13 Cara Membebaskan Diri Dari Hutang

loading...
13 Cara Membebaskan Diri Dari Hutang - Hutang adalah jalan yang bisa ditempuh oleh seseorang saat pendapatannya tidak mencukupi kebutuhan hidupnya. Namun banyak juga orang yang berutang demi mengejar status sosial dan memperbaiki gaya hidup semata.

Untuk itu banyak orang yang membeli seluruh barang yang diinginkan dengan menggunakan kartu kredit tanpa pikir panjang. Alhasil tak hanya barang yang menumpuk, utang pun bertambah banyak dari hari ke hari.

Uang dan utang betul-betul menjadi momok yang menakutkan. Terlebih jika tidak pandai mengelola utang dan keuangan, kita bisa terbelit makin rumit dengan utang tersebut. Apalagi jasa atau lembaga pemberi utang saat ini makin gencar berpromosi dan mempermudah prosedur dalam berhutang. Bahkan di pelosok-pelosok desa sekalipun, jasa pemberi utang itu gentayangan.

13 Cara Membebaskan Diri Dari Hutang

Nah bagi Anda yang sungguh-sungguh dan ingin merasakan manisnya hidup tanpa ada hutang yang membelit keuangan Anda, berikut kami berikan berbagai tips sukses terbebas dari uang yang dikumpulkan dari berbagai sumber :

Relakan barang kesayangan


Untuk dapat terbebas dari utang, salah satu dengan merelakan sesuatu yang menjadi penting atau paling disukai oleh diri kita. Contohnya, koleksi benda antik,  barang elektronik yang mahal yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Pasti untuk melepaskan itu semuanya rasanya memang sulit, tapi semuanya demi tujuan yang lebih baik. Bahkan jika perlu, anda bisa menjual barang-barang yang cukup penting, seperti motor, mobil, perhiasan, perabotan atau apapun yang bisa dilakukan untuk menutup utang. Relakan saja demi hidup yang lebih baik.

Mulai manajemen sendiri


Untuk terbebas dari utang, harus mulai mengatur diri. Mulailah dengan menyimpan berkas yang berkaitan dengan utang, sehingga tidak bercampur dengan berkas yang lain. Setiap berkas cantumkan pemberian nama agar lebih mudah mencarinya kembali.

Stop makan di luar


Makan di luar rumah memang lebih mahal dibandingkan masak di rumah. Membuat masakan sendiri dapat lebih mendekatkan dengan keluarga. Yang harus diingat yakni bukan hidangan yang mahal namun kebersamaan yang paling penting.

Lunasi utang yang paling tinggi


Mulailah melunasi utang yang bunganya lebih tinggi dulu, jangan nilai utang yang paling banyak. Setelah itu gunakan uang ada untuk menutupi utang tersebut, sehingga sisa uang dapat dipergunakan untuk menabung.

Utamakan prioritas


Tentukan prioritas dalam merencanakan keuangan di masa depan. Contoh prioritas yang menjadi penting yakni melanjutkan sekolah dengan mengambil separuh kerja sedangkan biaya rumah, bayi, uang sekolah dapat dibicarakan baik-baik dengan keluarga

Mulai menyusun anggaran


Setiap keluarga yang terjebak dengan utang pastilah harus mulai menggunakan uang yang ada dengan memulai membuat anggaran dari pendapatan hingga pengeluaran setiap harinya. Anggaran yang ada harus dipatuhi setiap hari, karena isinya harus mencakup keseluruhan pengeluaran, mulai dari belanja bahan pokok hingga anggaran  hiburan.

Bayar tagihan tepat waktu sebelum jatuh tempo


Jangan membiasakan diri untuk menunda-nunda membayar tagihan supaya Anda tidak dikenakan denda keterlambatan, sehingga uang Anda bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang lain.

Ikut asuransi


Daftarkan diri dan keluarga ke dalam asuransi juga bisa menjadi solusi alternatif supaya Anda terhindar dari utang. Namun, sebelum memutuskan untuk bergabung dengan asuransi, Anda harus memastikan asuransi apa yang saat ini Anda butuhkan, apakah itu asuransi kesehatan, keselamatan, hari tua, pendidikan, atau lainnya.

Menabung dan hidup hemat


Biasakan menabung untuk memenuhi segala kebutuhan tak terduga, sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari pinjaman hutang dari pihak lain. Selain itu, terapkan budaya hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari Anda dan keluarga. Hindarilah pemborosan baik itu dalam hal pemakaian listrik, air, bahan bakar kendaraan, pakaian ataupun makanan.

Jangan berutang


Cara terampuh supaya terbebas dari jerat utang adalah dengan tidak berutang. Percayalah, bila Anda mampu mengelola keuangan Anda secara cermat, maka Anda pasti tidak perlu berutang.

Hiduplah sesuai dengan pendapatan Anda


Jangan memaksakan diri bergaya hidup mewah melampaui kemampuan keuangan Anda. Ibarat pepatah lebih besar pasak daripada tiang. Hiduplah secara sederhana dan kelolalah keuangan Anda secara bijak supaya kehidupan Anda selalu berkecukupan.

Jangan gunakan kartu kredit untuk membeli kebutuhan sehari-hari yang tidak perlu


Ingat saldo di dalam kartu kredit bukanlah uang Anda. Itu hanya dana pinjaman yang diberikan bank kepada Anda. Apabila Anda menggunakan kartu kredit secara sembrono hanya untuk menuruti nafsu berbelanja hal-hal yang tidak terlalu mendesak, di akhir periode Anda harus siap-siap menanggung utang kartu kredit serta bunganya yang tidak sedikit.

Jangan gunakan utang untuk membayar utang


Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah gali lubang tutup lubang, dimana seseorang melakukan sebuah tindakan ceroboh dan cenderung beresiko dengan melakukan pembayaran utang dengan berutang pada pihak lain. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari cara ini supaya Anda bisa terbebas dari lingkaran rantai utang.

Nah itulah, beberapa cara sukses yang bisa Anda lakukan agar hidup terhindar dari utang, memang utang bisa membuat kita semangat bekerja, namun adakalanya sebelum mengajukan utang yang lebih besar sesuaikan dengan pendapatan dan keadaan ekonomi yang sedang kita hadapi.

Demikianlah, 13 Cara Membebaskan Diri Dari Hutang. Share sama teman kamu juga ya..^_^
loading...

0 Response to "13 Cara Membebaskan Diri Dari Hutang"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.