7 Fakta Seputar Telur yang Kini Terungkap

loading...
7 Fakta Seputar Telur yang Kini Terungkap - Selain daging, ikan dan susu, telur merupakan sumber protein yang paling sering dikonsumsi oleh manusia. Biasanya telur yang di konsumsi adalah telur dari jenis hewan burung atau unggas, seperti ayam, bebek ataupun puyuh. Telur diluar unggas pun seperti telur ikan misalnya sering kali dijadikan pelengkap dalam sebuah hidangan masakan.

Selain menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi manusia, sumber protein hewani yang paling mudah manusia dapatkan adalah telur. Memiliki harga yang terjangkau dan mudah didapatkan, maka banyak sekali hidangan masakan berbahan telur yang banyak di gemari masyarakat.

Telur menjadi makanan wajib karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Tetapi dibalik enaknya rasa makanan yang menjadi favorit banyak orang ini, ternyata bukan hanya rasanya yang enak tetapi juga telur menyimpan manfaat hebat untuk tubuh anda.

7 Fakta Seputar Telur yang Kini Terungkap


Berikut ini adalah 7 manfaat hebat untuk tubuh manusia.


1.Cara Menyimpan telur


Apa yang yang akan anda lakukan pada telur yang sudah rusak, mungkin anda akan langsung membuatnya. Telur bisa bertahan dalam jangka waktu delapan minggu sejak sejak pembelian bila disimpan dalam lemari es dengan benar. Telur akan semakin cepat membusuk apa bila disimpan di ruangan biasa, jadi jangan biarkan telur terlalu lama di simpan diluar. Simpan telur di lemari es untuk menjaga telur agar tetap baik dan buang telur setelah dua jam di suhu kamar atau satu jam di suhu hangat.

2.Kandungan lemak Pada Telur


Selama ini kandungan lemak dan kolesterol dalam telur sangat buruk bagi kesehatan, tetapi sebaiknya anda memperhatikan kandungan nutrisinya. Telur yang besar mengandung 1,5 gram lemak jenuh, 1,8 gram lemak tak jenuh tunggal dan satu gram lemak tak jenuh ganda. Beberapa telur mengandung lemak omega-3 dengan memberikan suplemen omega-3 pada ayam, yang dapat diketahui pada kemasan telur.

Selain itu, telur yang besar juga mengandung 185 miligram kolesterol. Ketentuan diet menyarankan untuk tidak mengkonsumsi kolesterol kurang dari 300 miligram per hari.

3.Warna telur tak pengaruhi nutrisi


Banyak orang yang beranggapan telur yang berwarna coklat lebih bagus daripada yang berwarna putih. Tetapi sebenarnya warna pada telur tidak berpengaruh sama sekali pada kandungan nutrisi dalam sebuah telur, tutur Egg Board Amerika seperti yang dilansir Livestrong.

Warna kuning telur dapat bervariasi berdasarkan pakan ayam, tapi itu tidak mencerminkan nutrisi yang ada di dalamnya. Kuning telur merupakan sumber vitamin, mineral dan lemak, sedangkan putih telur memberikan asupan protein dan riboflavin.

Satu telur rebus besar memberikan sekitar 6 gram protein, hampir 5 gram lemak dan 0,2 miligram riboflavin, yang lebih dari 20 persen dari kebutuhan harian wanita untuk vitamin B.

4.Telur Sebagai Sumber vitamin D


Selain kalsium, vitamin D juga penting untuk kesehatan tulang. Karena tubuh menyerap vitamin D melalui matahari, mengkonsumsi makanan yang tepat akan membantu proses penyerapan dengan optimal. Telur ini merupakan makanan alami yang merupakan sumber vitamin D yang baik. Telur juga bisa memenuhi hingga 10 persen keperluan vitamin D seseorang dalam sehari.

5.Telur Sangat Baik untuk kebugaran


Mendapatkan protein yang berkualitas dan cukup sangat penting setelah berolahraga. Protein dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot yang digunakan selama berolahraga.

Selain itu, protein juga penting untuk menyediakan asam amino bagi tubuh untuk membentuk otot. Telur juga mengandung protein dan karbohidrat sehat yang membantu menjaga tingkat gula darah, energi, dan mencegah rasa lelah setelah berolahraga.

6.Telur sangat Baik untuk diet sehat


Kuning telur dan putih telur memang berbeda keduanya memiliki manfaat yang berbeda pula. Dalam dunia medis dikatakan jika kuning telur mengandung kolesterol maka dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tetapi  penelitian selama lebih dari 40 tahun telah menunjukkan bahwa telur dapat dijadikan sebagai makanan untuk diet sehat karena hanya mengandung 70 kalori. Juga mengandung protein yang sangat tinggi, lutein dan zeaxanthin (dua antioksidan yang membantu untuk kesehatan mata), vitamin A, D, B12, riboflavin, fosfor dan folat.

Terlebih lagi telur juga mengandung kolin, yang membantu meningkatkan fungsi otak pada orang dewasa dan perkembangan otak janin selama kehamilan.

Mengganti 100 gram sosis dengan 1 butir  telur rebus atau rebus saat sarapan menghemat sekitar 200 kalori. Protein dari telur membantu menjaga kita merasa kenyang sepanjang hari dan menjaga massa otot selama penurunan berat badan.

7.Ukuran Telur


Setiap hewan yang bertelur memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda beda. Namun tak sedikit pula satu hewan yang sama seperti ayam bisa menghasilkan telur yang berbeda dengan ayam yang lainnya. Ada yang mengatakan kualitas telur ayam kampung dengan telur ayam negeri itu sangat berbeda.

Pada kenyataannya telur yang memiliki ukuran berbeda walaupun berasal dari hewan yang sama tidak berpengaruh terhadap nutrisi yang terkandung. Ukuran telur yang besar jelas membuat Anda mendapatkan nutrisi yang lebih banyak, juga kalori yang banyak. Karenanya, jika sedang berdiet perhatikan pula ukuran telur karena telur yang berukuran besar mengandung lebih banyak kalori.

Demikianlah 7 fakta yang akhirnya terungkap dari telur. Orang banyak beranggapan bila terlalu banyak mengkonsumsi telur bisa menyebabkan bisulan, padahal lebih dari itu, telur sangat bermanfaat dalam meningkat kesehatan tubuh anda, dan juga merupakan sumber nutrisi yang baik.

Selama mengkonsumsinya dengan benar telur bisa bermanfaat untuk kesehatan anda.
loading...

0 Response to "7 Fakta Seputar Telur yang Kini Terungkap"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.