2 Cara Mengetahui data e-KTP Secara Online

loading...
Sudahkah anda memiliki e-KTP? Itu, tuh.. program pemerintah yang mencanangkan penggunaan e-KTP atau elektronik KTP yang menggunakan system informasi mengenai data kependudukan yang lebih akurat, lebih aman dan lebih tertib secara administrasi. E-KTP sudah langsung terhubung dengan dengan database kependudukan yang ada di kementerian dalam negeri pusat. Hanya saja program yang menghabiskan triliunan rupiah ini belum bisa dimiliki oleh masyarakat seluruhnya. Nah, bagi anda yang telah berhasil mendapatkan e-ktp anda bisa melakukan pengecekan secara online untuk memastikan apakah data anda sudah telah masuk ke database kependudukan.

Cara cek data e-KTP Secara Online

Kelebihan yang dimiliki e KTP ini adalah dapat meminimalkan data kependudukan ganda. Karena pada e KTP yang digunakan adalah NIK (nomor induk kependudukan) yang tunggal untuk setiap penduduknya. Sehingga apabila penduduk melakukan migrasi ke daerah lain, hanya akan menggunakan cukup satu NIK yang dimilikinya. Hal inilah yang akan membantu negara dalam menghindari data kependudukan ganda, yang dalam beberapa kasus seorang penduduk bisa memiliki dua atau lebih KTP. Hal ini pastinya akan sangat membantu sekali dalam Pemilu (Pemilihan Umum) yang akan menentukan jumlah suara. Jika data penduduk ganda, maka data jumlah suara dari hasil pemilu bisa saja tidak valid bukan?

Selain itu, penggunaan NIK pada e KTP juga bisa digunakan untuk membuat dokumen penting lainnya seperti SIM atau paspor atau identitas lain yang dibutuhkan. Nah, bagi Anda yang telah memiliki e KTP ini tidak ada salahnya untuk melakukan cara cek e KTP untuk memastikan bahwa data Anda telah terintegrasi ke database pusat. Dengan mengetahui status e KTP Anda, maka Anda telah memiliki semua kelebihan yang dimiliki oleh e KTP yang menjadi program pemerintah saat ini. Anda juga bisa menggunakan e KTP ini untuk kebutuhan Anda yang lain seperti melamar pekerjaan atau jika Anda ingin mengurus hal penting lainnya.

Cara 1: melalui situs Kemendagri.go.id


Cara pertama untuk cek status NIK KTP secara online bisa melalui situs Ditjen Dukcapil Kemendagri, silahkan kunjungi http://www.dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik dan masukkan NIK kamu dan klik Cek.

cara cek data e-ktp melalui online


Sayangnya beberapa hari ini saya coba, situs Kemendagri tersebut tidak bekerja dengan baik. Saat saya coba ternyata tidak memunculkan data e-KTP saya dan hanya reload halaman saja tanpa menampilkan data apapun. Belum diketahui dengan pasti apakah hanya saya saja yang mengalami hal ini.

Sebagai alternatifnya Anda dapat menggunakan aplikasi pada smartphone Android untuk cek data e-KTP, berikut tutorialnya:

Cara 2: cek e-KTP melalui aplikasi Android


Silahkan bisa coba anda download dan install aplikasi bernama Cek KTP Elektronik (PRO) di Play Store menggunakan Android anda. Di Play Store ada banyak aplikasi cek KTP tapi saran

saya coba cek menggunakan aplikasi ini:

cara cek e-ktp menggunakan aplikasi android


Jika sudah terinstall silahkan buka aplikasi tersebut, jika ada pop up permintaan mengaktifkan NFC ikuti saja perintahnya.

jika sudah klik Info NIK (Eksternal)


cara cek data e-ktp menggunakan android


Masukkan nomor NIK kemudian verifikasi Chaptcha dan klik Cari

cara cek data e-ktp menggunakan android


Beginilah Hasilnya

cara cek data e-ktp menggunakan android


Namun sayangnya aplikasi ini belum dapat menampilkan data secara lengkap, seperti nama dan alamat yang lengkap, mungkin masih dalam pengembangan atau memang terkait privasi. Jadi jika memang anda ingin cek data di e-KTP untuk memastikannya bisa melalui instansi yang memang menaungi pengurusan KTP.
loading...

0 Response to "2 Cara Mengetahui data e-KTP Secara Online"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.