimal maka lakukanlah cara diatas secara rutin dan konsisten setiap hari. Selamat Mencoba! Share sama teman kamu juga ya...^_^
loading...

0 Response to "5 Tips Merawat Rambut Mudah Alami"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.